Pemkab Ciamis Ikut Deklarasi Percepatan Pencapaian Program TPB

Program TPB
Wabup Ciamis Yana D Putra Ikut dalam deklarasi percepatan pencapaian Program TPB atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan secara virtual dari Setda Ciamis, Rabu (25/11/2020). Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis Ikut dalam deklarasi percepatan pencapaian Program TPB atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan secara virtual dari Setda Ciamis, Rabu (25/11/2020).

Deklarasi ini dari Program peningkatan kolaborasi Pemda dengan masyarakat sipul. Guna melokalkan dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Program kerja sama antara Bandung Trust advisory Group dengan Uni Eropa bersama 10 daerah dari 5 Provinsi Indonesia.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra berterimakasih karena Ciamis mendapat kepercayaan untuk deklarasi program TPB tersebut bersama 10 daerah lain. Yakni Cilacap, Kabupaten Grobogan, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Kabupaten Lombok Tengan.

“Terimakasih kami bisa ikut serta dalam deklarasi program ini. Semoga bermanfaat untuk pembangunan, terutama untuk Ciamis,” jelas Yana.

Yana menyebut dari hasil menelaah, ada 7 isu strategi agar Ciamis yang relevan dari program TPB. Antara lain, Penanganan kemiskinan, tenaga kerja dan penanganan  pengangguran. Peningkatan daya beli masyarakat dan Kualitas infrastruktur daerah.

Perwakilan Sekretariat SDGs Indonesia Nina Sardjunani menyatakan faktor berhasilnya pencapaian SDGs ykni menerapkan nilai SDGs pada tingkat daerah.

“Saat ini pemerintah daerah menjadi ujung tombak dalam pembangunan nasional. Sehingga pencapaian SDGs tergantung kemampuan daerah menerjemahkan program TPB,” ungkapnya.

Nina mengatakan pihaknya melibatkan 10 daerah, 30 organisasi masyarakat pada 10 daerah tersebut. 30 desa, 90 pendamping masyarakat, sebanyak 800 peserta dari perwakilan desa, ormas, media massa, jajaran OPD dan akademis. Program TPB ini berjalan selama 3 tahun dari 2020-2023. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang