Ingin Make Up Tidak Mudah Luntur? Ikuti Cara Praktis Ini!

make up tidak mudah luntur
Cara make up tidak mudah luntur. Foto: Ist/Net

Mencari cara agar make up tidak mudah luntur merupakan hal yang sangat penting bagi wanita aktif. Selain tak akan ribet untuk membetulkannya, riasan yang tahan lama juga meningkatkan percaya diri. Namun Anda perlu mengetahui rahasianya.

Setiap wanita tentunya mengharapkan untuk bisa selalu terlihat cantik sempurna dengan riasan wajahnya. Selain tidak akan mengganggu aktivitasnya, make up yang tahan lama juga memperlihatkan kualitas alat kosmetik yang Anda gunakan.

Baca juga: Kesal Menunggu Pasangan Make Up? Ternyata Ini Alasan Ilmiah Perempuan Suka Dandan

Para wanita aktif, baik yang bekerja dan berkarier di kantor, kuliah, hingga yang aktif dalam organisasi atau pengajian sangat membutuhkan riasan yang tidak gampang luntur. Apalagi jika aktivitasnya menyita banyak waktunya.

Namun untuk memiliki riasan yang tahan lama, ternyata bukan hal yang mudah. Meskipun Anda sudah menggunakan produk yang bagus tak jarang riasan akan luntur. Hal ini terutama jika dalam mengaplikasikannya Anda lakukan sembarangan.

Cara Membuat Make Up Tidak Mudah Luntur

Membuat riasan wajah yang bisa bertahan lama mungkin tidak mudah bagi kebanyakan orang. Tak sedikit wanita yang harus mengundang penata rias atau harus pergi ke salon agar riasan untuk acara tertentu tak mudah rusak.

Padahal, membuat riasan yang tahan lama mudah asal tahu rahasianya. Nah, berikut ini beberapa cara make up tidak mudah luntur yang perlu Anda lakukan. Meskipun simpel namun langkah ini akan memberikan efek yang berguna.

Cuci Muka

Langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum mengaplikasikan kosmetik pada wajah Anda adalah dengan mencuci muka terlebih dahulu. Ini penting untuk Anda yang memiliki kulit kering agar lebih lembap dan mudah menyerap kosmetik.

Baca juga: Alat Make Up Ini Wajib Dibawa Saat Liburan

Namun jika Anda memiliki kulit wajah dengan jenis berminyak sebaiknya Anda menggunakan pembersih muka. Ini juga penting agar wajah tidak terlalu berminyak saat Anda menggunakan make up.

Gunakan Kosmetik Waterproof

Cara lainnya agar make up tidak mudah luntur adalah dengan menggunakan produk kosmetik jenis waterproof. Ini tak hanya untuk riasan wajah saja namun juga untuk produk make up lainnya, seperti maskara, eyeshadow, ataupun eyeliner.

Terlebih untuk Anda yang mudah berkeringat atau bekerja dalam ruangan yang terbuka atau mudah memicu keringat. Dengan produk yang anti air akan membuat riasan tak mudah rusak atau luntur.

Namun tak sedikit wanita yang kerap mengeluh saat harus menggunakan produk waterproof karena kesulitan untuk menghilangkannya. Padahal Anda bisa menggunakan micellar water tahu minyak zaitn untuk membersihkannya dengan lebih mudah.

Jangan Gunakan Alas Bedak Berminyak

Alas bedak yang mengandung minyak sebaiknya jangan Anda gunakan agar make up tidak mudah luntur. Selain menggunakan produk waterproof, Anda juga bisa memilih alas bedak yang bebas minyak.

Produk yang mengandung minyak memang akan membuat make up mudah rusak. Begitu juga jika Anda menggunakan foundation sebaiknya lapisi dengan bedak tabur. Ini berguna agar riasan Anda bisa tahan lebih lama.

Aplikasikan Make Up Primer

Mengaplikasikan make up primer juga penting untuk tampilan yang cantik menawan. Ini juga penting untuk mengunci make up wajah Anda. Sehingga dengan bahan primer ini kulit tetap terlindungi dari aplikasi riasan.

Namun make up tidak mudah luntur sebaiknya gunakan primer yang mengandung SPF, berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, menyamarkan kerutan wajah, hingga yang sesuai dengan warna kulit.

Mengunci Blush On

Untuk Anda yang senang mengaplikasikan blush on sebaiknya gunakan produk yang terbaik. Setelah mengaplikasikannya selanjutnya Anda perlu melapisi dan menguncinya dengan bedak tabur.

Baca juga: Foundation untuk Kulit Berminyak, Ini Pilihannya Agar Make Up Optimal

Namun agar blush on tetap terlihat natural, gunakan lagi setelah Anda menguncinya dengan bedak tabur. Cara praktis ini akan membuat riasan lebih sempurna dan tahan lama.

Aplikasikan Lip Balm

Begitu juga untuk merias bibir, Anda juga perlu mengaplikasikan lip balm terlebih dahulu sebelum menggunakan lipstik. Selain agar make up tidak mudah luntur, cara ini juga akan membuat bibir lembap lebih lama.

Penggunaan lip balm dalam merias bibir juga penting agar hasilnya terlihat lebih menarik. Selain lipstik lebih mudah melekat, lip balm juga akan lebih meratakan warnanya.

Itulah beberapa tips penting yang perlu Anda lakukan agar make up tidak mudah luntur dan tahan lebih lama. Dengan langkah simpel ini Anda tak perlu memanggil penata rias hanya agar riasan bertahan lebih lama. (R11/HR-Online)

Editor: Eva Latifah