MacBook Apple Silicon Perbaharui Sistem Laptop Apple

MacBook Apple Silicon Perbaharui Sistem Laptop Apple
Ilustrasi MacBook Apple Silicon. Foto : Istimewa

MacBook Apple Silicon akan menjadi lini baru ketika tidak menggunakan Intel untuk dua tahun. Apple Silicon merupakan suatu prosesor hasil rancangan dari Apple sendiri.

Apple menggunakan sistem pada chip dengan prosesor paket yang telah mereka rancang sendiri, khususnya arsitektur ARM. Perlu anda tahu jika sistem yang mereka gunakan ini adalah dasar untuk platform iPhone, iPad, serta Apple Watch Apple.

Pihaknya akan melakukan pembaharuan pada produk Macbook Air 13 inci, Macbook Pro 13, serta model Macbook Pro 16 yang masih dalam tahap produksi. Tentu saja hal ini sangat penggemar nantikan.

MacBook Apple Silicon Gunakan Chipset Terbaru

Apple tidak akan menggunakan Intel untuk bagian prosesornya, namun rancangan sendiri yang mereka beri nama Apple Silicon. Nantinya produk yang mendapatkan pembaharuan mengenai prosesornya akan memiliki tampilan yang berbeda.

Selain meningkatkan kinerja dengan chip baru sekaligus akan ada peningkatan untuk kapasitas baterainya yang lebih panjang. Chipset ini akan mereka rilis untuk mempersenjatai Macbook.

Apple sendiri masih belum memberikan tanggal pastinya untuk peresmian Macbook Apple Silicon, namun Jon Prosser memberikan pernyataan jika Arm ini kemungkinan akan mereka rilis pada 17 November 2020 mendatang.

Baca Juga : Laptop Core i5 Terbaik, Tertarik Meminang? Berikut Pilihannya 

Meski Apple menggunakan chipset baru, namun mereka tidak akan meninggalkan Intel begitu saja. Oleh karena itu, perusahaan teknologi raksasa ini masih memiliki peluang besar untuk mengeluarkan produk yang menggunakan Intel pada November ini.

Untuk produk Macbook Air dan Macbook Pro 13 yang akan menggunakan Apple Silicon, mereka rilis pada kuartal tahun 2021 mendatang. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan merilis Macbook 14 inci serta 16 inci yang menggunakan chipset terbaru.

Berikan Kualitas Terbaik

Kabarnya Apple telah melakukan pendaftaran untuk sertifikat ke Eurasian Economic Commission atau ECC pada kedua produk yang akan mereka rilis. Karena mereka telah merilis sertifikat tersebut sebelum meluncurkan mengenai perangkatnya, Macbook Apple Silicon.

Apple Macbook yang telah menggunakan Apple Silicon akan memiliki kinerja yang terbaik. Bahkan kabarnya untuk harga produk yang menggunakan Apple Silicon akan lebih murah daripada sebelumnya.

Baca Juga : Laptop LG Gram 17 Untuk Kerja Profesional dan Multitasking

Langkah baru yang Apple pilih untuk mengurangi ketergantungan dengan penggunaan prosesor Intel ini dan untuk berjalan beriringan dengan iPhone yang mana mereka telah menggunakan chipset sendiri.

Perusahaan ini memperkirakan akan memproduksi 2,5 juta produk yang canggih dan berkualitas. Apple yang berbasis di Cupertino ini telah meminta pemasoknya untuk memproduksi dalam jumlah tersebut guna pemenuhan laptop.

Tentunya produk yang akan menggunakan chipset baru Macbook Apple Silicon mengalami perubahan drastis untuk kinerjanya yang membuat konsumen Apple semakin terpuaskan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Bahkan dengan masa panjang penggunaan baterai, akan membuat penggunanya nyaman ketika membawa laptop di luar ruangan. Tidak perlu repot membawa charger untuk pengisian daya baterainya. Dengan demikian, pengguna akan puas dengan kinerja yang cepat dan baterai yang panjang.

Produksi Chip Tanpa Pihak Ketiga

Meski kedepannya mereka hanya akan menggunakan chip terbarunya, namun secara perlahan masih menggunakan Intel. Hal ini membuat tawaran kontrak dengan pemasok Mac Q1 2021 mendatang.

Dengan menggunakan chip Macbook Apple Silicon ini, akan memiliki harga yang lebih terjangkau sehingga konsumen semakin yakin jika produk ini menjadi andalan mereka untuk kinerja cepat, baterai awet, dan harga murah. Hal ini akan menarik minat konsumen untuk menantikan produk terbaru Apple yang menggunakan chip tersebut. Pastinya akan lebih gahar.

Menggunakan CPU-nya yang memproduksi sendiri yang tentunya lebih rendah daripada jika mengambil dari pihak ketiga. Sehingga kehadiran Apple Silicon ini akan memangkas biaya produksi mereka sehingga berdampak pada harga jual produk.

Pada produk Air ini kabarnya akan mendapatkan perangkat terbarunya dengan menggunakan Apple Silicon yang mereka mulai pada Q4 2020 sampai Q1 2021 mendatang. Untuk itu, konsumen harus bersabar menunggu produk yang akan mereka dapatkan dengan chip terbaru.

Namun untuk detail produknya, mereka belum memberikan gambaran lebih lengkapnya untuk Macbook Apple Silicon. Baik itu model dan ukurannya masih mereka rahasiakan. Meski demikian, dengan mengetahui jika akan ada perubahan lebih berkualitas, tentu membuat konsumen lebih tertarik. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Laptop MSI Modern 14, Pilihan Warna Memukau Dengan Performa Baik