Sinopsis Hacksaw Ridge, Film yang Berangkat dari Kisah Nyata

Sinopsis Hacksaw Ridge
Sinopsis Hacksaw Ridge. Foto Istimewa

Sinopsis Hacksaw Ridge merupakan sebuah cerita film peperangan dengan latar belakang Perang Dunia II. Kisah yang film ini angkat adalah kisah nyata dari seorang tenaga medis Amerika Serikat, Desmond T Doss.

Sutradara dari film Hacksaw Ridge adalah Mel Gibson dengan menghadirkan banyak sekali para pemeran film populer. Mereka adalah Andrew Garfield, Sam Worthington, Vince Vaughn, Luke Bracey, Teresa Palmer, Rachel Griffiths, serta Hugo Weaving.

Sinopsis Hacksaw Ridge

Kisah film mengikuti seorang calon tentara bagian medis Angkatan Darat Amerika Serikat, Desmond Doss (Andrew Garfield). Ia adalah satu-satunya calon tentara yang menolak untuk memegang senjata, apalagi untuk membunuh.

Ia memiliki niat untuk bergabung pada bagian kesehatan tentara karena tak perlu melakukan pertempuran seperti seorang tentara pada umumnya. Desmond juga memiliki pengalaman buruk yang berhubungan dengan pertengkaran yang hampir mengakibatkan kematian.

Ia bahkan, seorang pria dengan sifat yang sangat religius serta taat pada agamanya. Larangan membunuh sesama pun jelas terdapat dalam alkitabnya. Besar dari kalangan religius oleh seorang veteran tentara Amerika Serikat menjadikan hatinya begitu tulus.

Baca Juga: Sinopsis Film Detention, Kisah Sekolah Berubah ke Dunia Supranatural

Dalam sinopsis Hacksaw Ridge, pengalaman buruk saat perkelahian terus mengiang-ngiang di kepalanya. Sehingga menjadi alasan ia terus membaca alkitab, melakukan ibadah dengan tekun, dan mengucapkan sumpah untuk tidak menyakiti manusia lain selama hidupnya.

Masuk Penjara Mahkamah Militer

Dengan pendirian yang sangat kuat tersebut, menjadikan teman-teman Desmond Doss membencinya. Kemudian, ia pun mengalami penyiksaan serta pengaduan ke mahkamah militer dengan dakwaan pembangkangan.

Ia pun masuk ke dalam penjara dan nyaris keluar dari satuan. Lalu, ia selamat akibat bantuan dari ayahnya, Thomas Doss (Hugo Weaving).

Thomas membantu dengan meminta mantan atasannya yang kini menjadi jenderal penting pada satuan Angkatan Darat tersebut. Lalu, berkat sang ayah, Desmond Doss selamat dan ikut berperang sebagai tentara bagian medis.

Kembali Bertugas

Hingga pada tahun 1945 setelah perang Dunia II, Desmond Doss kembali bergabung dengan tentara Angkatan Darat dan bertugas ke Okinawa Jepang. Mereka menduduki sebuah wilayah Hacksaw Ridge, namun saat itu bukit tersebut sedang dalam kekuasaan militer Jepang.

Pada saat melakukan tugasnya, dalam sinopsis Hacksaw Ridge, Desmond menjadi tentara yang berhasil menarik simpati banyak orang dan mengakui atas ketulusan hatinya.

Dengan peperangan tanpa senjata, Desmod justru menjadi orang yang berperan penting dalam keberhasilan misi yang mereka laksanakan. Kemenangan tersebut menjadikan kekaisaran Jepang menyerah kepada tentara sekutu.

Lantas, bagaimana cara Desmond menyelamatkan teman-temannya dan juga nyawanya sendiri dalam peperangan senjata tersebut? Apa yang ia lakukan sampai peperangan tersebut dapat berhasil merebut wilayah yang menjadi target? Saksikan dalam sinopsis Hacksaw Ridge.

Baca Juga: Sinopsis John Wick: Chapter 2, Kembalinya Mantan Pembunuh Bayaran

Film Laga Peperangan Populer

Seperti yang telah disinggung di awal, kisah dalam film Hacksaw Ridge adalah sebuah kisah nyata karya Mel Gibson. Ia mengangkat kisah seorang tentara bagian medis yang terkenal karena ketulusan hatinya, ia adalah  Desmond T Doss.

Ia adalah seorang tentara tenaga medis saat terjadi Perang Okinawa Jepang. Desmond menolak membunuh orang lain dalam peperangan tersebut, bahkan musuhnya sekalipun.

Akan tetapi, berkat dari tindakan dalam sinopsis Hacksaw Ridge, Desmond Doss menjadi orang yang pertama kali dalam sejarah Amerika Serikat yang mengantongi Medal of Honor tanpa melepaskan satu peluru tembakan pun ketika perang terjadi.

Film ini merupakan film yang telah rilis pada November 2016. Film ini berhasil menggondol Piala Penghargaan Oscar sebagai Best Achievement in Film Editing, yaitu atas nama John Gilbert.

Lalu, Best Achievement in Sound Mixing atas nama Kevin O’Connell, Robert Mackenzie, Andy Wright, dan juga Peter Grace.

Selain dua penghargaan Oscar, film ini berhasil masuk ke dalam nominasi kategori penghargaan berbagai ajang Awards. Sebagai Best Motion Picture of the Year, Best Performance by an Actor in a Leading Role, dan juga Best Achievement in Sound Editing.

Pemeran Film

Sinopsis Hacksaw Ridge ini menghadirkan banyak pemeran film dengan kemampuan akting yang mumpuni seperti Andrew Garfield sebagai Desmond Doss, Richard Pyros sebagai Teach, dan Jacob Warner sebagai James Pinnick.

Selain itu, terdapat aktor Milo Gibson sebagai Lucky Ford, Hugo Weaving sebagai Thomas Doss, Rachel Griffiths sebagai Bertha Doss, serta masih banyak lagi. (R10/HR-Online)