Ratusan Budayawan Pangandaran Gelar Ritual Budaya Ruwat Bumi

Ratusan Budayawan Pangandaran Gelar Ritual Budaya Ruwat Bumi
Kegiatan ritual budaya ruwat bumi di objek wisata Batu Hiu, Selasa (24/11/2020). Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Ratusan budayawan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menggelar ritual budaya ruwat bumi di objek wisata Batu Hiu, Selasa (24/11/2020).

Kegiatan tersebut mengambil tema meneguhkan Pangandaran midang pananjung yang aman, iman, adil sejahtera, gemah ripah repeh rapih loh jinawi tata tentram kerta raharja.

Salah seorang budayawan asal Langkaplancar, Anton Rahanto berharap ritual budaya ruwat bumi ini bisa mempererat tali silaturahmi antar budayawan yang ada di Kabupaten Pangandaran.

“Acara ini kita ramaikan pula dengan pagelaran wayang golek dengan menghadirkan dalang bah Rangga dari Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran,” ujar Anton.

Meski digelar pada masa tengah pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan minat para budayawan dan warga masyarakt untuk hadir pada acara ini.

“Saya minta kepada semua yang hadir untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak,” paparnya.

Lebih lanjut Anton mengatakan, ritual ruwat bumi ini juga sebagai bentuk rasa sukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan anugrah yang luar biasa dengan memberikan tanah yang subur, laut yang luas dengan hasil yang melimpah.

“Semoga dengan sukuran ini penghasilan bumi kita makin melimpah, sehingga masyarakat Kabupaten Pangandaran lebih makmur lagi,” pungkasnya. (Enceng/R8/HR Online)

Editor: Jujang