Mengubah HP CDMA ke GSM, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini

Mengubah HP CDMA ke GSM, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!
Ilustrasi Mengubah HP CDMA ke GSM. Foto : Istimewa

Mengubah HP CDMA ke GSM sebenarnya bukanlah perkara yang akan menyulitkan anda. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga agar lebih mudah.

GSM dan CDMA ialah dua tipe utama standart telekomunikasi nirkabel. Hal ini berguna untuk perangkat seluler dalam seluruh dunia.

Berbagai perangkat seluler yang pabrikan rancang untuk bekerja pada jaringan GSM atau jaringan CDMA. Anda tak bisa menggunakan SIM card GSM pada perangkat selulernya yang bekerja secara khusus dengan CDMA.

Baca Juga : Hardware HP Rusak, Inilah Cara Menangani Sesuai Permasalahannya!

Hal itu karena CDMA serta GSM adalah dua teknologi yang tentu berbeda. Namun, anda dapat bisa melakukan perubahan dari yang awalnya merupakan ponsel CDMA menjadi GSM.

Inilah Cara Mengubah HP CDMA ke GSM

Beberapa ponsel ada yang memiliki fitur dual SIM CDMA dan GSM, sehingga pengguna bisa mengubahnya sesuka hati. Namun, juga terdapat merek HP seperti Andromax yang mengunci jaringan utamanya pada CDMA saja.

Tentu hal ini cukup membuat para pengguna Andromax kecewa dan bingung. Karena GSM memang kita kenal memiliki jangkauan jaringan yang lebih luas daripada CDMA.

Baca Juga : Ganti Password WiFi Lewat HP dengan Beberapa Cara Berikut ini

Mulai sekarang anda tak perlu bingung lagi jika menjadi pengguna smartphone Andromax. Karena saat ini ada cara untuk mengubahnya, lebih jelasnya silakan simak cara mengubah HP CDMA ke GSM berikut ini.

Menggunakan Aplikasi Andromax Tools

Ini merupakan aplikasi khusus yang berguna untuk membuka kunci pembatas HP Andromax dalam menerima jaringan terbaik dari kartu GSM. Untuk tahapan cara mengubahnya, silakan simak penjelasan berikut ini:

  1. Setelah anda unduh aplikasi Andromax Tools Versi 3.0 tersebut, silakan instal aplikasinya pada smartphone anda.
  2. Buka aplikasi untuk mengubah HP CDMA ke GSM ini sampai terbuka dengan normal dan menjalankan pengaturan secara otomatis.
  3. Apabila aplikasi sudah pasti terbuka secara sempurna, tekan Switch SIM. Ini gunanya untuk memilih kartu SIM mana yang akan anda aktifkan, yaitu antara kartu CDMA atau GSM.
  4. Kemudian silakan hilangkan RUIM/Sub1 pada bagian CDMA. Jika sudah centang bagian Boots Signal, lalu pilih opsi Request Network Data Type.
  5. Langkah selanjutnya, restart ponsel anda. Ketika sudah hidup kembali, cek opsi Edit APN pada pengaturan telepon.

Untuk mengeceknya, cobalah untuk membuka browser pada ponsel anda tersebut. Apabila jaringan berjalan dan bisa anda nikmati dengan normal, itu berarti anda berhasil mengubah HP CDMA ke GSM.

Dengan Aplikasi Any Cut

Aplikasi lain yang bisa anda gunakan untuk mengubah CDMA menjadi GSM adalah Any Cut. Aplikasi ini akan menciptakan sebuah shortcut yang gunanya untuk mempermudah pengguna dalam menjalankan suatu proses dengan cepat.

Berkaitan dengan ini, aplikasi tersebut juga bisa mengaktifkan pengaturan yang awalnya tidak bisa anda akses. Salah satunya perangkat Andromax yang terkunci ketika ingin menggunakan jaringan GSM. Langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama, silakan unduh dan instal aplikasi Any Cut yang bisa anda dapatkan melalui internet.
  2. Setelah itu, buka menu Widget dengan menyentuh home Screen selama beberapa saat. Atau bisa juga dengan memilih menu Widget pada App Drawer.
  3. Cari dan tekan widget Any Cut selama beberapa saat guna menempatkannya ke Home Screen. Nantinya akan terlihat menu Pengaturan dari aplikasi Any Cut dan silakan pilih Activity.
  4. Langkah mengubah HP CDMA ke GSM selanjutnya dengan memilih APNs (yang paling bawah) pada bagian Choose an Activity. Editlah shortcut tersebut dengan mengganti namanya sesuai keinginan anda.
  5. Setelah edit, buka kembali menu Any Cut dan ulangi langkah sebelumnya.
  6. Lalu pada bagian Choose an Activity, pilihlah Select Subscriptions (yang paling bawah). Kemudian juga edit namanya lagi sesuai keinginan anda dan pilih OK.
  7. Nantinya anda akan melihat melihat shortcut baru pada Home Screen perangkat anda. Shortcut tersebut akan memiliki nama Select Subscription yang sebelumnya sudah anda buat.
  8. Kemudian pada menu Select Subscription, silakan hapus tanda centang RUIM dari CDMA dan pilih OK.
  9. Lalu untuk mengaktifkan jaringan GSM, silakan buka APNs dan pilih koneksi data yang ingin anda gunakan.

Itulah beberapa cara untuk mengubah HP CDMA ke GSM dengan lebih efektif. Ada bisa memilih satu dari dua aplikasi tersebut yang menurut anda paling mudah. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Ganti DNS Android dengan Mudah, Simak Cara-caranya Berikut Ini!