Polsus Lapas-Rutan Berlatih Kesamaptaan Beladiri Jasmani di Banjar

Polsus Lapas-Rutan Berlatih Beladiri dan Kesamaptaan di Banjar
Para peserta sedang mengikuti latihan kesamaptaan bela diri.

Berita Banjar (Harapan rakyat.com),-Puluhan Polisi Khusus (Polsus) Lapas dan Rutan se Priangan Timur berlatih beladiri teknik pemukulan borgol dan tongkat. Instruktur dalam latihan ini langsung dari Binmas Polda Jabar.

Pelatihan beladiri teknik pukulan tongkat dan borgol tersebut berlangsung di puncak bukit Lapas Kelas II B Banjar, Senin (9/11/20).

Kasi Korwas Polsus Polda Jabar Teguh Widodo mengatakan, pemberian pelatihan kesamaptaan beladiri jasmani, sebagai upaya peningkatan kemampuan petugas Kepolisian khusus (Polsus).

Praktek beladiri ini yakni teknik memborgol, penggunaan borgol sebagai alat pemukul, borgol sebagai alat penangkis dan dril beladiri tongkat. Semuanya terdiri dari 21 gerakan.

“Kemampuan Polsus harus selalu mengalami peningkatan melalui berlatih. Jangan hanya mempunyai alat tapi tidak bisa menggunakan,” kata Teguh.

Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, dan Keamanan Damari menambahkan, penyelenggaraan pengamanan dalam Lapas itu mencakup pencegahan, penindakan dan pemulihan.

Untuk mendukung itu, setiap petugas perlu meningkatkan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan. Salah satunya dalam bidang kesamaptaan beladiri jasmani.

“Jadikan pelatihan ini sebagai bekal dalam bertugas karena kita tidak tahu gangguan keamanan dan ketertiban bisa terjadi kapan saja,” ujar Damari.

Sementara itu, Kalapas II B Banjar Bawono Ika Sutomo mengatakan, peserta dalam kegiatan pembinaan polsus dari Polda Jabar ini sebanyak 54 polisi khusus lapas dan rutan wilayah Priangan Timur.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga sangat penting untuk membekali kemampuan petugas lapas saat menjalankan tugas menghadapi warga binaan.

“Kita harus manfaatkan Kesempatan ini dengan baik agar kemampuan Polsus semakin terasah. Keamanan Lapas pun akan semakin meningkat,” jelasnya. (Muhlisin/R9/HR-Online)

Editor: Dadang