Penyebab Sering Cegukan, Bahayanya, dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Cegukan, Bahayanya, dan Cara Mengatasinya
Kenali penyebab sering cegukan dan cara mengatasinya. Foto: Ist/Net

Penyebab sering cegukan kerap tanpa bisa kita kenali dan datang tiba-tiba. Namun penyebab cegukan banyak orang mengaitkannya dengan pola makan. Namun di balik itu terdapat bahaya bagi kesehatan apabila sering cegukan, apalagi tidak mengetahui cara mengatasinya.

Cegukan memang sering terjadi pada anak-anak dan bayi, meski tak jarang orang dewasa yang juga mengalaminya. Namun anehnya, ada mitos yang sering mengaitkan tanda cegukan dengan hal-hal yang bersifat baik.

Seperti mitos yang mengatakan bahwa cegukan pada anak-anak merupakan tanda anak akan tumbuh tinggi. Ada juga mitos yang menyatakannya sebagai tanda akan jadi orang pintar atau akan menjadi orang penting.

Cegukan, menurut Wikipedia, merupakan kontraksi pada diafragma yang terjadi secara mendadak, tanpa sengaja, dan berlangsung berulang-ulang. Udara yang masuk ke dalam paru-paru secara tiba-tiba menyebabkan glottis atau ruang antara pita suara menjadi menutup.

Keadaan inilah yang memicu timbulnya suara hik pada penderita cegukan. Dalam dunia medis, cegukan terkenal dengan istilah singultus. Meskipun banyak faktor penyebab sering cegukan, namun kebanyakan cegukan akan sembuh dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat Tanpa Harus Minum Air Putih

Meskipun bisa sembuh sendiri namun kita sering mencari cara mengatasi cegukan untuk mempercepat kesembuhan gangguan ini. Ada banyak alternatif cara menghilangkah cegukan secara alami yang bisa Anda lakukan.

Penyebab Sering Cegukan

Cegukan merupakan gejala alami yang terjadi karena adanya kontraksi diagfragma. Hal ini akan membuat rangkaian rongga perut, rongga dada, maupun pita suara mengalami tekanan sehingga kita mengeluarkan suara khas.

Meskipun terkesan bersifat refleks, cegukan tidak mungkin tanpa pemicu. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Berikut ini beberapa faktor penyebab sering cegukan yang sebaiknya Anda tahu.

Makan Tergesa-gesa

Anak-anak yang akan sekolah atau bekerja sudah lumrah jika sarapan pagi saja harus melakukannya dengan bergegas dan tergesa-gesa. Kebiasaan semacam ini ternyata bisa memicu timbulnya cegukan.

Makan dengan terburu-buru bisa membuat adanya udara yang mengalir ke dalam saluran pencernaan. Ini akan mendorong diagfragma terkontraksi sehingga memicu cegukan. Pada kasus ini biasanya terasa sakit pada tenggorokan dan perut.

Makan Terlalu Banyak

Selain makan yang terburu-buru, makan dalam porsi yang besar juga bisa menjadi penyebab. Banyaknya makanan yang masuk akan membuat diafragma mengalami tekanan dan sempit. Akibatnya akan timbul cegukan.

Makanan Pedas

Masyarakat kita umumnya menyukai makanan yang pedas. Rasa pedas baik dari cabai atau lada juga bisa menjadi penyebab sering cegukan. Selain rasa pedasnya, kandungan bahan makanan ini ikut mempengaruhi terjadinya gangguan ini.

Minum Air Es

Saat makan tak sedikit orang yang memilih air dingin sebagai pendampingnya. Baik berupa air es, es teh, atau lainnya. Ternyata minum air es setelah makan juga bisa menjadi penyebab.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Gejala Masuk Angin serta Langkah Mencegahnya

Konsumsi air dingin akan menyebabkan pencernaan tidak bisa mencerna makanan secara optimal. Berbeda jika setelah makan kita minum air biasa atau yang hangat. Minuman dingin akan menyebabkan diafragma tidak dapat bekerja secara optimal.

Tubuh Kekurangan Cairan

Sering cegukan juga bisa terjadi pada orang yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Kondisi ini membuat sistem pencernaan terganggu atau tidak dapat bekerja secara optimal.

Tubuh yang kekurangan cairan juga bisa menyebabkan makanan yang masuk tidak dapat mengalir masuk ke dalam perut dan tercerna dengan baik. Hal inilah yang memicu terjadinya cegukan.

Kemasukan Banyak Udara

Penyebab sering cegukan lainnya juga bisa saat tubuh kemasukan banyak udara. Tak jarang cegukan terjadi setelah kita mengadakan perjalanan dengan kendaraan terbuka. Nongkrong malam alias begadang juga bisa menyebabkan tubuh kebanyakan udara.

Bumbu Masakan

Makanan yang menggunakan bumbu masak tertentu juga bisa memicu sering cegukan. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang alergi atau tidak tahan terhadap bahan kandungan dalam bumbu masak tersebut.

Bumbu masak termasuk bahan makanan yang cukup berbahaya untuk tubuh jika konsumsinya terlalu banyak. Selain ada bahan pengawetnya, bumbu masakan juga banyak yang mengandung zat kimia sehingga bisa menjadi pemicu cegukan.

