Membersihkan Kabin Mobil, Cara Tepat untuk Terhindar dari Virus

Membersihkan Kabin Mobil, Cara Tepat untuk Terhindar dari Virus
Ilustrasi membersihkan kabin mobil. Foto : istimewa

Membersihkan kabin mobil menjadi salah satu hal rutin yang wajib anda lakukan saat ini. Pada masa pandemi saat ini, semua hal perlu anda perhatikan kebersihannya.

Tidak hanya tubuh, pakaian, perabotan rumah, bahkan kendaraan pun wajib anda jaga kebersihannya. Cara menjaga kebersihan mobil adalah salah satunya.

Mobil menjadi alat transportasi pribadi yang sudah semakin marak dimiliki. Maka dari itu, membuat kendaraan bersih menjadi hal yang cukup penting.

Semua untuk menunjang kenyamanan dan menjaga kesehatan bagi pengemudi dan penumpangnya. Menjaga kebersihan mobil, baik dari segi interior maupun eksteriornya.

Baca Juga : Bagasi Atas Mobil, Gunakan Tips Memilih dan Pemasangan yang Tepat

Cara membersihkan interior mobil bisa anda lakukan sendiri. Tidak perlu meminta jasa salon mobil agar interior tetap terjaga. Jika anda memiliki waktu luang, sebaiknya untuk menghemat biaya, bersihkan kabin mobil sendiri saja.

Dengan ketelitian yang cukup, kabin kendaraan pun bisa bersih dan bebas dari bakteri. Sebab, jika kabin tidak anda bersihkan, justru menjadi sarang bakteri dan virus berkembang.

Ada beberapa faktor yang mampu membuat kabin menjadi sarang virus dan bakteri. Maka dari itu, membersihkan kabin mobil tentunya kunci utama agar anda terhindar dari virus.

Menjaga kebersihan saat pandemi saat ini dalam kendaraan perlu sekali. Kabin juga bisa meningkatkan rasa nyaman dan menunjang kesehatan saat berada dalam kendaraan.

Jika tidak rajin membersihkannya, virus pun akan mudah menyerang. Membersihkannya sendiri pun bisa anda lakukan, sebaiknya cari tahu bagaimana langkah yang tepat.

Hal ini perlu anda lakukan agar tidak merusak komponen yang ada dalam kendaraan. Sehingga kabin tetap nyaman, bersih, serta berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara Membersihkan Kabin Mobil dengan Benar

Tidak hanya menjaga kebersihan eksterior mobil saja. Akan tetapi, bagian interior mobil pun menjadi hal utama yang perlu anda jaga kebersihannya.

Interior mobil tidak hanya mempengaruhi penampilannya saja. Namun, kebersihan kabin bisa membuat rasa nyaman dan terhindar dari virus.

Baca Juga : Membersihkan Karpet Mobil Demi Kenyamanan Saat Berkendara

Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan hal ini. Padahal membersihkan bagian interior kendaraan tidaklah sulit. Hal yang penting anda ketahui, yaitu bagaimana cara membersihkannya dengan tepat.

Bagi anda yang ingin membersihkan kabin mobil sendiri, berikut ini tipsnya. Gunakan tips yang tepat agar interior mobil bisa bersih dan mampu menciptakan kenyamanan tinggi.

1. Bersihkan Bagian Bawah

Langkah awal untuk membersihkan kabin mobil yaitu dari bagian bawah. Hal ini perlu anda lakukan karena bagian tersebut memiliki tingkat kotor yang paling banyak.

Dasar mobil bersentuhan langsung dengan kaki yang sering membawa kotoran. Tidak hanya itu saja, mungkin juga makanan yang jatuh saat anda makan dalam mobil.

Lakukan langkah untuk mengeluarkan semua karpet yang melapisi kendaraan. Anda bisa membersihkannya dengan mencuci sampai bersih. Pastikan karpet dalam keadaan bersih dan kering sempurna.

Baca Juga : Pasang Stiker Mobil, Membuat Tampilan Kendaraan Lebih Stylish

Sebelum anda pasang kembali, bersihkan dasar kabin dengan vacuum cleaner. Jika anda tidak memiliki alat tersebut, bisa gosok dengan sikat. Setelah bersih, barulah karpet bisa anda pasang kembali.

2. Bersihkan Bagian Dashboard

Dashboard pada kendaraan roda empat menjadi bagian penting pada interior. Pada bagian ini terdapat panel informasi mesin, head unit untuk hiburan, hingga tempat penyimpanan.

Lap bagian tersebut dengan kain bersih dan kering. Gunakan microfiber agar dashboard tidak rusak. Gunakan kain yang sudah anda celupkan dalam cairan air dan pembersih.

Anda juga bisa gunakan sikat gigi untuk menjangkau pada bagian terkecil yang sulit. Membersihkan kabin mobil jangan lupa pada bagian dashboardnya.

3. Permukaan Jok Mobil

Merawat kendaraan juga tidak lepas dari bagian joknya. Sebaiknya hati-hati dalam membersihkannya. Sebab, bahan yang berbeda juga membuat cara membersihkannya pun tidak sama.

Pertama untuk bahan kain anda bisa bersihkan dengan kain. Larutkan air hangat dengan detergen. Celupkan lap dan peras, kemudian bersihkan. Setelah itu, lap dengan kain kering.

Sedangkan untuk jok mobil bahan kulit, sebaiknya gunakan poles khusus. Setelah itu, anda bisa gunakan cairan pelembab khusus kulit.

Pastikan pintu mobil dalam keadaan terbuka saat membersihkan jok. Hal ini bertujuan agar jok mudah kering dan membersihkan kabin mobil bisa lebih cepat. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Cara Kerja AC Mobil, Lengkap dengan Komponen dan Fungsinya