Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi Cukup Beragam

Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi Cukup Beragam

Penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi perlu anda ketahui agar bisa mengatasinya. Karburator merupakan komponen penting pada kendaraan.

Komponen tersebut adalah sebuah alat yang bertugas untuk mencampur bahan bakar dengan udara untuk sebuah mesin pembakar bagian dalam. Dimana komponen yang satu ini bisa anda temukan pada mobil tua atau dalam mesin kecil.

Komponen ini bisa anda temui pada mobil produksi tahun 80-an. Cara kerja karburator itu sendiri pun bisa mempengaruhi kinerja mesin.

Baca Juga: Tanda-Tanda Karburator Vakum Rusak, Periksa Tanpa Membongkar

Ketika mobil nyala, maka piston silinder akan menghisap sehingga muncul udara dari luar yang masuk pada karburator. Sehingga bahan bakar pada ruang pelampung ikut terhisap melalui spuyer kecil.

Bahan bakar tersebut muncul berbentuk asap dan kabut. Sehingga gas tersebut akan masuk menuju ruang bahan bakar untuk dibakar.

Namun, setiap komponen kendaraan tidak luput dari masalah kerusakan. Misalnya saja pada karburator mobil. Sering terjadi masalah setelan angin yang tidak berfungsi.

Penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi cukup beragam. Jika hal ini sampai terjadi, tentunya akan berpengaruh pada performa mesin kendaraan itu sendiri.

Ketika masalah ini terjadi, sebaiknya segera atasi. Sebab, jika tidak, bisa menyebabkan banyak hal pada mesin. Ketahui secara baik dan benar apa penyebabnya.

Setelah itu, barulah anda bisa mengatasinya dengan tepat. Hal ini perlu anda lakukan pada semua komponen pada kendaraan.

Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

Setiap kendaraan memiliki banyak komponen dengan fungsi yang tidak sama. Jika salah satu komponen mengalami masalah, tentunya akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya berikan pengecekan dan perawatan pada semua komponen kendaraan. Salah satu komponen penting tersebut yaitu karburator.

Komponen ini termasuk dalam bagian penting mesin kendaraan. Fungsinya yang cukup penting membuatnya harus selalu terawat dan dalam keadaan baik-baik saja.

Baca Juga: Sistem Karburator Mobil dan Fungsi Komponen Pelengkapnya

Jika timbul masalah pada komponen tersebut, performa mesin akan menurun. Jika setelan angin karburator tidak berfungsi, maka performa mesin pun tidak maksimal.

Penyebabnya pun bervariasi. Saat mobil mengalami hal ini, bisa-bisa kendaraan mogok di jalan. Agar terhindar dari masalah ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab masalah pada karburator? Berikut ini ada beberapa ulasan tentang berbagai penyebab yang bisa timbul, antara lain:

Sil Karet Sekrup Angin Rusak

Penyebab pertama yang sering terjadi yaitu akibat sil karet sekrup anginnya mengalami kerusakan. Sebaiknya ketika masalah ini terjadi, pertama coba cek bagian tersebut.

Jika komponen tersebut rusak, bisa berakibat setelan angin tidak berfungsi. Cek kondisi karet agar ketika mengalami kerusakan dan sudah waktunya ganti, anda segera mengatasinya.

Jika usia sil karet sudah cukup lama, tentunya longgar. Ketika komponen ini sudah tidak layak pakai, segera ganti dengan yang original. Selain itu, sesuaikan juga dengan kendaraan itu sendiri.

Manipol Aus

Penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi juga bisa karena manipol sudah aus. Agar komponen kendaraan bisa berfungsi maksimal, tentunya harus selalu dalam keadaan baik.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Keluar Biaya Sedikitpun

Jangan sampai ada kebocoran angin sedikitpun. Jika hal ini terjadi, karburator tidak dapat bekerja secara optimal. Karena inilah setelan angin menjadi tidak berfungsi.

Berikan pengecekan secara rutin, apakah manipol sudah aus. Jika benar adanya, anda bisa bawa ke tukang bubut. Namun, jika aus terjadi pada bagian mesin, anda perlu melakukan pembongkaran dan mengganti yang baru.

Peer Sekrup Kendur

Penyebab lain juga bisa karena peer sekrup yang kendur. Bagian peer sekrup cukup penting untuk membantu agar setelan angin bekerja maksimal.

Peer sekrup kendur juga bisa menjadi salah satu alasan tidak berfungsinya komponen ini. Saat peer tersebut tidak bisa anda kencangkan kembali, sebaiknya untuk menggantinya yang baru.

Hal ini agar dapat menunjang performa kendaraan bekerja secara maksimal. Lakukan pengecekan rutin pada setiap komponen kendaraan.

Begitu juga pada karburator yang berperan penting pada mesin mobil. Masalah yang sering timbul yaitu setelan anginnya yang tidak berfungsi.

Penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi bisa karena beragam masalah. Alangkah sebaiknya anda tahu penyebabnya agar bisa mengatasinya dengan tepat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -