Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPerawatan Rambut Rusak dengan Bahan Alami dan Cara Membuatnya

Perawatan Rambut Rusak dengan Bahan Alami dan Cara Membuatnya

Perawatan rambut rusak dengan cara menggunakan bahan alami bisa menjadi solusi yang efektif. Apalagi yang mengenal jenis dan karakter rambut adalah Anda sendiri. Sehingga Anda bisa membuat masker rambut yang tepat dan berkhasiat.

Perawatan dengan menggunakan masker rambut alami sangat baik untuk membuat rambut Anda tumbuh subur, lebat, dan sehat. Maskar yang terbuat dari bahan alami akan memberikan nutrisi yang menjadi kebutuhan akar rambut.

Alam telah memberikan semua yang menjadi kebutuhan manusia. Termasuk herbal yang penting untuk menutrisi rambut. Namun tak sedikit orang yang kurang menyukainya karena menganggap perawatan rambut rusak dengan bahan alami terlalu ribet.

Baca juga: Efektifkah Minyak Zaitun untuk Rambut Sehat? Ini Cara Menggunakannya

Melakukan perawatan rambut dengan menggunakan produk pabrikan yang Anda beli di toko sebenarnya cukup berisiko. Meskipun produk-produk itu mengaku menggunakan bahan-bahan alami, namun tentunya tetap ada bahan tambahan lainnya.

Seperti halnya berbagai produk makanan instan buatan pabrik, produk perawatan rambut juga tidak akan higienis untuk rambut. Selalu ada bahan tambahan kimia agar produknya tahan lama.

Cara Perawatan Rambut Rusak dengan Bahan Alami

Perawatan rambut yang baik adalah memberikan nutrisi sesuai jenis dan kebutuhan rambut Anda. Nah, berikut ini beberapa cara perawatan rambut rusak agar menjadi lebih lembut dan sehat alami.

Perawatan untuk Rambut Kering

Untuk Anda yang memiliki jenis rambut kering, Anda membutuhkan bahan-bahan alami yang bisa memberikan nutrisi yang cukup. Jenis rambut kering membutuhkan kelembapan yang cukup agar tidak mudah patah.

Ada beberapa bahan alami yang mengandung nutrisi yang menjadi kebutuhan jenis rambut ini. Antara lain buah pisang, madu, jojoba, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Bahan-bahan ini sangat baik untuk jenis rambut seperti ini.

Untuk langkahnya siapkan saja buah pisang sebanyak setengah potong, 2 sdm madu, 1 sdm minyak kelapa, 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm jojoba, 1/4 cangkir mayones, dan 200 ml air bersih.

Baca juga: Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering dan Rontok

Untuk cara perawatan rambut rusak adalah dengan menghaluskan semua bahan lalu mencampurkannya. Aduk sampai rata. Setelah itu tinggal gunakan masker ini dengan mengoleskannya pada rambut Anda.

Agar bahan alami merata pada rambut bisa menggunakan sikat yang lembut. Oleskan juga bahan masker ke kulit kepala sambil memijitnya dengan lembut agar nutrisi meresap ke akar rambut.

Perawatan untuk Rambut Rontok

Jika Anda memiliki jenis rambut yang mudah rontok, Anda membutuhkan bahan-bahan yang mengandung nutrisi untuk menguatkan akar rambut. Anda bisa menggunakan bagian putih telur dan minyak zaitun.

Untuk cara perawatan rambut rusak ini tinggal menyiapkan 1 buah telur ayam dan ambil bagian putihnya kemudian tambah satu sdt minyak zaitun. Masukkan kedua bahan dalam mangkuk kecil dan aduk hingga tercampur rata serta mengental.

Sebelum menerapkannya, sebaiknya bilas rambut terlebih dahulu lalu keringkan. Setelah itu oleskan masker putih telur pada rambut secara merata. Oleskan juga pada kulit kepala sambil dengan memijit ringan.

Selanjutnya diamkan sekitar setengah jam agar nutrisi meresap dengan sempurna. Setelah itu bilas dengan air bersih. Jika rambut ada bau amis bisa menggunakan shampo netral yang harus berbahan alami.

Perawatan untuk Rambut Tipis dan Jarang

Untuk Anda yang memiliki rambut yang tipis dan jarang, bisa menggunakan masker rambut yang kaya nutrisi. Salah satunya adalah daun lidah mertua. Bahan alami ini tak kalah khasiatnya dengan lidah buaya.

Baca juga: Ingin Agar Rambut Cepat Panjang? Gunakan Bahan Alami Ini!

Tahukah Anda jika cara perawatan rambut rusak dengan lidah mertua merupakan resep dari dalam keraton. Bahkan resep ini telah lama dan menjadi rahasia turun temurun yang masih terpelihara hingga sekarang.

Untuk menggunakannya Anda siapkan saja beberapa daun lidah mertua. Setelah itu tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air lalu aduk rata. Selanjutnya gosok dan oleskan pada rambut secara merata.

Oleskan juga bahan ini pada kulit kepala secara lembut. Diamkan 20 hingga 30 menit agar nutrisi meresap. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari agar rambut menjadi lebih tebal dan sehat.

Itulah beberapa pilihan cara perawatan rambut rusak dengan bahan alami sesuai dengan jenis dan kondisinya. Perawatan dengan menggunakan masker alami ini akan bisa mengatasi kerusakannya dan membuatnya menjadi lebih subur dan sehat. (R11/HR-Online)

Editor: Karwati Putu Latief

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img