Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruPelembab Wajah Alami yang Terbaik dan Cara Membuatnya

Pelembab Wajah Alami yang Terbaik dan Cara Membuatnya

Pelembab wajah alami merupakan bahan yang kaya nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Memakai pelembab wajah dengan bahan-bahan semacam ini justru yang perlu Anda lakukan karena banyak produk kosmetik yang tak cocok.

Kebanyakan masalah wanita terkait dengan pelembab adalah kesalahan dalam memilihnya. Apalagi saat ini ada banyak sekali produk pelembab dengan berbagi bahan yang terdapat di pasaran.

Namun banyaknya produk pelembab membuat tak sedikit wanita yang salah memilih. Meskipun masing-masing produk mengklaim sebagai yang terbaik namun tidak melepaskannya dari timbulnya efek samping.

Baca juga: Kesalahan Cara Pemakaian dalam Menggunakan Pelembab Wajah

Selain dengan produk kosmetik yang ada sebenarnya ada alternatif yang bisa Anda gunakan, yaitu pelembab wajah alami. Pelembab dari bahan alami ini memiliki kandungan yang sesuai dengan jenis maupun kebutuhan kulit.

Selain faktor khasiat, aspek keamanan dari penggunaan produk kosmetik sangat penting. Saat memilih atau membeli produk pelembap sebaiknya Anda cermat memperhatikan kandungannya. Jika perlu coba sedikit untuk melihat reaksinya.

Rekomendasi Bahan Pelembab Wajah Alami

Jika Anda sering kecewa dengan produk pelembab yang ada cobalah menggunakan bahan alami. Selain mengandung banyak nutrisi, bahan alami juga lebih sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

Nah, berikut ini beberapa bahan pilihan pelembab wajah alami yang bisa Anda gunakan. Meskipun sedikit ribet, namun cara membuat pelembab wajah tidak akan menyita waktu Anda, termasuk untuk Anda yang sibuk.

Madu

Bahan alami ini terkenal sejak jaman kuno untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Bukan hanya rasanya yang manis, madu juga mengandung antioksidan, bersifat anti bakteri, vitamin, dan mineral yang berguna untuk kulit.

Madu juga efektif untuk melembapkan kulit, mencegah keriput maupun penuaan dini, dan ampuh mengatasi noda maupun iritasi pada wajah. Bahan alami ini juga berkhasiat untuk mencegah maupun mengatasi jerawat.

Untuk membuat pelembab wajah alami siapkan dua sendok makan madu asli. Siapkan mangkuk dan campurkan dengan 8 sendok air lalu aduk hingga membentuk pasta. Setelah itu tinggal gunakan pada wajah dan bilas setelah kering.

Mentimun

Buah sayuran ini juga cukup populer untuk perawatan wajah. Mentimun mengandung vitamin A dan E, magnesium, dan potasium yang sangat penting untuk kesehatan kulit wajah.

Mengaplikasikan bahan alami ini pada wajah juga berguna untuk melembapkan kulit yang kering, mencerahkan kulit, maupun melancarkan sirkulasi darah. Timun juga berkhasiat dalam mengatasi kulit yang keriput atau kering.

Untuk menggunakan pelembab wajah alami ini Anda tinggal iris tipis buah mentimun lalu tempelkan saja pada wajah. Anda juga bisa menghancurkannya dan tambahkan sedikit madu agar mengental lalu gunakan sebagai pelembab.

Minyak Zaitun

Satu lagi bahan alami yang efektif untuk melembapkan kulit wajah adalah minyak zaitun. Seperti halnya madu, herbal alami ini juga telah terkenal sejak jaman kuno sebagai bahan untuk perawatan kecantikan tubuh.

Hal ini karena minyak ini mengandung antioksidan dan fitokimia yang berkhasiat dalam mengembalikan kekencangan dan kehalusan kulit. Bahkan minyak buah zaitun ini berkhasiat dalam melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar ultra violet.

Untuk membuat pelembab wajah alami dari bahan ini tinggal Anda siapkan dan campurkan sesendok makan minyak zaitun dan sesendok makan yogurt lalu aduk hingga mengental. Kemudian balurkan ke wajah dan bilas setelah beberapa saat.

Alpukat

Buah yang satu ini juga berkhasiat untuk perawatan kulit wajah. Kandungan lemak baik dan nutrisinya akan berguna dalam mengembalikan kelembapan kulit. Buah ini juga efektif untuk lebih mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Namun bagian alpukat yang berkhasiat untuk pelembab wajah adalah bagian dalam dari kulit buah dan bukan pada daging buahnya. Untuk membuatnya, siapkan saja sebuah alpukat masak dan ambil dagingnya untuk Anda makan.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Sehari-hari untuk Kulit Sehat Alami

Sedangkan sisa daging buah yang menempel pada kulit bagian dalam langsung gosokkan pada wajah hingga merata. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Menggunakan buah ini akan membuat kulit menjadi lembap alami.

Itulah beberapa alternatif terbaik bahan pelembab wajah alami yang bisa Anda gunakan. Anda tak perlu membeli produk pelembab dari toko kosmetik jika hasilnya malah membuat wajah jadi iritasi atau gangguan karena tidak cocok. (R11/HR-Online)

Editor: Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru