Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha Beserta Keutamaannya

Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha Beserta Keutamaanya
Ilustrasi Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha. Foto Istimewa

Niat dan tata cara sholat Dhuha perlu dipelajari untuk menjalankan ibadah sholat yang dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan. Sudah banyak sekali hadits yang menjelaskan mengenai keutamaan sholat tersebut.

Seperti yang At Tirmidzi serta Ibnu Majah menjelaskan “Barang siapa yang membiasakan (menjaga) sholat Dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebaik buih yang ada lautan”.

Mengingat pentingnya keutamaan yang sholat Dhuha bawa, membuat muslim harus mempelajarinya. Adapun tata cara menjalankan sholat ini sama saja dengan sholat sunah pada umumnya.

Mulai dengan dua rakaat satu salam. Namun dalam setiap sholat sunah yang membedakan ada pada niat, doa, dan waktu pengerjaannya.

Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha

Sebagai seorang muslim harus paham jika sholat Dhuha paling sedikit untuk pengerjaannya sebanyak 2 rakat, namun sebagian ulama lainnya tidak membatasi berapapun rakaatnya. Namun sebagian lagi ada yang mengatakan jika sholat ini 12 rakaat atau lebih sampai batas waktu sholat Dhuha selesai.

Niat

Niat dan tata cara sholat Dhuha adalah dengan membaca niat sholat sebelum takbiratul ihram. Ini adalah sunah. Adapun fungsi dari niat ini untuk memberikan peringatan kepada hati mengenai keinginan dan kekhusyu’an beribadah. Bacaan niat dan tata cara sholat Dhuha seperti berikut.

Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat

Untuk memulai sholat Dhuha, maka pertama kali harus membaca niat untuk sholat Dhuha yang anda lakukan sebelum takbiratul ihram.

Lalu lanjutkan dengan membaca doa iftitah dan Al-Fatihah. Nah, setelah itu, membaca surat Ad-Dhuha yang selanjutnya rukuk, itidal, sujud, dan duduk antara dua sujud.

Kemudian berdiri untuk melanjutkan rakaat yang kedua yang membaca Al-Fatihah dan surat As-syam, rukuk, itidal, sujud, duduk antara dua sujud, tasyahud akhir, salam, dan membaca doa sholat Dhuha. Inilah tata cara sholat Dhuha 2 rakaat yang bisa anda praktekkan. Inilah niat dan tata cara sholat Dhuha dengan 2 rakaat.

Bacaan Sholat Dhuha

Pada umumnya, tidak ada doa khusus untuk sholat Dhuha yang Rasulullah SAW ajarkan, namun ada satu doa yang sering orang panjatkan usai sholat Dhuha. Selain niat dan tata cara Dhuha, berikut ini doa yang bisa anda baca untuk Dhuha.

Doa yang anda panjatkan setelah sholat Dhuha bisa anda ketahui setelah memahami niat dan tata cara sholat Dhuha.

Hukum Sholat Dhuha

Bagi yang mengerjakan sholat Dhuha, hukumnya sunah muakad. Dalam hal ini, berarti sholat yang sangat Rasulullah SAW anjurkan untuk umatnya.

Sebab Rasulullah sendiri juga mengerjakan sholat Dhuha sehingga Rasulullah memberikan wasiat kepada umatnya mengenai mengerjakan sholat Dhuha.

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu jika Rasulullah memberikan tiga wasiat, yaitu puasa tiga hari untuk setiap bulan, sholat Dhuha, serta tidur usai mengerjakan sholat Witir. Sehingga sholat sunah ini sangat dianjurkan untuk orang muslim.

Syarat Sah Sholat

Pada umumnya, syarat sahnya sholat Dhuha sama saja dengan sholat pada umumnya, seperti suci dari hadats besar dan kecil, bersih tempat ibadah, berpakaian rapi, menutup aurat, serta mengetahui masuknya waktu sholat Dhuha. Lalu yang terakhir adalah menghadap kiblat.

Untuk menjalankan ibadah sholat Dhuha, tidak hanya wajib tahu niat dan tata cara sholat Dhuha saja, namun harus paham mengenai syarat sahnya sholat Dhuha.

Waktu Sholat Dhuha

Bagi seorang muslim, untuk mengerjakan sholat Dhuha harus tahu mengenai waktu menunaikan ibadah ini. Niat dan tata cara sholat Dhuha telah dibahas sebelumnya dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk menunaikan ibadah sholat Dhuha.

