Pencairan BST di Pamarican Ciamis Dikawal Gugus Covid-19 dan Aparat

Pencairan BST di Pamarican Ciamis Dikawal Gugus Covid-19 dan Aparat
Gugus Tuga Covid-19 dan aparat keamanan mengawal ketat pencairan BST di Kantor Pos Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (25/11/2020). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Petugas Gugus Covid-19 bersama kepolisian dari Polsek Pamarican serta Koramil, kawal pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 8. Adapun pencairan BST hari ini, Rabu (25/11/2020), dicairkan langsung di Kantor Pos Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pantauan HR Online, Gugus Tugas Covid-19 dan aparat mengawasinya dengan ketat dan tegas. Sehingga, antrean serta protokol kesehatan pun terlihat berjalan.

Tidak seperti sebelumnya, untuk kali ini antrean lenggang. Selain itu, warga yang akan mencairkan atau sebelum masuk ke kantor pos, terlebih dulu harus cuci tangan.

Pencairan BST di Pamarican Ciamis Sudah Terapkan Protokol Kesehatan

TKSK Pamarican, Ana Suryana mengatakan, pihaknya saat ini lebih memperketat pengawasan saat pencairan BST melalui kantor pos.

Sebab, Ana tidak ingin kembali terjadi kasus serupa, yang mengakibatkan terjadinya kerumunan serta pelanggaran protokol kesehatan.

Berita Terkait : Petugas dan Penerima BST di Pamarican Ciamis Langgar Prokes

“Alhamdulillah dengan ketatnya pengawasan ternyata penyaluran bisa berjalan dengan lancar,” katanya kepada HR Online.

Lebih lanjut Ana menuturkan, dalam mekanisme pencairan BST, TKSK hanya sebatas pengawasan penyaluran. Hal tersebut, supaya tidak ada data penerima yang terlewat.

“Jadi, kejadian kemarin menjadi cerminan bagi kami untuk kian memperketat pengawasan,” tuturnya.

Sedangkan dalam pencairan BST hari ini, pihaknya menargetkan pencairan akan selesai sesuai target waktu.

“Karena saat ini jam 09:00 saja sudah lebih dari 400 penerima yang telah mencairkan, dari target 770 penerima dari dua desa. Yaitu, Desa Sidamulih sebanyak 536 penerima , dan Desa Margajaya sebanyak 234,” imbuhnya.

Dalam kegiatan penyaluran BST tahap 8 ini, lanjut Ana, pihaknya juga berkoordinasi dengan muspika. Selain itu, meminta bantuan personel untuk menjaga, dan memberikan arahan kepada para penerima BST.

Berita Terkait : Pasca Langgar Prokes, Satgas Covid-19 Pamarican Ciamis Panggil Pihak Kantor Pos dan TKSK

“Selain itu, pemerintah desa juga memberitahu warga untuk selalu melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Ana berharap, tahapan pencairan BST berikutnya, pihak kantor pos bisa selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti pada pencairan hari ini. 

“Kedepannya kami akan terus ingatkan agar pihak-pihak terkait bisa selalu menjaga dan menjalankan prokes. Karena dengan kita tidak melanggar pun, ternyata proses penyaluran bisa lancar. Bahkan terbilang cepat,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto