Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruMerawat Helm Doff, Cukup Rumit Berbeda dengan Tipe Lainnya

Merawat Helm Doff, Cukup Rumit Berbeda dengan Tipe Lainnya

Merawat helm doff tidak semudah dengan warna lainnya. Cara perawatan setiap helm memang berbeda-beda. Apalagi helm kini semakin bervariasi seiring trend dan permintaan pasar.

Ada yang memiliki warna glossy dan dual tone. Setiap jenisnya memiliki cara perawatannya sendiri-sendiri. Helm merupakan komponen wajib berkendara.

Komponen yang satu ini wajib dikenakan oleh para pengendara sepeda motor sebagai penunjang keselamatan. Tidak hanya itu saja, bahkan komponen yang satu ini juga bisa menambah penampilan terlihat keren dan menarik.

Hal ini karena helm sudah hadir dengan banyak tipe, model, dan warna pilihan. Sehingga anda bisa memilih sesuai selera masing-masing.

Kebutuhan komponen ini memang semakin meningkat seiring pengguna sepeda motor yang tinggi. Jika tidak memiliki komponen yang satu ini, pastinya terasa kurang.

Apalagi jika anda berkendara dan tidak menggunakannya, saat terlihat polisi pasti jadi masalah. Maka dari itu, miliki dan kenakan helm agar bisa berfungsi dengan maksimal.

Salah satu jenis helm yang kerap sekali terlihat dikenakan para pengendara yaitu warna doff. Komponen yang satu ini memang memiliki perawatan yang rumit dan tidak mudah.

Sebab, komponen ini mudah kotor daripada model finishing glossy. Maka dari itu, bagi anda yang memilikinya, berikan perawatan khusus.

Baca Juga : Fungsi Pinlock pada Helm, Mengatasi Timbulnya Embun Saat Hujan

Sebenarnya perawatan helm semua sama dan perlu anda lakukan secara rutin. Jika tidak anda berikan perawatan rutin, tentu komponen ini mudah rusak.

Begitu juga dengan merawat helm doff. Jika tidak anda berikan perawatan, maka permukaannya akan mudah rusak. Apalagi doff terkenal dengan warna yang kusam, namun tetap keren dan unik ketika anda kenakan.

Jika anda berikan perawatan yang tepat, tentu helm tetap terlihat keren dan menarik. Anda pun juga akan merasa nyaman saat mengenakannya.

Cara Merawat Helm Doff yang Tepat

Semua barang butuh perawatan, begitu juga dengan helm. Apalagi barang yang satu ini sering sekali terpakai baik dalam kondisi cuaca apapun.

Sebenarnya perawatannya tidak sulit, namun anda perlu lebih hati-hati saat mencucinya. Berbeda dengan perawatan jenis helm doff. Perawatan yang bisa anda lakukan cukup hati-hati.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat helm terlihat bersih dan menarik. Jika tidak anda rawat, semua barang pun akan mudah rusak.

Meski terlihat kusam, namun kenyataannya komponen yang satu ini justru populer. Bahkan peminatnya lebih banyak dari jenis lainnya. Perawatan yang anda berikan tidak boleh sembarangan. Jika sampai keliru, justru bisa rusak.

Lantas apa saja cara yang bisa anda lakukan? Berikut ini ulasan perawatannya yang baik dan benar.

1. Segera Keringkan

Merawat helm doff secara tepat agar komponen tidak mudah rusak. Jika terkena air, sebaiknya helm doff segera anda keringkan. Entah itu terkena hujan, anda cuci, ataupun terciprat air.

Baca Juga : Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

Jika helm basah dan tidak anda keringkan, akan muncul bercak air atau water-spot. Bahkan jika sudah seperti itu, bercak akan sulit anda hilangkan.

Permukaan helm pun akan menjadi menjadi lembab. Selain itu, potensi tumbuh jamur pada permukaan semakin terlihat dan warnanya pun berubah.

2. Jangan Dijemur

Meski mengeringkan helm saat basah adalah cara yang harus anda lakukan, namun jangan anda jemur. Sebab, paparan sinar matahari yang langsung terkena helm mempermudah warna pudar.

Komponen tersebut akan panas dan justru membuat cat helm menjadi retak. Tidak hanya itu saja, helm akan terasa tidak nyaman saat anda kenakan.

Apalagi untuk helm doff warna hitam yang mudah sekali menyerap panas. Merawat helm doff yang satu ini juga bisa anda terapkan pada helm glossy.

3. Tempat Penyimpanan

Pada umumnya, helm yang habis terpakai hanya anda letakkan begitu saja. Padahal cara ini tidak benar. Sebaiknya anda letakkan komponen tersebut pada tempat yang kering.

Hal ini karena warna doff memiliki cat pada permukaan yang berbeda sehingga potensi datangnya jamur semakin besar. Maka dari itu, simpan pada tempat yang kering.

Hindari tempat lembab agar jamur tidak tumbuh pada helm tersebut. Apalagi jika penyimpanan dalam waktu lama, merawat helm doff pun akan semakin sulit. Tentunya akan mudah rusak dan tidak nyaman saat anda gunakan kembali. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Komponen Fuel Pump Motor, Mempengaruhi Kinerja Mesin Kendaraan
- Advertisment -