Pandemi Covid-19, Jabar International Marathon Digelar Secara Virtual

Virtual Jabar International Marathon
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi Tahun 2020-2021 Tingkat Provinsi Jabar di Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Foto: Istimewa

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pandemi Covid-19 tak menjadi halangan untuk menggelar sebuah even. Seperti Pemprov Jawa Barat yang tetap menggelar Jabar International Marathon (JIM). Namun kali ini pelaksanaannya secara virtual, dari 10 sampai 22 November. Kali ini lomba hanya kategori jarak 5 kilometer. Temanya adalah JIM Virtual Run 5K 2020.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan JIM kali ini merupakan yang ke tiga namun pelaksanaannya berbeda dari tahun sebelumnya,dengan cara virtual. Karena sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan untuk meminimalisir kerumunan saat pandemi.

“Secara virtual ini kita bareng melakukan marathon tapi berkeringat sama sejauh 5 kilometer,” ungkap Ridwan Kamil usai launching JIM Virtual Run 2020.

Dalam pelaksanaan Jabar International Marathon (JIM), pendaftaran gratis dan hanya mendaftarkan nomor kendaraan yang telah membayar pajak. Pendaftaran melalui situs resmi Pemprov Jabar mulai tanggal 4-14 November 2020.

Kegiatan JIM ini sebagai rangkaian dari HUT ke 75 serta HUT Gedung Sate ke 100 tahun. Ridwan Kamil akan memberikan hadiah  dan medali hasil desainnya.

Ridwan Kamil mengatakan dalam JIM ini, Pemprov Jabar pun akan mengkampanyekan taat membayar pajak kendaraan bermotor. Karena saat ini sedang mengejar pendapatan pajak kendaraan bermotor.

Ikut Jabar International Marathon, Daftar Pakai Nomor Kendaraan

Calon peserta bebas mendaftar untuk mengikuti JIM  Virtual ini. Namun cara mendaftarnya harus memakai nomor kendaraan bermotor. Tidak hanya kendaraan milik sendiri, tapi nomor kendaraan siapa pun bisa memakainya. Tapi kendaraan tersebut harus lunas bayar Pajak terlebih dulu.

“Program Triple Untung sampai akhir Desember 2020. Jadi bayar pajak bebas denda, bebas progresif untuk tunggakan, ada diskon pajak lainnya,” kata Ridwan Kamil.

Peserta Jabar International Marathon hanya 2.000 orang. Karena  pelaksanaan  JIM virtual ini merupakan percobaan. Berlari pada tempat masing-masing dalam waktu 10-22 November 2020, jadi bisa memilih waktu lari. Hasilnya kemudian disampaikan melalui website Pemprov Jabar.

“Semangatnya tetap produktif dengan berolahraga, keringat di tempat masing-masing.  Lari 5 kilometer sudah cukup untuk  cari keringat. Nanti peserta yang finish 5 kilometer akan kirimkan medali yang saya sudah desain dengan motif batik mega mendung, ” jelasnya.

Peserta Jabar International Marathon pun akan mendapatkan minuman ringan dengan menukarkan voucher dari saat mendaftar. Penukarannya bisa ke minimarket. “Mari tetap  aktif dengan berolahraga. Mari ikuti JIM virtual ini,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang