Keuntungan Bisnis Karpet, dari Harga Jual, Jenis, hingga Pasarnya

keuntungan bisnis karpet
In ikeuntungan bisnis karpet. Foto: Ist/Net

Keuntungan bisnis karpet tak hanya pada selisih harganya yang cukup besar namun juga pasarnya yang sangat luas. Apalagi ada beragam jenis karpet yang sehingga akan memberikan pilihan yang lebih banyak untuk konsumen.

Karpet merupakan salah satu bahan interior yang berfungsi untuk melapisi atau menutup lantai. Ada beragam jenis karpet yang ada di pasaran, baik yang terbuat dari bahan plastik maupun bahan serat sintetis.

Pada umumnya pemanfaatan karpet terutama untuk memberikan warna tersendiri dalam penataan interior ruangan. Karpet biasanya peletakannya adalah dalam ruang keluarga, ruang tamu, ataupun dalam kamar tidur.

Selain dengan menyesuaikan komposisi warnanya, bahan karpet yang lembut juga berguna untuk menciptakan kenyamanan sehingga akan membuat suasana dalam rumah terasa menjadi lebih akrab dan menyenangkan.

Baca Juga: Memulai Bisnis Petshop, dari Hobi Menjadi Jutawan

Beragam Keuntungan Bisnis Karpet

Pelaku bisnis yang bergerak dalam penjualan karpet sebenarnya tidak sebanyak jenis usaha lainnya, seperti makanan atau pakaian. Hal ini mungkin karena anggapan bahwa karpet bersifat komplementer dan bukan kebutuhan pokok.

Padahal ada banyak kelebihan menjalan usaha berjualan karpet yang mungkin belum atau tidak menjadi perhatian orang. Nah, berikut ini berbagai keuntungan bisnis karpet yang sebaiknya Anda tahu.

Jenis Karpet yang Beragam

Saat ini ada banyak jenis karpet yang bisa menjadi pilihan menarik untuk para konsumen. Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini berbagai jenis karpet yang wajib Anda tahu jika ingin menjalankan usaha ini. Setiap jenis karpet ini juga memiliki harga yang berlainan sesuai dengan kualitas dan bahannya.

Karpet Nilon

Karpet nilon biasanya penggunaannya untuk ruangan yang besar seperti hotel, bioskop, perkantoran, dan lain-lain. Keuntungan bisnis karpet ini juga menjanjikan karena harga karpet nilon umumnya mulai dari harga Rp 120 ribuan.

Baca Juga: Bisnis Baju Distro, Usaha Clothing Modern yang Masih Menjanjikan

Karpet Bulu

Jenis karpet bulu terbuat dari bahan bulu rasfur yang lembut dan tebal. Banyak hunian elit yang menggunakan jenis karpet ini karena memberikan kesan hangat dalam ruangan. Harga karpet bulu umumnya mulai harga Rp 225.000.

Karpet Sutra

Karpet sutra ini memiliki kenyamanan yang tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. Jenis karpet ini sangat cocok untuk rumah atau kantor karena harganya  mulai sekitar Rp 300 ribuan.

Karpet Wol

Karpet wol termasuk populer dan banyak yang menyukainya. Selain karena perawatannya yang mudah juga karena kualitasnya yang baik. Keuntungan bisnis karpet ini juga tidak kecil karena harga karpet wol sekitar Rp 4,5 juta rupiah.

Karpet Kulit Hewan

Jenis karpet selanjutnya adalah karpet dari kulit hewan. Mungkin ada beberapa orang yang memilih model ini karena faktor estetika yang memberikan kesan elegan dan mewah. Untuk harga karpet ini sekitar Rp 1 juta rupiah.

Baca Juga: Bisnis Cafe Kekinian ala Milenial, Mau Konsep Sederhana atau Modern?

Karpet Permadani

Karpet permadani juga ada beragam jenisnya. Ada jenis karpet Turki yang terkenal maupun jenis standar. Karpet permadani yang standar harganya sekitar Rp 70 ribuan. Sedangkan karpet permadani mewah Turki bisa mencapai jutaan rupiah.

Karpet Plastik

Untuk jenis ini juga termasuk yang paling murah dan banyak yang menggunakannya. Karpet ini tak hanya untuk lantai namun juga bisa untuk pelapis meja, dinding, hingga perabot rumah. Harga karpet ini sekitar Rp 30 ribuan.

Target Pasar yang Luas

Selain jenisnya, berjualan karet juga sangat menjanjikan karena luasnya pangsa pasar yang bisa kita raih. Berikut ini keuntungan bisnis karpet dari sisi luasnya target pasar yang bisa Anda sasar.

Pemilik Rumah

Hampir setiap rumah membutuhkan karpet untuk mengisi interiornya. Baik untuk ruang tamu, ruang tidur, atau ruang keluarga. Bayangkan saja jika setiap rumah membutuhkan karpet tentunya ini bisa menjadi pasar yang menjanjikan.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Domain Unik untuk Website Bisnis Anda

Perkantoran

Perkantoran juga banyak yang membutuhkan karpet untuk menghias interior ruang kerjanya. Berbeda dengan pasar rumahan yang bersifat personal, pasar perkantoran ini umumnya membutuhkan karpoet dalam jumlah yang tidak kecil.

Kebanyakan gedung perkantoran lebih memilih jenis karpet lantai meteran ketimbang yang satuan. Inilah keuntungan bisnis karpet yang menjanjikan. Jenis karpet semacam ini mampu menutup seluruh area lantai dengan sempurna.

Jenis karpet lantai yang kebanyakan menjadi kebutuhan perkantoran antara lain jenis karpet polos loop pile, cut loop pile, cut pile, atau lainnya. Pola atau desain karpet lantai juga beragam yang bisa memberikan banyak pilihan.

Masjid dan Tempat Ibadah

Kebutuhan masjid terhadap karpet juga tinggi. Begitu juga tempat ibadah lainnya. Ada banyak corak dan warna karpet masjid dengan desain yang khas untuk tempat ibadah.

Itulah berbagai kelebihan dan keuntungan bisnis karpet yang sangat menjanjikan. Berbeda dengan berjualan retail, bisnis karpet umumnya sistem meteran sehingga hasil keuntungannya tidak kecil. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro