Satgas Covid-19 Pataruman Banjar Tak Segan Bubarkan Pesta Pernikahan Tanpa Prokes

Satgas Covid-19 Pataruman Banjar
Satgas Covid-19 Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat. Foto : Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Satgas Covid-19 Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, membentuk satgas pusat komunikasi, informasi dan edukasi, Sabtu (21/11/2020).

“Program kami bersama dengan penanggung jawab yaitu Camat Pataruman, untuk saat ini akan melakukan edukasi pada sektor satu,” ucap Danramil 1325  Mayor Inf. Agung Subekti.

Lebih lanjut Mayor Inf. Agung menambahkan, dengan terbentuknya tim satgas Covid-19 tingkat Kecamatan Pataruman ini, harapannya bisa menekan penyebaran virus Corona. Terutama meminimalisir penyebaran dan klaster baru melalui pesta pernikahan.

Pihaknya pun akan mengedukasi masyarakat melalui Kantor Urusan Agama (KUA), bahwa saat ini pernikahan tidak harus ramai atau harus selalu ada pesta.

“Jadi, cukup dengan syarat sah nikah dan penghulu saja,” tuturnya.

Selain itu, sambungnya, Satgas Covid-19 Kecamatan Pataruman juga akan memberi pemahaman bahwa dalam melaksanakan penanganan dan penegakan protokol kesehatan (prokes), tidak segan-segan akan membubarkan kerumunan massa.

“Apalagi pesta pernikahan tanpa mematuhi prokes, kemudian sudah diingatkan tapi masih tidak mengindahkan, maka satgas diberi kewenangan untuk membubarkan acara. Adapun pembubaran itu sesuai dengan UU yang berlaku, dan Instruksi Presiden tentang Covid-19,” terangnya.

Selain pesta pernikahan, Satgas Covid-19 Kecamatan Pataruman juga akan memberikan imbauan ke tempat keramaian lainnya yang melibatkan orang banyak. Seperti pasar atau tempat keramaian lain.

“Karena saat ini masih terjadi keramaian yang melibatkan orang banyak. Minimal setelah kami memberikan pemahaman dan imbauan, mereka bisa menerapkan standar prokes Covid-19 dengan benar,” ucapnya.

Satgas Covid-19 Kecamatan Pataruman Kota Banjar Rutin Operasi Yustisi

Danramil 1325  Mayor Inf. Agung Subekti menambahkan, pihaknya juga akan rutin melakukan giat operasi Yustisi.

Sedangkan dalam giat tersebut, nantinya masyarakat akan diberi edukasi dan tentang prokes dan #ingatpesanibu 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan, menjaga jarak aman.

Sehingga, edukasi yang Satgas Covid-19 berikan, akan  masyarakat patuhi dan pedomani tanpa terkecuali.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan masker dalam setiap giat Yustisi. “Apabila ada warga tidak bermasker, kita edukasi dan endingnya akan membagikan masker bagi warga yang tidak bawa masker,” pungkasnya. (HND/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto