Peringati HKN, Puskesmas Baregbeg Ciamis Bagikan Masker

Puskesmas Baregbeg Ciamis Bagikan Masker

Berita Ciamis, (HarapanRakyat.com),- Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Puskesmas Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, keliling desa dan perkampungan sambil melakukan sosialisasi penanganan covid-19.

Pada kesempatan yang sama, pihak Puskesmas juga membagikan sebanyak 2000 buah masker kepada masyarakat yang sedang melakukan aktifitas di luar rumah.

Kepala Puskesmas Baregbeg, Gurlia Bayurini, Apt,.MM, ketika ditemui HR Online, Jum’at, (13/11/2020), mengatakan, selain pelaksanaan HKN, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap kesehatan masyarakat Baregbeg.

“Petugas kesehatan dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu mereka bergerak dengan berkeliling desa. Tidak lupa, mereka juga mematuhi protokol kesehatan. Serta setiap warga yang didatangi kita ingatkan arti pentingnya menjaga kesehatan di masa pademi covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, kata Gurlia, dengan adanya warga yang terkonfirmasi positif covid-19, pihaknya tidak kendor supaya kebiasaan masyarakat memakai masker dan melaksanakan 3M bisa dilakukan terus-menerus.

Garlia menyebutkan, lima warga Baregbeg yang terpapar covid-19 sudah menjalani isolasi mandiri. Sekarang ada penambahan, sehingga jumlahnya menjadi 10 orang. Kenaikan jumlah tersebut membuat petugas tidak henti-henti terus mengajak warga memberlakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Ketika ada yang terpapar, maka kami langsung mengambil tindakan, melakukan tracking terhadap warga yang dianggap bersentuhan dengan yang positif. Tracking tersebut untuk mengetahui berapa orang turut terpapar,” jelasnya.

Menurut dia, protokol kesehatan kembali diperketat dan ditekankan kepada warga di lokasi lingkungan warga yang terpapar. Hal tersebut sebagai bentuk penanganan penyebaran covid-19.

Bahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan, desa, pengurus Posyandu, Polsek, Koramil dan Karang Taruna. Artinya mengajak bersama-sama dalam melakukan penanganan covid-19.

Mudah-mudahan apa yang dilakukan saat ini membuahkan hasil terbaik, sehingga kasus covid di wilayah Baregbeg tidak terus bertambah.

“Serta, warga sadar pentingnya menerapkan prokes dan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Dan itu bisa diterapkan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari,” katanya.

Kartun Apresiasi Upaya Puskesmas Baregbeg

Ketua Karang Taruna Kecamatan Baregbeg, Dadan, mengaku mendukung program Puskesmas Baregbeg melakukan penanganan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Sudah menjadi kewajiban kami membantu melakukan penanganan covid-19 di wilayah Baregbeg. Setiap pertemuan dengan pengurus, kami selalu mengingatkan untuk terus melakukan sosialisasi di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Dadan menambahkan, selain pengurus kecamatan, pihaknya juga mengajak kepada para pengurus karang taruna di sembilan desa, sehingga penanganan terus berlanjut tidak hanya dilakukan oleh petugas kesehatan saja.

“Mari bersama-sama jaga wilayah Baregbeg, supaya tidak terus ada penambahan jumlah kasus warga terpapar covid-19. Caranya taat terhadap aturan pemerintah, memakai masker ketika di luar rumah, bersihkan lingkungan sekitar rumah dan yang paling penting 3 M,” pungkasnya. (Es/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi