Komponen HP yang Sering Rusak, Apa Sajakah Itu?

Komponen HP yang Sering Rusak
Ilustrasi Komponen HP yang Sering Rusak. Foto: Istimewa

Mengetahui tentang beberapa komponen HP yang sering rusak tentunya menjadi hal yang wajib kita ketahui. Secanggih-canggihnya sebuah ponsel, bagaimana pun benda kecil yang mempermudah kehidupan manusia ini merupakan buatan manusia yang pastinya penuh kekurangan.

Sama dengan alat-alat lainnya, HP pada dasarnya juga mempunyai umur keawetan yang beragam sesuai dengan kualitas. Namun kualitas HP yang mumpuni juga tidak dapat menjadi jaminan akan keawetannya.

Apa Sajakah Komponen HP yang Sering Rusak?

Pada akhirnya keawetan HP dapat terkejar jika penggunanya memang sudah sangat paham bagaimana cara memperlakukan HP tersebut. Untuk itulah, berikut ini adalah ulasan lengkap komponen HP  yang sering mengalami masalah maupun gangguan khusus untuk anda.

LCD

Dalam dunia perponselan, tentu siapa yang tidak mengenal komponen yang satu ini. Pada awal kemunculannya saja, LCD ponsel yang jarang tersentuh tangan manusia saja bisa mendadak rusak. Apalagi pada zaman yang sudah menggunakan layar besar seperti sekarang ini.

Sayangnya, LCD merupakan komponen yang paling penting dalam HP. Pasalnya, 100 persen fungsi HP terletak pada komponen ini.

Banyak sekali masalah yang timbul dari komponen HP yang sering rusak ini. Yang paling sering terjadi yakni blank putih, blank hitam, hingga blank ajaib lainnya yang pasti mengganggu penampilan HP.

Jika sudah terjadi hal semacam itu, maka satu-satunya jalan adalah mempercayakan ponsel tersebut pada tempat reparasi.

Baterai

Komponen yang satu ini memang menjadi yang paling menjengkelkan untuk beberapa pengguna. Terutama bagi pengguna HP yang mempunyai intensitas tinggi dalam penggunaannya

Meski memiliki teknologi yang canggih, salah satu kekurangan HP adalah masih tergantung pada energi untuk menggerakkannya.

Baterai yang berfungsi sebagai penyimpan data atau energi yang ada kerap menjadi korban bagi penggunaan tidak bertanggung jawab.

Biasanya komponen HP yang sering rusak ini mulai mengalami masalah setelah pengguna memforsir penggunaannya berbarengan dengan proses pengisian daya. Masalah yang kerap muncul sudah pasti berupa baterai boros hingga baterai menggelembung.

Konektor Charger

Sebelas, dua belas dengan masalah baterai, benda kecil ini juga kerap menjadi komponen yang paling sering bermasalah pada HP. Tentu siapa saja pasti kesal jika konektor baterai mereka mulai rusak.

Baca Juga : Cek Processor HP, Simak Cara Mudahnya Hanya di Sini!

Jika masalah pada baterai biasanya muncul karena masalah penggunaan yang berbarengan dengan pengisian daya, konektor baterai biasanya lebih muncul karena aktivitas fisik. Misalnya saja menarik ponsel yang tengah melakukan pengisian baterai dengan kencang dan kasar, baik itu sengaja maupun tidak.

Pengisian daya selama berjam-jam, namun tidak juga penuh merupakan salah satu pertanda paling awam masalah dari komponen HP yang sering rusak ini. Jika sudah terjadi kerusakan pada konektor baterai, maka jalan satu-satunya adalah membawa HP ke tempat servis.

Touchscreen

Komponen yang satu ini juga mempunyai peran sangat penting, terutama bagi HP canggih masa kini. Tentu siapa yang sekarang tidak menggunakan teknologi touchscreen pada masa seperti saat ini.

Sama dengan LCD, masalah pada touchscreen juga tentunya sangat mengganggu mengingat mobilitas penggunaan HP terletak pada komponen ini. Untuk itu, pastikan untuk menggunakan ponsel dengan sewajarnya untuk memperpanjang keawetan touchscreen.

Komponen HP yang sering rusak ini biasanya menimbulkan masalah setelah terjadi kontak fisik pada bagian layar kaca seperti bantingan. Selain itu, ponsel masuk dalam air atau kehujanan juga dapat membuat komponen ini rusak.

IC atau Integrated Circuit

Dalam HP, benda kecil inilah yang menjadi otak untuk membantu setiap pekerjaan anda. Oleh karena itu, jika benda kecil ini sudah bermasalah, maka seluruh komponen pada HP dapat terkena gangguan.

Rusaknya IC biasanya terjadi karena jaringan listrik saat melakukan pengisian daya yang tidak stabil. Hal ini yang kemudian menjadi rumit. Pasalnya, anda tentunya tidak dapat mengatur daya listrik yang masuk untuk lebih stabil bukan?

Biasanya listrik yang mempunyai tekanan lebih stabil terletak dari tiang listrik. Untuk itu, salah satu cara yang bisa kita coba agar komponen HP yang sering rusak ini lebih awet adalah mengisi daya di tempat yang jauh dari tiang listrik. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Senter HP Tidak Menyala, Gunakan Cara Ini untuk Mengatasinya!