Pengaturan Cuaca di HP Samsung, Berikut Cara Mudah Mengaturnya!

Pengaturan Cuaca di HP Samsung, Berikut Cara Mudah Mengaturnya!
Ilustrasi Pengaturan Cuaca di HP Samsung. Foto : Istimewa.

Pengaturan cuaca di HP Samsung dapat anda tampilkan serta anda ubah melalui pengaturan widget. Cara menampilkan informasi cuaca ini cukup mudah dan sederhana untuk anda lakukan.

Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan dengan mengoptimalkan smartphone dalam aktivitas sehari-hari. Salah satunya dengan menampilkan cuaca dari suatu lokasi maupun lokasi lain.

Pengguna HP Samsung juga dapat menikmati fitur cuaca ini dengan menampilkannya pada layar depan ponsel. Agar widget prakiraan cuaca ini dapat bekerja, maka anda harus memiliki koneksi internet yang akan secara otomatis melakukan update terbaru.

Menampilkan dan Mengubah Pengaturan Cuaca di HP Samsung

Setiap smartphone kini sudah terpasang aplikasi bawaan perkiraan cuaca. Aplikasi perkiraan cuaca ini dapat anda gunakan untuk membaca perkiraan cuaca pada setiap lokasi yang akan anda kunjungi.

Sama halnya dengan HP Samsung yang beberapa tahun terakhir menyertakan file widget cuaca. Yang mana dapat tampil pada layar beranda ponsel. Nama widget tersebut lebih tepatnya iklim dan secara otomatis akan tampil dengan memberikan informasi mengenai tanggal, iklim, dan suhu.

Baca Juga : Lupa PIN Mode Anak, Berikut Cara Mengatasinya pada Perangkat Android

Namun sayangnya, tidak memiliki pengaturan cuaca di HP Samsung yang muncul secara default pada layar depan, terutama ponsel lama. Jika anda mengalami hal yang serupa, tidak perlu khawatir lagi karena ada cara mudah untuk memunculkannya.

Cara Menampilkan Cuaca pada HP Samsung

Smartphone Samsung Galaxy, perusahaan telah membekalinya dengan fitur cuaca. Pengguna smartphone dapat mengaturnya sendiri melalui widget untuk tampil pada home screen.

Baca Juga : Ganti IMEI HP pada Android dengan Cara Root dan Tanpa Root

Widget cuaca ini akan mengambil data dari ACCUWeather yang dapat pengguna ponsel perbarui secara otomatis maupun manual. Sehingga pengguna dapat melihat cuaca secara real time, apakah cerah, berawan, atau hujan.

Penghitungan pengaturan cuaca di HP Samsung juga dapat anda atur dengan menggunakan Celcius maupun Fahrenheit. Untuk cara menambahkan widget cuaca ini pada layar depan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, tutup seluruh aplikasi yang sedang berjalan, barulah anda masuk ke tampilan layar utama 
  2. Pada proses ini pastikan ponsel anda telah terkoneksi dengan internet serta lokasi GPS yang aktif
  3. Setelah itu, tekan layar depan selama tiga detik hingga muncul pengaturan widget pada bawah layar
  4. Klik tombol “Widget” kemudian swipe atau geser dan cari menu “Weather” pada smartphone anda
  5. Bila anda telah menemukannya, tab dan tahan selama satu detik hingga widget cuaca tampil pada layar depan ponsel
  6. Selanjutnya tap “Add City” atau “Tambahkan Kota” dan sesuaikan dengan lokasi anda saat ini
  7. Tunggulah beberapa saat hingga proses Locating ini selesai
  8. Bila lokasi anda telah tampil pada layar, nantinya fitur cuaca juga akan tampil dalam widget tersebut

Anda bisa menyesuaikan ukuran widget pengaturan cuaca di HP Samsung dengan menarik ujung-ujungnya dan tempatkan pada posisi sesuai keinginan. Untuk informasi terbaru perkiraan cuaca, pastikan ponsel anda terhubung pada koneksi internet.

Cara Mengubah Pengaturan Cuaca dari Widget

Anda juga bisa mengubah pengaturan cuaca dari widget yang telah terinstal secara default pada smartphone Samsung. Untuk cara lebih lengkapnya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tekan “Widget Cuaca” pada layar depan, tab tiga titik kanan atas dan pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul
  2. Pada layar ponsel akan menampilkan pengaturan cuaca yang dapat anda atur informasi sesuai keinginan. Item yang dapat anda modifikasi adalah “Satuan” dan “Otomatis Pembaruan”
  3. Item unit akan memungkinkan anda mengatur suhu dalam derajat Celcius atau Fahrenheit
  4. Pembaruan otomatis pengaturan cuaca di HP Samsung akan memungkinkan anda untuk memilih jam sesuai dengan pembaruan cuaca. Item yang tersedia jangan pernah, setiap jam, setiap 3 jam, setiap 6 jam, setiap 12 jam, dan setiap 24 jam.

Cara Mengubah dan Menambahkan Lokasi

Cara ini dapat anda lakukan dengan fitur GPS yang ada pada smartphone. Jadi, pastikan GPS anda selalu aktif, maka informasi perkiraan cuaca pada setiap lokasi akan berubah. Untuk mengganti lokasi juga dapat anda lakukan dengan cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi cuaca pada ponsel anda
  2. Kemudian tap nama lokasi pada aplikasi tersebut
  3. Anda akan melihat kolom pencarian lokasi, kemudian carilah lokasi yang anda inginkan.
  4. Setelah itu, daftarkan kota pada aplikasi perkiraan cuaca tersebut

Itulah tutorial untuk menambahkan ataupun mengubah pengaturan cuaca di HP Samsung. Dengan menambahkan perkiraan cuaca ini, bisa melihat perkembangan cuaca dari suatu lokasi yang anda tinggali. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Widget Google Search Hilang, Simak Cara Mengembalikannya Berikut Ini!
Aegis Boost Pro