Hal ini juga menjadi syarat sahnya sholat. Untuk itu, harus tahu jika waktu sholat Dhuha mulai matahari terbit sampai condong ke arah barat. Waktu sholat ini terbagi menjadi dua bagian seperti berikut ini.

Awal

Waktu yang pertama adalah bagian awal 20 menit ketika matahari mulai terbit. Keterangan ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

Niat dan Tata Cara Sholat Dhuha

Akhir

Jika tadi awal waktu sholat Dhuha, maka akhir dari waktu sholat Dhuha adalah 15 menit sebelum masuk sholat Dhuhur. Namun waktu terbaik dalam mengerjakan sholat Dhuha adalah waktu akhir atau seperempat siang.

Hal ini sesuai dengan hadits yang menjelaskan jika waktu terbaik adalah semakin siang, artinya mendekati masa akhir dari sholat Dhuha. Waktu akhir ini adalah waktu terbaik untuk menjalankan ibadah sholat Dhuha, termasuk niat dan tata cara sholat Dhuha yang wajib anda ketahui.

Keutamaan Sholat Dhuha

Apabila seseorang menjalankan ibadah sholat Dhuha dengan ikhlas dan khusyu’, maka bisa mendapatkan banyak manfaat seperti mudah dalam menjalankan urusannya, baik urusan dunia maupun rezeki. Bukan hanya niat dan tata cara sholat Dhuha saja, keutamaan sholat pun harus anda ketahui untuk mendapatkan banyak manfaatnya.

Semakin mudahnya seseorang mencari rezeki, hal ini akan menjadi bukti keajaiban sholat Dhuha dengan ikhlas. Selain itu, dengan menunaikan ibadah sholat Dhuha bisa mendapat jodoh yang tepat. Artinya jika seseorang sedang mencari jodohnya, maka dengan sholat Dhuha, maka jodohnya ini akan semakin dekat.

Karena sholat Dhuha merupakan jam paling mustajab untuk memanjatkan doa. Ketika seseorang menjalankan ibadah ini, maka malaikat akan turun ke bumi guna menyaksikan sholat yang anda kerjakan.

Sehingga ketika berdoa mengenai jodoh yang tepat, maka kemungkinan akan terkabul sangat besar karena malaikat mendengar doa yang anda panjatkan.

Dengan sholat Dhuha juga membuat wajah lebih awet muda dan bersinar. Hal ini karena air wudhu yang membasahi kulit muka akan membuat wajah senantiasa lembab dan segar.

Niat dan tata cara sholat Dhuha memang menjadi bagian terpenting, namun keutamaan dari sholat Dhuha yang bisa membuat awet muda adalah bonus untuk yang menjalankan ibadah.

Lalu jika mengusap wajah dengan tepat, akan membuat wajah kencang dan tidak mudah kendur. Hal ini yang akan membuat wajah awet muda.

Manfaat Untuk Kesehatan Jantung dan Ginjal

Sedangkan untuk kesehatan, sholat Dhuha memiliki keutamaan menyehatkan jantung dan ginjal. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, maka bisa melakukan sholat Dhuha setiap hari.

Terutama jika anda mengerjakan sholat ketika waktu menjelang sholat Dhuhur. Hal ini adalah waktu yang tepat untuk mengurangi penyakit jantung dan ginjal.

Menarik bukan keutamaan yang bisa anda ambil dari menjalankan ibadah sholat Dhuha selain harus tahu niat dan tata cara sholat Dhuha?

Mengapa demikian? Karena kondisi bumi yang semakin panas pada siang hari bisa mempengaruhi kondisi hati serta sistem pencernaan seseorang. Sehingga keutamaan ini bisa anda dapatkan dengan menjalankan ibadah setiap hari.

Melancarkan peredaran darah lantaran udara segar dan bebas polusi. Selain itu, dengan menggerakkan otot tubuh lebih sering akan membuat otot lemas dan peredaran darah menjadi lancar sehingga tubuh bugar dan sehat.

Hal terpenting dalam menjalankan ibadah sholat Dhuha adalah mampu menggugurkan dosa. Hal ini sudah dijelaskan sebelumnya jika seseorang rajin mengerjakan sholat Dhuha dengan keikhlasan, maka sebanyak apapun dosanya akan terampuni. Niat dan tata cara sholat Dhuha bisa anda praktekkan dengan baik. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid