Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TasikmalayaPekerja Proyek Gorong-gorong di Tasikmalaya Tewas Tertimbun Longsor

Pekerja Proyek Gorong-gorong di Tasikmalaya Tewas Tertimbun Longsor

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Seorang pekerja proyek gorong-gorong di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat tewas tertimbun longsor. Sebelumnya, empat orang pekerja yang tengah mengerjakan proyek gorong-gorong di Kampung Pondok Grogol, Desa Parung, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Tasikmalaya, tertimpa longsor. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (5/11/2020) dini hari.

Dari keempat korban longsor tersebut, tiga orang di antaranya lolos dari maut. Namun, salah seorang pekerja bernama Bubun (45) meninggal dunia di tempat kejadian.

Korban meninggal dunia tersebut merupakan warga Gunung Tanjung, Kabupaten Tasikmalaya.

Awal kejadian, korban hendak memasang box cover saluran air yang tengah dibangun. Tiba-tiba saja tanah galian longsor dan menimpa pekerja yang berada di bawah gorong-gorong.

Kabid Darurat Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Irwan, mengatakan, satu korban meninggal dunia tertimpa reruntuhan longsor. Korban diketahui tertimbun tanah yang digalinya saat sedang mengerjakan gorong-gorong.

“Tiga orang selamat, namun, ada satu orang yang meninggal dunia. Korban sudah dievakuasi,” ujar Irwan.

Selain itu, terdapat satu pekerja yang mengalami luka pada bagian wajah. Sementara dua orang lainnya selamat lantaran berlindung di box cover gorong-gorong yang sudah terpasang.

“Dua orang korban selamat karena berlindung dalam box cover. Masih ada udara yang membuat mereka akhirnya bisa terselamatkan saat proses evakuasi,” katanya.

Irwan menegaskan, peristiwa tersebut bukanlah bencana alam. Hal ini lantaran material tanah yang menimbun korban, adalah tanah yang digali sendiri oleh para pekerja.

“Longsornya bukan karena faktor alam. Ini murni kecelakaan kerja. Jadi bukan akibat bencana alam,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online)

Editor: Ndu