Menghirup Asap

Selain karena banyaknya udara yang masuk ke dalam tubuh, asap yang pekat juga bisa menjadi penyebab sering cegukan. Asap seperti ini bisa berasal dari hasil pembakaran, asap rokok, ataupun asap kendaraan.

Asap pekat yang terhirup ke dalam tubuh akan menyebabkan oksigen dalam tubuh berkurang. Kondisi ini juga akan mempengaruhi diafragma sehingga bisa menimbulkan cegukan.

Saat Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera cari pohon atau lingkungan dengan udara yang bersih dan segar untuk mengambil nafas panjang. Ini penting untuk mencegah dampak yang lebih buruk.

Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang bisa merusak tubuh. Konsumsi yang terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab sering cegukan. Hal ini karena minuman ini akan membuat syaraf yang terhubung dengan diafragma mengalami iritasi.

Baca juga: Dada Panas? Awas Gejala Penyakit Asam Lambung atau GERD!

Gangguan ini akan memicu otot diafragma mengalami kejang sehingga memicu suara hik sebagai tanda cegukan. Menghindari atau menjauhi minuman beralkohol dapat menghindarkan tubuh dari gangguan syaraf dan kesehatan.

Minuman Soda atau Berkarbon

Konsumsi minuman soda atau yang berkarbonasi juga bisa menjadi pemicu cegukan. Hal ini karena minuman jenis ini mengandung karbon yang bisa membuat diafragma terkontraksi.

Naiknya Emosi

Penyebab sering cegukan juga bisa karena kondisi psikis. Seperti emosi yang meningkat karena sesuatu sebab akan mendorong diafragma mengalami kontraksi. Kondisi inilah yang bisa memicu terjadinya cegukan.

Karena itu saat kita sedang emosi sebaiknya masih dalam kontrol. Emosi tinggi yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tak sedikit penyakit yang mudah datang pada orang yang mudah marah dan emosi tinggi.

Bahaya Sering Cegukan

Cegukan merupakan gejala yang lumrah terjadi sebagai respon tubuh. Seperti halnya demam yang merupakan reaksi imunitas tubuh terhadap serangan kuman begitu pun dengan gejala cegukan.

Namun cegukan yang berlangsung lama ternyata tidak baik untuk tubuh. Selain memperlihatkan adanya penyakit dari penyebab sering cegukan yang berkepanjangan, juga bisa menyebabkan dampak yang bahaya, seperti:

  • Terjadinya ketegangan otot
  • Mengalami insomnia
  • Sistem metabolisme akan terganggu
  • Gangguan pernafasan
  • Menyebabkan terjadinya esofagitis
  • Gangguan pada detak jantung
  • Menyebabkan kerusakan saraf

Jika Anda merasakan atau mengalami sering cegukan dan berkepanjangan, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Bisa jadi ada penyakit lain yang menjadi penyebab yang perlu kita waspadai.

Cara Mengatasi Sering Cegukan

Setelah mengetahui penyebab sering cegukan beserta potensi bahayanya, Anda bisa melakukan sejumlah langkah darurat untuk mengatasinya. Langkah ini terutama untuk mempengaruhi diafragma sebagai pemicu cegukan.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi cegukan yang bisa Anda lakukan. Ini merupakan cara masyarakat tradisional menghilangkan cegukan yang cukup mengganggu. Anda bisa mencoba salah satu cara terlebih dahulu.

  1. Jika belum berhasil juga dan cegukan belum hilang Anda bisa mencoba cara lainnya dan seterusnya. Yuk langsung saja praktikkan beberapa cara menghilangkan cegukan berikut ini.
  2. Anda bisa memulainya dengan posisi telungkup. Setelah diamkan beberapa saat. Ini berguna untuk menekan dada ke bagian lantai.
  3. Anda juga bisa melakukannya dengan berbaring atau duduk di lanta atau kasur. Setelah itu tarik kedua lutut sehingga lutut menyentuh dada dan diamkan sebentar.
  4. Alternatif lainnya cara mengatasi cegukan adalah dengan menutupkan kantong yang terbuat dari kertas ke mulut dan hidung. Bernafaslah beberapa kali hingga cegukan terasa hilang.
  5. Cara lainnya Anda juga bisa mencoba dengan menahan nafas beberapa saat sekuat tenaga Anda. Ulangi hal ini beberapa kali hingga cegukan hilang.
  6. Anda juga mengecap atau menjilat sedikit saja cuka pada lidah. Ini berguna untuk merangsang rasa asam.
  7. Alternatif lainnya selain cuka adalah dengan menggunakan jeruk lemon. Cobalah gigit buah lemon yang telah Anda belah lalu telan airnya.
  8. Anda juga bisa mencoba cara lainnya, yaitu dengan menelan atau mengunyah sedikit gula pasir lalu menelannya.
  9. Jika masih belum berhasil juga menghilangkan cegukan Anda bisa mencobanya dengan minum air dingin secara perlahan. Langkah ini akan memberikan pengaruh dingin pada tenggorokan untuk melemaskan otot diafragma.

Itulah alternatif beberapa cara mengatasi cegukan yang bisa Anda lakukan. Cara ini terutama untuk pemicu cegukan biasa atau bukan karena bahaya suatu penyakit. Namun untuk penyebab sering cegukan karena penyakit sebaiknya periksakan ke dokter. (R11/HR-Online)

Editor: Eva Latifah