Macam Macam Bunga Mawar Simbol Ikatan Cinta dan Kasih Sayang

Macam Macam Bunga Mawar
Macam Macam Bunga Mawar. Foto: Ist/net

Macam macam bunga mawar yang menjadi primadona untuk sebagian orang. Salah satu bunga yang populer di dunia karena termasuk bunga yang memiliki aneka ragam warna dengan aroma yang harum. Tentu siapa yang tidak menyukai bunga yang satu ini.

Mawar merupakan lambang dari cinta dan kasih sayang sehingga bunga ini sering ada ketika perayaan tertentu. Misalnya saja momen valentine, ulang tahun, pernikahan, anniversary, dan yang lainnya. Bunga yang menjadi simbol kasih sayang sehingga menjadi item yang harus ada untuk perayaan pasangan.

Bukan hanya bunga mawar merah saja yang menjadi simbol cinta dan kasih sayang, karena bunga yang satu ini memiliki berbagai jenis. Jika anda hanya tahu mawar merah saja, maka bersiaplah takjub dengan aneka jenis bunga ini dalam ulasan berikut ini.

Macam Macam Bunga Mawar

Apabila membicarakan bunga mawar, yang terlintas dalam pikiran adalah aroma harum, warna merah, tangkainya berduri, dan lambang cinta. Namun pada kenyataannya, bunga ini tidak hanya berwarna merah saja. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini.

Mawar Alba

Macam Macam Bunga Mawar Simbol Ikatan Cinta dan Kasih Sayang

Macam macam bunga mawar yang pertama adalah mawar alba atau yang sering orang tahu dengan mawar putih. Mawar ini merupakan hasil persilangan dari Rose Alba dengan Rose Arvensis. Bunga ini termasuk dalam kategori bunga taman dan menjadi mawar paling tua.

Baca juga: Jenis Bunga Hias untuk Halaman Rumah, Pilihan Dekorasi yang Cantik

Alba hanya berbunga sekali saja dalam satu tahun, itulah sebabnya mengapa mawar alba menjadi erat kaitannya dengan ikatan cinta. Karena warnanya yang putih menjadi simbol kemurnian cinta dan ketulusannya.

Banyak sekali penggunaan bunga alba dalam acara pernikahan karena bunga ini bisa menjadi wakil untuk ikatan cinta mempelai yang sebentar lagi akan bersatu dalam ikatan suci pernikahan. Sehingga mawar alba menjadi salah satu dari macam macam bunga mawar yang memiliki simbol tertentu.

Selain sering ada dalam acara pernikahan, nampaknya bunga yang satu ini bisa menjadi simbol penghormatan kepada mereka yang sudah tiada.

Tidak heran mengapa bunga mawar putih bisa muncul ketika acara kematian dan pemakaman untuk menjadi wakil dari rasa simpati serta duka mendalam.

Tea Roses

Macam macam bunga mawar yang satu ini bernama Tea Roses. Ini adalah hasil persilangan dari berbagai bunga mawar yang lainnya dan akhirnya menghasilkan bunga yang cantik. Bunga ini bisa berbunga berkali-kali, tidak seperti Rose Alba yang hanya berbunga satu kali dalam satu tahun.

Baca juga: Manfaat Air Mawar untuk Wajah Cantik, Gampang Bikinnya

Untuk mawar jenis ini banyak yang percaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Lantaran sudah berabad-abad populer menjadi sajian minuman teh yang menyehatkan serta mengandung banyak gizi.

Salah satu manfaat yang bisa anda rasakan dengan mengkonsumsi teh bunga mawar ini untuk mengobati rasa nyeri dada, masalah pencernaan, dan sakit perut.

Mawar Damask

Awalnya bunga mawar yang satu ini berasal dari Eropa yang Tobert De Brie bawa pada tahun 1254 dan 1276 serta termasuk mawar hibrida. Macam macam bunga mawar yang populer dengan aromanya yang sangat wangi sehingga sering menjadi bahan untuk membuat minyak wangi.

Tidak hanya bisa untuk minyak wangi saja, kelopak bunga ini bisa anda makan dan sebagai hiasan. Menariknya, bisa untuk sajian teh herbal. Ketika berada di negara India, bunga Damask ini bisa menjadi kudapan yang enak, yaitu manisan bernama Gulkand.

Bunga damask ini merupakan hasil persilangan dari bunga rose Phoenica dengan mawar Gallica. Bunga ini hanya berbunga ketika musim panas saja dan membuatnya banyak orang kenal sebagai summer damask.

Sedangkan untuk autumn damask hanya berbunga pada musim gugur saja. Bunga ini hasil silang dari Gallica dengan Rose Moschata.

Mawar Centifolia

Macam Macam Bunga Mawar Simbol Ikatan Cinta dan Kasih Sayang

Macam macam bunga mawar yang satu ini sering orang kenal sebagai Provence, artinya bunga yang bermahkota daun seribu. Bunga ini menjadi bunga hasil pemuliaan yang ada pada abad 17 dan 19 dari para peternak bunga mawar yang berasal dari Belanda.

Centifolia hanya berbunga sekali dalam satu tahun dengan bunga berdiameter 1,5 sampai 2 meter. Dengan bentuk bulat dan bundar, memiliki wangi yang harum untuk setiap kelopak yang tertindih. Biasanya mawar ini memiliki warna merah muda, ungu tua, dan putih.

Baca juga: Tanaman Hias Termahal 2020, Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Aromanya sangat khas dengan wangi unik dan ringan, bunga ini sering dibudidayakan pada negara Prancis sebagai komoditi parfum yang besar. Bagi pencinta mawar harus tahu macam macam bunga mawar seperti yang satu ini, Centifolia.

Mawar Gallica

Rose Gallica adalah percampuran dua Gallica dari dua tempat yang berbeda, yaitu Eropa Selatan dan Eropa Tengah. Menariknya, untuk melihat bunga ini mekar hanya bisa anda saksikan satu kali dalam setahun, yaitu ketika musim panas saja.

Warnanya yang cantik perpaduan antara warna putih dengan ungu tua menjadi daya tarik sendiri. Terutama dengan aromanya yang berbeda dan wangi, tentu akan menjadikan bunga ini sangat layak orang inginkan.

Bagi anda yang ingin memiliki macam macam bunga mawar ini cukup mudah, karena jenis yang satu ini termasuk yang mudah hidup. Bahkan pada tanah kering sekalipun, karena bunga ini bisa bertahan pada suhu ekstrem sampai -25 derajat Celcius.

Untuk orang yang pertama kali membudidayakan bunga mawar Gallica adalah orang Romawi dan Yunani pada pertengahan abad. Nah, untuk anda yang ingin membudidayakan bunga ini, pasti bisa, karena bunga ini termasuk yang bisa hidup dengan cuaca apapun.

Mawar Portland

Untuk persilangan mawar damask dan China akan menghasilkan mawar Portland, yaitu autumn damask dengan Skater Crimson China. Ini akan menjadi mawar yang indah seperti mawar Portland.

Pertama kali bunga ini orang temukan pada kawasan Paestum, Italia. Macam macam bunga mawar Portland adalah bunga yang indah dengan aroma yang khas.

Nama Portland yang memberikan adalah seorang kolektor tanaman bernama Magaret Cavendish Bentinck. Ia adalah seorang Duchesse of Portland 1780an yang menjadi kolektor, termasuk mawar.

Mawar Moss

Macam Macam Bunga Mawar Simbol Ikatan Cinta dan Kasih Sayang

Salah satu macam macam bunga mawar yang ini dekat dengan mawar Centifolia, yaitu mawar Moss yang hanya satu kali berbunga dalam satu tahun. Bunganya akan tumbuh sampai 15-30cm dengan batang yang tumbuh tegak.

Menariknya, pada daun bunga ini termasuk tebal dan tunggal dengan panjang daunnya 1 sampai 3,5cm serta ujungnya yang tumpul. Nantinya bunga ini akan memiliki kelopak 2 sampai 8 untuk setiap ujung batangnya.

Meski hanya mekar satu tahun sekali, bunga ini akan mekar pada pagi hari dan pada sorenya sudah mulai layu. Biasanya bunga ini memiliki warna kuning, merah, dan orange. Bagi yang tertarik untuk membudidayakan cukup mudah, karena jenis yang satu ini tidak membutuhkan banyak air.

Baca juga: Manfaat Tanaman Janda Bolong dan Fakta Unik Menarik Lainnya

Sehingga akan cocok untuk tanah yang kering dengan curah hujan yang minim. Macam macam bunga mawar ini termasuk yang memiliki varian warna yang banyak, sehingga bisa mengoleksi sebagai bunga taman yang indah dengan warna berbeda.

Mawar China

Jenis mawar yang satu ini cukup aktif untuk berbunga, lantaran sepanjang musim akan bermekaran sampai musim gugur tiba. Banyak yang mengenalnya sebagai mawar China karena bunga ini berasal dari Guizhu, Hubei, Sichuan, serta China bagian Barat Daya.

Bunga ini akan tumbuh sampai 2m dengan kelopaknya berjumlah 3-5 lembaran. Daunnya lebih menyirip dengan panjang 2,5 sampai 6 cm dan lebar 1-3 cm.

Salah satu jenis bunga mawar yang mudah dibudidayakan karena termasuk bunga mawar liar dan bisa untuk tanaman hias. Macam macam bunga mawar yang bisa anda kembangkan dengan mudah termasuk mawar China ini.

Mawar Bourbon

Macam Macam Bunga Mawar Simbol Ikatan Cinta dan Kasih Sayang

Bunga ini pertama kali Henri Antoine Jacques temukan pada tahun 1823 di negara Prancis. Namanya sendiri berasal dari Ile De Bourbon yang kini menjadi Reunion untuk koloni Prancis yang ada pada Samudra Hindia. Dimana sudah dekat dengan Madagaskar.

Bunga yang satu ini merupakan hasil silang dari bunga Old Bush China dan Autumn Damask. Menariknya, mawar ini bisa berbunga berkali-kali dalam satu tahun. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk melihat bunga ini mekar.

Macam macam bunga mawar seperti mawar Bourbon ini bisa semua orang nikmati sepanjang tahun dengan warna yang menarik serta aromanya yang harum. Tentu tiap jenis mawar memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri. (R10/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid