NIK di eform.bri.co.id Tidak Terdaftar, Apakah BLT UMKM Bisa Cair?

NIK di eform.bri.co.id tidak terdaftar, apakah BLT UMKM bisa tetap cair? Foto: Net/Ist.
NIK di eform.bri.co.id tidak terdaftar, apakah BLT UMKM bisa tetap cair? Foto: Net/Ist.

Berita Nasional (harapanrakyat.com),- NIK di eform.bri.co.id tidak terdaftar, apakah BLT UMKM bisa tetap cair? Pertanyaan seperti itu kerap terdengar dari sejumlah pelaku UMKM yang telah mendaftar. Namun, ketika mengecek ke laman tersebut NIK miliknya tidak terdaftar.

Pelaku UMKM yang telah mendaftar sebagai penerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta, sekarang bisa langsung mengecek sendiri kepesertaannya melalui eform.bri.co.id/bpum.

NIK di eform.bri.co.id tidak terdaftar. Bagi yang sudah memenuhi persyaratan, seperti punya NIK (Nomor Induk Kependudukan), serta usaha mikro, bisa mendaftar melalui instansi yang membidangi koperasi dan UKM kabupaten/kota masing-masing. Atau melalui koperasi sesuai yang sudah pemerintah tentukan.

Kemudian, pendaftar cukup masukan NIK berdasarkan yang tercantum pada KTP. Hal ini untuk mengeceknya masuk tidaknya sebagai penerima dana BLT UMKM.

Baca Juga : Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Masih Dibuka, Ini Syaratnya

Ketika melakukan pengecekan melalui eform.bri.co.id/bpum secara online, pendaftar tinggal masukkan Nomor Induk Kependudukan.

Namun, sejumlah peserta yang telah mendaftar masih ada yang mendapati kalau NIK mereka ternyata tidak terdaftar menjadi penerima dana BLT UMKM Rp2,4 juta.

Ketika mengecek NIK-nya melalui eform.bri.co.id malah muncul keterangan bahwa nomor e-KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.

Bahkan, ada pula pendaftar yang telah menerima notofikasi SMS dari Info BRI sebagai penerima, akan tetapi saat mengeceknya secara online muncul keterangan NIK tidak terdaftar.

NIK di eform.bri.co.id Tidak Terdaftar

Ini Penjelasan Pihak Bank

Baca Juga : BLT UMKM Rp2,4 Juta Diperpanjang hingga 2021, Buruan Daftar!

Apakah masih ada peluang untuk mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta bagi pelaku UKM yang telah mendaftar dan memenuhi persyaratan, tetapi NIK-nya masih juga tidak terdaftar?

Pihak bank menjelaskan bahwa, BRI sebagai bank penyalur akan memprosesnya selama pengusul telah mengusulkan yang bersangkutan. Serta, Kemenkop RI telah menetapkannya dalam SK penerima.

NIK di eform.bri.co.id tidak terdaftar. Adapun untuk tindak lanjutnya sampai dengan waktu pencairan, BRI sebagai bank penyalur hanya akan memproses data yang sumbernya dari Kemenkop RI.

Jadi, bank penyalur tidak punya kewenangan untuk mendaftarkan NIK yang memang tidak terdaftar menjadi penerima dana BLT UMKM.

Mekanisme Pendafaran Calon Penerima BLT UMKM

Pendaftaran calon penerima dana BLT UMKM Rp2,4 juta dari program Bantuan Presiden (Banpres) harus sesuai dengan mekanisme yang telah pemerintah tentukan.

Mekanismenya adalah, pengusul yang mengusulkan calon penerima BLT UMKM meliputi instansi pemerintah yang membidang UKM dan Koperasi.

Baca Juga : Jadwal Pencairan BLT UMKM Rp2,4 Sudah Rilis, Cek di Sini!

Kemudian, koperasi yang sudah mendapatkan pengesahan sebagai badan hukum, lembaga atau kementerian. Atau pihak perbankan serta perusahaan pembiayaan yang telah terdaftar OJK.

Masih ada NIK di eform.bri.co.id tidak terdaftar. Dalam proses pengusulannya, calon penerima Banpres UMKM/BPUM harus memastikan kalau ia sudah memenuhi semua persyaratan.

Dalam hal ini calon penerima BLT UMKM telah melengkapi datanya kepada pengusul, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Selanjutnya, nama lengkap beserta alamat tempat tinggal yang sesuai dengan KTP. Serta bidang usaha dan nomor telepon.

Itulah penjelasannya bagi pelaku UKM yang telah mendaftar dan mendapatkan SMS notifikasi, tapi tidak terdaftar sebagai penerima dalam eform BRI.

Sedangkan, bagi pelaku UKM yang belum mendaftarkan untuk mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta, masih ada waktu. Jadi, cepetan daftar! (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah