Satgas Covid-19: Kasus Covid-19 di Indonesia Turun

Covid-19 di Indonesia
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia, Letjen Doni Munardo. Foto: Istimewa

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo mengungkapkan terjadi penurunan kasus Covid-19 di Indonesia. Hal itu apabila dibandingkan dengan kasus Covid-19 di dunia yang saat ini mengalami peningkatan.

Selain itu, Indonesia juga mengalami penurunan persentase kasus aktif. Ini juga berbanding terbalik dengan persentase kasus aktif di dunia yang mengalami peningkatan.

“Ketika kasus di tanah air mengalami penurunan, kasus di sejumlah negara mengalami peningkatan,” ujar Doni, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga: Capai Standar WHO, Bupati Ciamis Apresiasi Satgas Covid-19

Menurut Doni, sejak 13 September 2020 rasio kasus aktif Covid-19 mengalami penurunan dari 25 persen menjadi 12,9 persen. Rasio ini berbanding terbalik dengan kasus aktif di dunia yang mengalami peningkatan, dari 24,85 persen menjadi 27,72 persen.

Hal serupa juga terjadi pada rasio kesembuhan di Indonesia yang mengalami peningkatan, dari 71 persen menjadi 83,8 persen. Berbeda dengan rasio kesembuhan di dunia yang mengalami penurunan, yakni dari 71,96 persen menjadi 69,84 persen.

Begitu juga dengan kasus aktif yang mengalami penurunan 7,07 persen dalam sebulan terakhir. Sementara angka kesembuhan meningkat 7,34 persen.

Angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia mengalami penuruanan o,25 persen. Penurunan ini, menurut Satgas Covid-19 terjadi secara konsisten.

Doni mengatakan, perkembangan kasus Covid-19 yang mengalami penurunan ini berkat kerja keras seluruh komponen masyarakat. Terutama para dokter dan tenaga kesehatan yang terus bekerja keras.

“Perlu kami ingatkan bahwa Covid-19 ini memiliki risiko yang besar. Karena itu satu-satunya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah mematuhi protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, dan cuci tangan pakai sabun. Ini merupakan cara paling ampuh membendung penularan Covid-19,” katanya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu