Longsor di Tambaksari Ciamis, Satu Rumah Rusak Berat

Rumah Rusak Berat di Kecamatan Tambaksari
Kondisi Rumah Rusak Berat di Kecamatan Tambaksari setelah diterjang longsor. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Akibat tak kuat menahan guyuran hujan, terjadi bencana tebing longsor di Dusun Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). Akibatnya satu rumah rusak berat hingga ambruk. Rumah tersebut milik wanita paruh baya, Carwi (72).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana itu. Namun kerugian perkiraan mencapai Rp 100 juta.

Camat Tambaksari Dadang Heryana membenarkan adanya kejadian longsor yang mengakibatkan satu rumah warga mengalami rusak berat. Penyebab tebing longsor karena tidak kuat menahan derasnya guyuran hujan semalaman.

“Rumah milik Ibu Carwi ambruk dihantam tebing longsor pada Rabu (18/11/2020) sekitar pukul 03.40 WIB. Meski,tidak menimbulkan Korban jiwa, Kerusakan rumah milik Ibu Carwi masuk dalam kategori rusak berat, kerugiannya perkiraan mencapai 100 juta rupiah,” ujar Dadang.

Setelah mendapat laporan, Dadang beserta jajarannya langsung menuju ke lokasi melakukan peninjauan. Penanganan sementara, pemerintah mengevakuasi Carwi, pemilik rumah ke rumah tetangga terdekat.

“Atas kejadian ini, kami selaku  Camat langsung melaporkannya ke tingkat Kabupaten, dengan harapan pihak Korban yang rumah rusak berat bisa mendapatkan bantuan,” ucapnya.

Dadang pun mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada saat musim hujan yang cukup ekstrim ini. Terutama rumah yang berada pada ketinggian berpotensi longsor.

“Saat terjadi hujan deras dan ketika terlihat ada potensi bencana, sebaiknya untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman,” tegas Dadang. (Edji/R9/HR-Online)

Editor: Dadang