Service Kompresor AC Mobil, Simak Tahapan Caranya Berikut Ini

Service Kompresor AC Mobil, Simak Tahapan Caranya Berikut Ini!
Ilustrasi Service Kompresor AC Mobil. Foto : Istimewa

Service kompresor AC mobil dapat anda lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk membawanya ke bengkel terdekat. Terlebih jika anda memiliki keterampilan dalam bidang otomotif, tentu akan lebih menghemat biaya.

Komponen otomotif yang rusak bisa menjadi salah satu masalah yang lebih sulit untuk anda diagnosis dan perbaiki. Jika AC mobil tidak mengeluarkan udara dingin, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah tanda-tanda bocor.

Baca Juga : Cara Kerja AC Mobil, Lengkap dengan Komponen dan Fungsinya

Selain itu, anda juga bisa memperhatikan kompresor AC yang tidak mau menyala. Sistem AC yang berfungsi dengan baik seharusnya dapat mendinginkan udara pada mobil anda setidaknya 40 derajat.

Jika anda memperhatikan kurangnya udara dingin yang keluar dari ventilasi dasbor, AC anda mungkin tidak berfungsi. Dalam sistem yang rusak, aliran udara dapat berfluktuasi dari panas ke dingin sebelum menjadi panas kembali.

Cara Service Kompresor AC Mobil

Kebisingan pada bagian bawah kap saat menghidupkan atau mematikan AC adalah gejala lain dari suatu masalah. Misalnya, seperti komponen yang berbunyi atau sabuk berdecit.

Meskipun anda masih bisa merasakan hembusan udara dingin, kebisingan ini dapat menandakan adanya masalah dengan kompresor AC. Mobil yang lebih tua mungkin juga bermasalah dengan kompresornya.

Semakin jauh jarak tempuh dari mobil anda tersebut, semakin banyak keausan yang komponen kompresor alami. Untuk cara bagaimana memperbaikinya, silakan simak cara service kompresor AC mobil berikut ini.

Melakukan Pengecekan Suara Kompresor

Sebelum anda memutuskan untuk mengganti kompresor tersebut, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Karena bisa ada kemungkinan masalah tersebut dapat anda tangani sendiri.

Jika kompresor mengalami kerusakan, biasanya akan mengeluarkan suara keras ketika anda nyalakan. Banyak orang mengenal hal ini dengan istilah yang namanya ngorok.

Apabila memang benar terdengar suara keras ketika anda nyalakan, itu merupakan masalah yang cukup serius. Oleh karena itu, anda harus segera melakukan langkah-langkah untuk service kompresor AC mobil agar masalah tidak meluas.

Cek Tekanan dan Kebocoran AC

Kemungkinan kompresor AC mengalami karat karena kemasukan zat-zat asing, seperti asap rokok, debu, dan remahan. Yang mana zat ini akan menjadi asam dan menyebabkan korosi pada dinding kompresor AC.

Anda juga bisa merasakan tekanan hembusan AC dari dalam kabin. Apabila tekanan tidak seperti biasanya atau tidak semestinya, itu bisa menjadi tanda kebocoran.

Baca Juga : Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh pada Transmisi Kendaraan

Sebelum menentukan langkah perbaikan, anda harus mengetahui masalah dari kompresor tersebut. Ketika mobil dalam keadaan idle, maka akan terasa kurang dingin, tetapi saat berjalan akan lebih dingin.

Tahap service kompresor AC mobil selanjutnya yaitu mengencangkan dan mengecek ada tidaknya kebocoran pada sambungan kompresor. Karena juga ada kemungkinan masalah kompresor AC tersebut disebabkan leher sambungan yang tidak erat.

Lakukan Pembersihan atau Flushing

Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan pembersihan kotoran pada kompresor AC, seperti asap menggumpal hingga sisa makanan. Melakukan flushing artinya anda menyedot isi kompresor dan nantinya mengisinya dengan oli serta freon baru yang lebih segar.

Baca Juga : Membersihkan Kabin Mobil, Cara Tepat untuk Terhindar dari Virus

Tetapi jika kompresor mengalami pengkaratan, anda bisa menyemprotkan zat anti karat pada bagian bearing bambu. Setelah itu, anda bisa amplas dengan memakai amplas jenis 100 yang memiliki tekstur halus.

Jika anda sudah memastikan bahwa karat telah benar-benar hilang, anda bisa memasukkan oli ke dalam kompresor. Intinya, anda harus memastikan bahwa kompresor dalam keadaan bersih.

Mengganti Komponen Kompresor

Jika terdengar suara keras dan kasar, mungkin saja karena mobil mengalami kebocoran oli. Anda perlu melakukan service kompresor AC mobil dengan melepas dan membongkar kompresor.

Apabila kompresor mengalami kekurangan oli, komponen yang ada bisa mengalami suatu gesekan kasar. Sehingga anda bisa mulai untuk mengganti komponen yang menyebabkan suara keras tersebut.

Mengganti Kompresor AC

Ini adalah tahap terakhir yang mungkin memang harus anda lakukan agar masalah segera teratasi. Sebelumnya, anda perlu mengecek pada bagian dinding silinder dan klep apakah mengalami aus atau tidak.

Apabila mengalami aus seperti kondisi piston, solusi satu-satunya adalah mengganti kompresor tersebut. Untuk penggantian memerlukan cara khusus dan menyerahkan kepada ahlinya adalah keputusan tepat.

Itulah berbagai cara yang bisa anda terapkan ketika ingin melakukan service kompresor AC mobil. Jika anda tidak paham mengenai hal yang berbau otomotif, sebaiknya serahkan kepada ahlinya agar masalah tidak memburuk. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor