Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Batu Empedu yang Wajib Dihindari

Makanan Penyebab Batu Empedu yang Wajib Dihindari

Makanan penyebab batu empedu sebaiknya Anda kenali dan jauhi agar tidak terkena penyakit yang sangat menyakitkan ini. Rasa sakit dan kram pada perut bagian atas akibat gangguan ini terasa begitu menyiksa.

Penyakit batu empedu merupakan salah satu gangguan yang terjadi karena mengerasnya cairan empedu. Gejala batu empedu yang umum terjadi selain kram pada perut atas juga akan menyebabkan rasa mual dan muntah.

Empedu merupakan suatu cairan yang terdapat dalam kantung empedu. Organ ini sendiri merupakan bagian dari sistem pencernaan yang memiliki fungsi penting. Cairan empedu berhubungan erat dengan proses pengolahan lemak yang masuk melalui makanan.

Kerja kantung dan cairan empedu akan terganggu saat terbentuk batu empedu. Batu ini terjadi akibat bahan makanan penyebab batu empedu yang sulit larut, seperti kolesterol atau bilirubin. Inilah yang menimbulkan rasa nyeri dan sakit.

Kantung empedu (gallbladder) berbentuk seperti buah terong yang berwarna hijau. Kantung ini berada sebelah bawah organ hati dan menampung cairan hasil olahan dari hati. Cairan empedu bersifat basa dengan warna hijau agak kekuningan.

Baca juga: Kenali Gejala Batu Empedu Sejak Dini Sebelum Menimbulkan Komplikasi

Warna cairan empedu ini karena kandungan pigmen biliverdin, bilirubin, dan urobilin. Mengutip dari Wikipedia, organ hati menghasilkan atau menyekresikan cairan empedu sekitar 500 hingga 1000 cc setiap harinya.

Volume cairan dari hati ini bisa meningkat saat banyak kandungan lemak dalam makanan yang masuk. Selanjutnya cairan empedu ini akan diteruskan melalui usus dua belas jari dalam melancarkan proses pencernaan makanan.

Beragam Jenis Makanan Penyebab Batu Empedu

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terbentuknya batu empedu. Namun salah satu yang sering terjadi adalah karena mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk kesehatan, utamanya kandungan kolesterol tinggi.

Konsumsi makanan tak sehat yang berlangsung lama inilah yang dapat menyebabkan terbentuknya batu empedu. Nah, untuk mencegahnya, berikut ini beragam jenis makanan penyebab batu empedu yang sebaiknya Anda jauhi.

Makanan Siap Saji

Aktivitas manusia modern yang sibuk memang sangat menyukai makanan cepat saji atau fast food. Karena itu gerai makanan jenis ini makin tumbuh subur dan menjadi pilihan makanan praktis yang banyak orang membelinya.

Namun tahukah Anda jika fast food merupakan jenis makanan yang tidak sehat untuk tubuh. Apalagi jika Anda terbiasa makanan jenis ini berisiko terjadi obesitas. Sebaiknya segera hindari makanan ini agar tidak memicu batu empedu.

Makanan Berlemak

Jenis makanan penyebab batu empedu lainnya yang wajib Anda hindari adalah makanan berlemak. Ada beberapa jenis lemak dalam makanan jenis ini, seperti lemak jenuh, lemak trans, lemak hewani, dan jenis minyak yang terhidrogenasi.

Kandungan lemak ini akan menyebabkan organ empedu bekerja terlalu keras dalam mencernanya. Kondisi ini akan memicu peningkatan kolesterol tubuh. Karena itu selain menyebabkan batu empedu, makanan ini juga bisa memicu penyakit berbahaya lainnya.

Namun untuk jenis lemak sehat merupakan lemak yang baik untuk tubuh, seperti minyak omega 3 yang terdapat dalam ikan laut. Jenis lemak ini justru membuat kerja empedu lebih ringan dan menurunkan kadar kolesterol.

Daging Merah

Jenis makanan penyebab batu empedu lainnya yang perlu Anda waspadai adalah daging merah, khususnya yang mengandung lemak. Beberapa jenis daging ini utamanya yang berasal dari sapi, kambing atau hewan berkaki empat lainnya.

Kebanyakan daging hewan ini mengandung lemak jenuh yang akan menyebabkan kerja empedu dan organ hati menjadi berat. Karena itu batasi jumlah konsumsinya agar tidak malah membuat tubuh terserang penyakit.

Makanan Kemasan

Hampir semua makanan kemasan tidak baik untuk tubuh karena bisu memicu terbentuknya batu empedu. Apalagi jika Anda terlalu sering mengonsumsinya. Kandungan lemak dalam makanan ini umumnya cukup tinggi.

Namun untuk memastikannya Anda bisa mengeceknya pada bungkus kemasannya. Jika kandungan lemaknya dalam 100 gramnya lebih tinggi 17,5 gram sebaiknya hindari. Begitu juga yang ada kode merahnya pada kandungan lemaknya.

Makanan Kering

Kebiasaan ngemil keripik, kue kering, ataupun biskuit sebaiknya juga Anda batasi karena ini juga bisa menjadi makanan penyebab batu empedu. Kandungan lemak dalam minyak untuk membuat makanan ini biasanya cukup tinggi.

Jika Anda senang makan camilan alangkah baiknya jika bukan jenis makanan kering atau keripik yang Anda makan. Sebagai gantinya, akan lebih bermanfaat untuk tubuh ngemil buah-buahan. Enak dan bernutrisi tinggi.

Karbohidrat Olahan

Tubuh sangat membutuhkan karbohidrat agar dapat beraktivitas seharian. Nasi misalnya kaya dengan kandungan karbo sehingga untuk yang sedang diet pastinya harus membatasi konsumsinya.

Makanan penyebab batu empedu lainnya yang harus Anda hindari adalah karbohidrat olahan. Bahan ini bisa meningkatkan sekresi insulin sehingga konsentrasi kolesterol yang terdapat dalam empedu juga akan meningkat. Ini bisa memicu pembentukan batu empedu.

Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung karbo olahan seperti tepung terigu, cokelat, biskuit, gula, ataupun permen. Pemanis buatan juga mengandung karbo olahan yang bisa menyebabkan batu empedu.

Produk Olahan Susu

Ada banyak sekali produk olahan susu yang terdapat di pasaran seperti mentega, keju, es krim, atau lainnya. Makanan ini mengandung lemak yang cukup tinggi yang sebaiknya Anda hindari jika tak ingin terkena batu empedu.

Namun jika Anda ingin tetap mengonsumsi susu, sebaknya pilih susu sapi segar yang tidak menggunakan gula. Akan lebih baik lagi jika minum susu kedelai yang rendah lemak dan kaya nutrisi. Anda juga bisa memilih yogurt atau es krim yang rendah lemak.

Ikan Kaleng

Jenis makanan penyebab batu empedu yang lainnya dan sebaiknya Anda hindari adalah ikan dalam kaleng. Ada banyak produk ikan kalengan yang sebaiknya Anda waspadai.

Pembuatan produk ikan dalam kaleng basanya menggunakan bahan-bahan tertentu agar lebih awet. Pabrik biasanya menggunakan bahan seperti garam dan bahan kimia lainnya yang berbahaya untuk tubuh dan bisa memicu batu empedu.

Untuk mendapatkan nutrisi terbaik sebaiknya pilih ikan segar, seperti ikan tuna, salmon, bandeng, dan lainnya. Ikan, khususnya dari laut sangat kaya omega 3 dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Gejala Penyakit Batu Empedu

Mengenal berbagai jenis makanan penyebab batu empedu penting agar kita bisa menghindarinya. Selain itu Anda juga perlu mengenal gejala gangguan ini agar bisa mendapat penanganan dengan cepat, seperti berikut ini.

  • Timbul rasa sakit pada perut bagian kanan atas. Rasa nyeri ini bisa kadang bisa melebar ke sisi tubuh atau ke bagian tulang belikat.
  • Lokasi kantung empedu dekat dengan pencernaan sekitar perut. Karena itu jika timbul sakit yang terasa pada bagian perut. Rasa sakit ini bisa berlangsung lama terutama jika Anda makan makanan tinggi lemak.
  • Muncul rasa mual yang tak jarang menyebabkan muntah.
  • Batu empedu bisa menyebabkan infeksi pada saluran empedu.  Kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya demam.
  • Timbul rasa gatal pada beberapa bagian kulit.
  • Kadang menyebabkan sakit kuning.
  • Detak jantung yang terasa semakin kencang dan cepat.
  • Hilangnya nafsu makan yang bisa menyebabkan penurunan berat badan.

Rekomendasi Makanan untuk Mencegah Batu Empedu 

Selain menghindari berbagai jenis makanan penyebab batu empedu, Anda juga bisa mengimbanginya dengan makanan yang baik untuk kesehatan kantung empedu. Ada banyak sekali jenis makanan seperti ini yang bisa kita pilih.

Salah satu cara untuk menekan risiko dan mencegah terjadinya batu empedu adalah dengan memperhatikan pola makan yang sehat. Mengatur menu makanan sehat juga berguna agar pencernaan lancar dan fungsi kantung empedu lebih optimal.

Baca juga: Ketahui Penyebab Batu Empedu yang Paling Umum Terjadi

Dalam mengatur pola makan sehat tentunya harus mengetahui jenis makanan apa saja yang sehat dan baik untuk pencernaan Anda. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk mencegah batu empedu.

  • Makanan jenis sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk memasaknya sebaiknya gunakan jenis minyak yang rendah lemak.
  • Makanan yang kaya protein tanpa lemak. Contohnya seperti berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Makanan yang dengan kandungan seratnya. Baik dari jenis sayuran, buah, kacang, biji-bijian, maupun jenis whole grains. 
  • Makanan tinggi kalsium juga baik untuk menekan risiko batu empedu. Contohnya seperti jenis sayuran dengan daun hijau tua.
  • Makanan yang banyak mengandung magnesium, asam folat, dan vitamin C, antara lain seperti sayuran, buah, dan lainnya.
  • Makanan dengan nutrisi jenis lemak sehat. Seperti berbagai jenis ikan air tawar, minyak dari biji rami (flaxseed), ataupun kacang kenari. Untuk mengolahnya sebaiknya juga jangan menggunakan minyak berlebihan.

Demikianlah berbagai jenis makanan penyebab batu empedu yang sebaiknya Anda hindari atau kurangi. Memang tidak semua makanan jenis ini bisa menyebabkan penyakit, namun juga bisa meningkatkan risikonya. (R11/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid

- Advertisment -