Makanan Penambah Stamina Tubuh untuk Anda yang Aktif dan Dinamis

makanan penambah stamina
Daftar makanan penambah stamina. Foto: Ist/Net

Makanan penambah stamina lebih baik ketimbang mengonsumsi minuman energi instan. Namun agar makanan tersebut membuahkan manfaat untuk kesehatan tubuh dan meningkatkan stamina, Anda perlu mengimbanginya dengan olahraga. Hal itu agar penyerapan nutrisinya lebih optimal.

Soal stamina tak hanya penting untuk pria saja, terlebih banyak orang yang mengaitkannya dengan daya tahan di atas ranjang. Orang kantoran, olahragawan, maupun siapapun juga membutuhkan stamina untuk mendukung aktivitasnya.

Aktivitas rutin yang itu-itu saja maupun berbagai persoalan yang ada tak jarang membuat stamina tubuh menurun. Begitu juga setelah Anda beraktivitas seharian yang menguras energi tentunya akan membuat tubuh lelah dan lunglai.

Baca juga: Kerap Disepelekan, Manfaat Genjer Ternyata Ampuh Atasi Berbagai Penyakit

Untuk memulihkan maupun membangkitkan kembali energi tubuh, sebenarnya ada banyak yang bisa kita lakukan. Seperti dengan istirahat dengan tidur, melakukan traveling untuk refreshing pikiran, hingga mengonsumsi makanan kaya nutrisi untuk memulihkan tubuh.

Rekomendasi Makanan Penambah Stamina

Memiliki stamina tubuh yang baik merupakan dambaan banyak orang, termasuk pasangan yang telah menikah. Nah, berikut ini beragam jenis makanan penambah stamina yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Ginseng

Banyak produk minuman energi yang menggunakan ginseng sebagai bahan utamanya. Herbal ini mengandung nitric oxide dan fitokimia yang penting untuk meningkatkan stamina dan energi tubuh.

Ada banyak manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh. Seperti untuk melancarkan peredaran darah maupun untuk meningkatkan kerja otak. Mengonsumsi ginseng juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Anggur Merah

Buah berbentuk bulat ini juga merupakan makanan penambah stamina yang efektif. Buah ini juga terkenal karena menjadi bahan utama pembuatan minuman anggur. Banyak orang yang menyukai minuman ini.

Buah anggur merah mengandung gula alami yang penting sebagai sumber energi tubuh. Begitu juga kandungan resveratol-nya mampu mendongkrak stamina tubuh dengan cepat. Bahkan stamina karena makan buah ini mampu bertahan lama.

Telur

Makanan favorit para olahragawan ini sangat populer karena kaya dengan protein. Telur juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk memulihkan tubuh setelah beraktivitas.

Namun makanan penambah stamina ini juga mengandung banyak kolesterol. Karena itu batasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Masyarakat Jawa biasanya lebih senang menggunakan telur ayam kampung karena lebih efektif dan organik.

Ginkgo Biloba

Nama herbal ini mungkin juga populer karena sering muncul dalam iklan produk untuk meningkatkan daya ingat. Ginkgo biloba termasuk herbal istimewa karena kandungannya yang sangat berguna untuk tubuh.

Baca juga: Manfaat Jengkol dan Bahayanya yang Patut Diwaspadai

Selain dapat meningkatkan stamina tubuh, tanaman ini juga terkenal karena mengandung antidepresan. Karena itu mengonsumsi herbal ini akan membuat tubuh lebih fresh sehingga lebih bergairah.

Selai Kacang

Rekomendasi makanan penambah stamina lainnya adalah selai kacang. Kandungan asam lemak omega 3 dalam makanan ini sangat tinggi yang baik untuk memulihkan energi dan mengatasi kelelahan tubuh.

Selai kacang juga mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan jantung maupun baik untuk diet. Makan makanan ini secara rutin berguna untuk menjaga stamina khususnya untuk Anda yang aktif.

Cabai Merah

Untuk Anda yang senang makanan pedas, ini juga bisa menjadi cara mudah mengatasi lesu dan lemah tubuh. Cabai merah kaya dengan kandungan capsaicin yang mampu merangsang kerja saraf tubuh.

Makanan pedas dengan cabai ini akan melancarkan peredaran darah sehingga tubuh akan terasa bergairah dan lebih semangat. Namun batasi konsumsinya agar tidak malah membuat sakit perut dan lambung.

Ikan

Siapa tak kenal ikan, jenis makanan yang sangat populer dan rasanya yuang lezat membuat semua orang menyukainya. Ikan juga termasuk makanan penambah stamina yang mampu menyuplai kebutuhan energi tubuh.

Ikan, baik jenis air tawar maupun ikan air laut banyak mengandung protein, asam omega 3, vitamin, dan mineral yang penting sebagai sumber energi. Mengonsumsi ikan juga baik untuk kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf.

Tiram

Makanan laut yang juga terkenal sebagai pendongkrak stamina tubuh adalah tiram. Tiram kaya dengan kandungan zinc dan dopamin yang berkhasiat dalam memulihkan dan meningkatkan energi tubuh.

Mengonsumsi makanan ini sangat baik untuk Anda yang habis berolahraga, bekerja seharian, atau banyak melakukan aktivitas fisik. Anda bisa mengolah makanan ini menjadi aneka masakan yang lezat dan berenergi.

Jagung

Jenis makanan penambah stamina yang juga baik adalah jagung. Rasanya yang manis membuat banyak orang yang menyukainya. Selain dengan merebusnya, makanan ini juga bisa kita olah menjadi aneka camilan sehat yang enak.

Tahukah Anda jika jagung kaya dengan kandungan glikogen yang sangat penting sebagai sumber energi tubuh. Mengonsumsi jagung akan mendorong tubuh untuk menyerap dan mengubah glikogen menjadi energi dengan cepat.

Apel

Tak ada yang tidak mengenal buah yang satu ini. Selain rasanya yang enak, apel juga merupakan buah kecantikan dan kesehatan yang terkenal sejak jaman kuno. Apalagi rasanya yang asam manis sangat enak dan lezat.

Buah apel banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan zat besi buah ini berguna merangsang peningkatan kadar hemoglobin dalam darah. Ini berguna untuk meningkatkan stamina dan energi tubuh.

Jeruk dan Lemon

Jenis buah lainnya yang juga bisa menjadi makanan penambah stamina adalah jeruk dan lemon. Kedua jenis buah ini kaya dengan vitamin C maupun mineral lainnya yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu buah ini juga berkhasiat menjaga imunitas tubuh dan mengatasi sejumlah penyakit ringan seperti flu atau masuk angin. Mengonsumsi buah ini secara rutin juga dapat mengembalikan energi tubuh yang menurun.

Pisang

Jika Anda merasa lesu dan kuang bersemangat, segera saja makan pisang. Buah ini kaya dengan fruktosa, jenis gula alami yang sangat berguna dalam meningkatkan energi dan stamina tubuh.

Selain itu pisang juga kaya kandungan serat yang baik untuk mengatasi gangguan pencernaan yang bisa menguras tenaga. Makan buah ini dalam bentuk segar atau jus yang enak untuk meningkatkan stamina.

Almond

Jenis kacang ini juga merupakan makanan penambah stamina yang berkhasiat. Kacang ini juga termasuk makanan favorit yang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan seratnya yang tinggi.

Kacang almond juga mengandung vitamin E dan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan mineral lainnya juga bermanfaat untuk memberikan tambahan energi dan stamina yang besar untuk tubuh.

Kopi

Untuk Anda para pecinta kopi tentunya sudah hafal jika absen minum minuman ini akan membuat tubuh terasa lelah dan tak bersemangat. Apalagi jika kita mengonsumsinya saat pagi atau malam terasa sangat nikmat.

Kandungan kafein dalam minuman ini memang berguna untuk merangsang naiknya semangat. Karena itulah minuman ini berguna sebagai solusi instan saat tubuh terasa lelah. Namun hati-hati agar tidak berlebihan karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Coklat

Jika Anda sedang lesu tak ada salahnya mencoba makan coklat. Coklat juga termasuk makanan penambah stamina yang akan membuat Anda lebih bersemangat. Apalagi jika Anda sedang banyak pekerjaan.

Ada banyak cara mengonsumsi makanan satu ini. Anda bisa membuat minuman coklat panas atau dingin maupun dengan makan camilan coklat batangan yang banyak dijual. Minum coklat juga baik berdua bersama pasangan.

Sayuran Hijau

Makanan dari jenis sayuran juga banyak mengandung aneka nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Khususnya sayuran hijau yang kaya vitamin C, serat, dan mineral lainnya yang dapat memberikan energi untuk beraktivitas.

Makanan penambah stamina ini seperti bayam, brokoli, kangkung, asparagus, dan lainnya. Mengonsumsi sayuran ini sangat berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga stamina tubuh. Konsumsi rutin makanan ini dengan beragam olahan.

Makanan Lainnya

Selain yang telah dibahas, sebenarnya masih ada banyak jenis makanan lainnya yang mampu meningkatkan energi dan stamina tubuh. Seperti ikan salmon, daging ayam tanpa lemak, kacang kedelai, kacang kenari, dan jahe.

Anda juga bisa memilih alpukat, raspberry hitam, semangka, buah delima, labu, teh hijau, beras merah, oatmeal, bawang putih, dan jus akar bit. Makanan ini juga kaya nutrisi yang akan meningkatkan stamina tubuh.

Itulah berbagai jenis makanan penambah stamina yang bisa Anda pilih sesuai kesukaan. Ada banyak faktor yang bisa membuat tubuh lemah atau sedang tidak bersemangat. Namun dengan makanan ini Anda akan kembali penuh energi. (R11/HR-Online)

Editor: Eva Latifah