Pangandaran Diguyur Hujan Deras, Jalan Raya Parigi-Cigugur Tergenang Banjir

Jalan Raya Parigi Cigugur pangandaran Tergenang Banjir
Jalan raya Parigi-Cigugur atau tepatnya di Dusun Joho, Desa Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tergenang banjir, Rabu (11/11/2020). Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengakibatkan jalan raya Parigi-Cigugur atau tepatnya di Dusun Joho, Desa Parigi, tergenang banjir, Rabu (11/11/2020).

Salah seorang warga setempat, Ahmad mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak tadi pagi sekitar pukul 02.00 WIB, membuat Sungai Cijoho meluap. Sehingga luapan air dari sungai tersebut menggenangi jalan raya.

“Banjir di sini bukan kali pertama, namun tiap tahun jalan selalu tergenang banjir,” ucapnya kepada HR Online.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mengakibatkan daerah tersebut menjadi langganan banjir. Seperti luapan Sungai Cijoho yang masuk ke area persawahan yang kemudian masuk ke jalan raya. Kemudian karena saluran pembuangan air dari perkampungan.

“Saluran pembuangan air dari sini ke sungai juga terlalu kecil,” ucapnya.

Selain kecil, lanjutnya, saluran air tersebut sudah sangat dangkal, karena belum pernah ada pengerukan.

“Kalau saluran airnya lebar dan ada perawatannya baik, sepertinya banjir akan berkurang. Dan jalan pun tidak akan langganan tergenang banjir,” paparnya.

Ahmad mengungkapkan, musim hujan tahun ini saja sudah 2 kali mengalami banjir. “Dan apabila tidak ada upaya pengerukan atau pelebaran saluran air, kemungkinan akan selalu terjadi seperti ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan, banjir tersebut bukan hanya menggenangi jalan, namun juga merendam hektaran sawah yang berada di sebelah kanan dan kiri jalan.

“Petani bisa rugi. Baru saja menanam padi tapi beberapa hari sudah kebanjiran. Jadi saya harap ada pelebaran saluran air, agar kejadian seperti ini bisa sedikit berkurang,” pungkasnya. (Enceng/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto