Menggunakan HP Saat Petir Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Menggunakan HP saat Petir, Ketahui Mitos atau Faktanya!
Ilustrasi Menggunakan HP saat Petir. Foto : Istimewa

Menggunakan HP saat petir mungkin masih sering banyak orang lakukan, terutama jika rumah memiliki penangkalnya. Bagi orang yang tidak memiliki penangkal petir, pasti cukup merasa takut petir akan menyambarnya.

Apalagi ketika musim hujan tiba, pastinya akan banyak petir-petir bermunculan. Kadang pun orang-orang mendengar suaranya saja sudah takut dan itu adalah hal yang wajar.

Hal ini pula yang membuat munculnya anggapan bahwa bermain HP ketika petir itu berbahaya. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa hal tersebut dapat mengancam jiwa pengguna ponsel.

Baca Juga : Jangan Menggunakan Charger Palsu! Risiko HP Rusak Hingga Meledak

Namun, tak sedikit pula yang masih bertanya-tanya tentang fakta dari bermain HP ketika ada petir. Lantas bagaimanakah kebenaran tentang anggapan bahwa bermain ponsel saat petir berbahaya?

Menggunakan HP Saat Petir

Ada berita datang ke sana-sini mengenai sambaran petir ke seseorang yang menggunakan ponsel. Bahkan, berita tentang kematian orang pada daerah pegunungan terpencil yang cukup sering.

Peristiwa tersebut merupakan semacam mitos yang populer pada pelosok daerah. Mereka juga tidak suka menggunakan perangkat elektronik lain selama badai berlangsung.

Baca Juga : Dampak HP di Reset Pabrik, Apakah Sangat Berbahaya?

Dengan kejadian seperti itu, penduduk setempat agak takut menggunakan ponsel saat terjadi petir. Mereka juga tidak membawa ponsel atau menundanya selama terjadi petir.

Tetapi apakah benar bahwa menggunakan HP saat petir berbahaya, sehingga dapat menyambar penggunanya?

Kebenaran Tentang Hal Itu

Keyakinan tentang menggunakan ponsel dalam keadaan petir itu bahaya adalah tidak benar atau mitos. Orang-orang mengatakan bahwa logam menarik muatan, sehingga hal itu dapat menyerang anda.

Ponsel itu sendiri memiliki sangat sedikit logam, beberapa ponsel seluruhnya terbuat dari plastik pada bagian luar. Ponsel juga merupakan perangkat berdaya rendah, sehingga tidak cenderung menarik petir.

Petir selalu mengenai titik tertinggi pada permukaan. Jika anda berada di luar dan dekat dengan pohon, kemungkinan besar akan tersambar.

Sehingga itu tidak ada hubungannya dengan apakah anda menggunakan HP saat petir atau tidak. Posisi yang salah dan waktu yang salah dapat mengakibatkan tersambar petir.

Jadi, anda harus waspada untuk menghindari daerah yang rawan risiko daripada ponsel itu sendiri. Sehingga tidak ada hubungannya dengan menggunakan ponsel dan risiko tersambar petir.

Kerusakan petir listrik hanya terjadi dengan penggunaan telepon rumah (kabel) dan bukan dari telepon genggam. Sehingga sebaiknya anda jangan menggunakan telepon kabel seperti telepon rumah saat terjadi petir.

Karena arus tambahan dari petir dapat membakar perangkat. Kemudian dapat melukai orang yang membawanya dari lonjakan tegangan tinggi.

Baca Juga : Keyboard HP Tidak Bisa Mengetik Huruf, Simak Cara untuk Mengatasinya

Laporan tentang cedera petir melibatkan orang-orang yang menggunakan ponsel perlu anda pahami lagi. Biasanya, laporan ini menunjukkan penggunaan ponsel tanpa melihat tempat dan ketidakpedulian penggunanya terhadap kondisi cuaca.

Kesimpulannya, menggunakan HP saat petir bukanlah hal yang berbahaya. Tetapi agar tetap merasa aman, anda perlu melihat tempat dan kondisi.

Cara Agar Tetap Merasa Aman

Jika anda masih tetap merasa takut, anda bisa menerapkan beberapa tips agar tetap merasa aman.

  1. Jika anda berada pada tempat terbuka, langsung cari tempat berlindung. Anda bisa memasuki rumah, ruko, atau bangunan yang berada paling dekat dengan anda. Hal itu karena pada umumnya, petir akan memilih tanah untuk menyambarkan energinya yang dahsyat.
  2. Jangan pernah memilih untuk berlindung pada bawah pohon apapun. Sebab melihat dari banyaknya kasus yang terjadi, tempat favorit petir menyambar adalah pohon.

Intinya, jangan pernah berada pada tempat terbuka seperti lapangan, sawah, atau apapun itu. Entah anda menggunakan HP saat petir atau tidak, jangan pernah melakukan hal tersebut.

Apalagi jika anda berada pada tempat terbuka dan tanpa menggunakan alas kaki. Hal itu akan semakin meningkatkan risiko anda untuk tersambar petir.

Alangkah lebih baik jika anda menghindari tempat yang bersentuhan dengan air. Karena telah kita ketahui bahwa air memiliki sifat menghantarkan arus listrik.

Selain itu, seperti penjelasan sebelumnya bahwa telepon kabel atau telepon rumah bisa menghantarkan arus listrik. Jadi, untuk sementara jangan berdekatan atau menggunakan telepon tersebut selama petir menyambar.

Semoga penjelasan tersebut dapat memperjelas mitos tentang bahaya menggunakan HP saat petir. Asalkan berada pada tempat yang benar, anda akan terhindar dari sambaran petir. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya