Pohon Albasia Tumbang di Cintanagara Ciamis, 1 Rumah Warga Hancur

Pohon albasia tumbang di Cintanagara, Kabupaten Ciamis, satu rumah warga hancur. Foto: Edji Darsono/HR.
Pohon albasia tumbang di Cintanagara, Kabupaten Ciamis, satu rumah warga hancur. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Pohon albasia tumbang saat hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Desa Cintanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (24/11/2020). Pohon tersebut tumbang menimpa satu rumah warga hingga hancur.

Kepala Desa Cintanagara, Engkos, membenarkan adanya bencana yang menimpa salah seorang warganya. Ia menjelaskan, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pukul 11.30 WIB, mengakibatkan rumah milik Alan (35), warga RT. 06/13, Dusun Sukasari hancur tertimpa pohon albasia tumbang.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerusakan rumah milik Alan masuk dalam kategori rusak berat.

Baca Juga : Hujan Deras, Rumah Warga Pamarican Ciamis Dikepung Longso

“Warga tersebut mengalami kerugian sekitar 30 juta rupiah. Dengan adanya kejadian ini, pemerintah desa telah melaporkan ke tingkat kecamatan untuk ditindak lanjuti ke tingkat kabupaten. Kami berharap korban bisa segera mendapatkan bantuan untuk memperbaiki rumahnya,” terang Engkos, kepada HR Online.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jika hujan deras dan angin kencang kembali terjadi, maka setiap rumah yang berdekatan dengan pepohonan atau berada sekitar tebing harus lebih waspada.

“Lebih baik pindah atau mencari tempat yang sekiranya lebih aman. Apalagi kalau hujan deras terjadi pada malam hari, saya menghimbau agar mencari tempat yang aman,” pungkas Engkos. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Aegis Boost Pro