Model Jas Hujan, Gunakan Tips Tepat Dalam Memilihnya

Model Jas Hujan, Gunakan Tips Tepat Dalam Memilihnya
Ilustrasi model jas hujan. Foto : istimewa

Model jas hujan cukup beragam dan terbuat dari material yang berbeda-beda. Maka dari itu, anda wajib memilih jas hujan yang tepat bagi pengendara sepeda motor.

Hal ini bertujuan agar berkendara tetap aman dan nyaman. Musim hujan menjadi momok bagi pengendara sepeda motor. Namun, musim ini memang tidak bisa dihindari.

Bahkan jika sudah masuk musim hujan, tidak bisa memprediksi kapan tiba dengan curah hujan yang lebat atau sedang. Hal ini membuat semua pengendara sepeda motor harus bisa mengambil keputusan yang tepat dalam memilih jas hujan.

Baca Juga : Fungsi Pinlock pada Helm, Mengatasi Timbulnya Embun Saat Hujan

Agar bisa beraktivitas seperti biasa, tentunya perlu memilih yang pas dan aman. Jika salah pilih, justru jas hujan bisa mengancam keselamatan.

Fungsi dari jas hujan itu sendiri memiliki peranan yang cukup penting. Mengenakannya membuat pengendara tidak basah ketika berkendara di jalan.

Selain itu, tidak hanya pengendara saja, namun barang bawaan pun bisa aman dan tidak basah. Sayangnya, semakin banyak kebutuhan jas hujan, semakin banyak juga beredar model dan desainnya.

Tidak semua jenis jas hujan bisa berfungsi dengan baik. Maka dari itu, anda perlu memilih yang cocok untuk menemani aktivitas saat berkendara. Keberadaan sepeda motor pun semakin banyak.

Hal ini bisa membantu pemiliknya untuk lebih cepat beraktivitas. Sehingga ketika anda bepergian saat musim hujan, barang tersebut memiliki peranan yang cukup penting.

Tips Memilih Model Jas Hujan untuk Pengendara Motor

Selama musim hujan, pengendara sepeda motor tentu tidak akan bisa berhenti dari aktivitas. Bagi pemilik kendaraan roda empat, tentu bukan menjadi masalah.

Akan tetapi, bagi pengendara sepeda motor menjadi hal yang perlu dipersiapkan. Agar tetap bisa beraktivitas, jas hujan menjadi perlengkapan penting.

Saat ini anda tidak perlu bingung memperoleh perlengkapan tersebut. Sebab, sudah banyak tempat yang menjualnya. Ketika musim penghujan sudah mulai datang perlengkapan ini sudah banyak dijual.

Karena alasan inilah terkadang membuat seseorang merasa bingung. Bahkan mungkin sebagian besar orang asal membeli tanpa tahu mana yang tepat atau tidak.

Bagi pengendara sepeda motor sebaiknya gunakan tips memilih model jas hujan yang tepat untuk berkendara sehari-hari. Berikut ini ada tips yang bisa anda gunakan saat membelinya, meliputi:

Hindari Produk Plastik

Tips pertama saat anda ingin memilih berbagai model jas hujan yang sesuai yaitu menghindari material plastik. Sebaiknya jangan gunakan bahan plastik jika tidak terburu-buru.

Anda harus lebih berhati-hati ketika berkendara dengan jas hujan plastik. Model yang satu ini memang terjangkau. Namun, tidak memberikan proteksi maksimal terhadap tubuh.

Karena teksturnya yang tipis jika digunakan saat berkendara dalam kecepatan tinggi, membahayakan pengendara dan orang lain.

Bahan

Sebaiknya memilih jas hujan harus dengan hati-hati. Anda perlu memperhatikan bahannya. Selain menghindari bahan plastik, anda bisa memilih material PVC, semi karet/karet, dan parasut.

Baca Juga : Merawat Helm Doff, Cukup Rumit Berbeda dengan Tipe Lainnya

Jika dibandingkan dari berbagai material pembuatannya, anda bisa memilih salah satu yang berkualitas dan bisa memberikan kenyamanan.

Pilih material pembuatan yang bisa membuat anda nyaman saat berkendara. Jika tidak hati-hati saat memilihnya, tentu membuat pengendara harus ekstra waspada.

Warna

Selain memilih model jas hujan yang fashionable, anda juga bisa memilih dari segi warnanya. Sebaiknya pilih warna yang cerah. Misalnya hijau, kuning, dan orange.

Hal ini bertujuan agar membuat pengendara sepeda motor lebih terlihat. Apalagi jika anda berkendara saat hujan dan malam hari. Warna yang terang dapat lebih membantu.

Ukuran

Cara terakhir yang bisa anda lakukan ketika memilih jas hujan yaitu ukuran. Sama seperti halnya busana, anda tentu memikirkan mana yang pas dan sesuai.

Begitu juga dengan jas hujan. Anda bisa memilih ukuran pas dengan badan. Dengan ukuran yang pas, membuat pengendara merasa nyaman dan aman.

Jika ukurannya terlalu besar atau sempit, akan mengganggu aktivitas berkendara. Bahkan tidak sedikit seseorang yang tidak memilih dengan tepat dan kecelakaan.

Karena fungsinya yang penting maka anda harus bisa memilih mana yang sesuai atau tidak. Sebab model jas hujan saat ini cukup beragam. Dengan memilih yang sesuai, aktivitas pun bisa berjalan dengan baik. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Bahaya Semir Ban, Adanya Bahan Kimia Membuat Komponen Tidak Awet