Sinopsis Kung Fu Cult Master, Aksi Klasik Jet Li dalam Film Laga Kolosal

Sinopsis Kung Fu Cult Master
Sinopsis Kung Fu Cult Master. Foto Istimewa

Sinopsis Kung Fu Cult Master merupakan sebuah film Hongkong tahun 1993 yang berasal dari adaptasi sebuah novel karya Louis Cha, dengan judul The Heaven Sword and Dragon Sabre.

Kisah dalam film ini adalah karya sutradara Wong Jing dengan menampilkan koreografi tentang perkelahian yang menarik. Menghadirkan bintang film seperti Jet Li, Chingmy Yau, Sharla Cheung, serta Gigi Lai.

Sinopsis Kung Fu Cult Master

Kisah dalam Kung Fu Cult Master mengikuti Zhang Wuji serta kedua orang tuanya yang kembali dari sebuah pulau terpencil dengan melakukan perjalanan menuju Gunung Wudang.

Mereka akan melakukan perayaan ulang tahun ke-100 Zhang Sanfeng, sang kakek. Kemudian, beberapa seniman bela diri telah memaksa orang tua Zhang Wuji dalam mengungkap keberadaan sang ayah angkat, Xie Xun.

Akan tetapi, mereka menolaknya serta justru bunuh diri karena menentang. Lalu, Zhang Wuji pun terluka parah oleh para tetua Xuanming, bahkan hampir mati. Namun, Zhang Sanfeng menunjukkan rasa simpatinya secara khusus pada Zhang Wuji dan berusaha untuk tetap membuatnya hidup.

Baca Juga: Sinopsis True Mothers, Film Perwakilan Jepang dalam Oscar 2021

Akan tetapi, hal tersebut rupanya menjadikan sang senior, Song Qinshu cemburu. Song Qinshu bekerja sama dengan Zhou Zhiruo yang berasal dari sekte Emei untuk menyakiti Zhang Wuji.

Hingga pada suatu ketika dalam sinopsis Kung Fu Cult Master, Zhang Wuji mengalami intimidasi dari Song Qing Shu. Ia kemudian jatuh dari atas tebing bersama dengan Xiaozhao, gadis yang membantunya.

Zhang Selamat dan Belajar Ilmu Kung Fu

Selanjutnya, Keduanya secara kebetulan bertemu dengan Huogong Toutuo. Lalu, akhirnya Zhang Wuji sembuh dan mempelajari ‘Jurus Sembilan Yang’ dengan proses yang berat.

Zhang kemudian, menemukan jika Sekte Shaolin tengah merencanakan dengan lima sekte untuk menyerang Bright Peak, yakni markas besar dari Kultus Ming.

Kultus Ming merupakan tempat yang mana ibu Zhang yang bernama Yin Tianzheng berada. Lalu, Zhang berkelana menuju tempat yang terlarang dan ia menemukan ‘Pergeseran Besar Langit dan Bumi’ di puncak tersebut.

Akhirnya, ia pun belajar berbagai keterampilan dan menguasainya. Dengan hal itu, ia membantu Kultus Ming untuk mengalahkan enam sekte tersebut. Kemudian, Kultus Ming pun berterima kasih pada Zhang dan memintanya untuk menjadi pemimpin mereka.

Baca Juga: Sinopsis Pele: Birth of a Legend, Film Biografi Pemain Sepakbola Brazil

Lalu, Zhang Wuji menemukan jika konflik antara Kultus Ming serta enam sekte tersebut terpicu karena musuh bebuyutan dengan ayah angkatnya, Cheng Kun. Dalam sinopsis Kung Fu Cult Master, Cheng Kun adalah seseorang yang selama ini telah menyamar sebagai seorang biksu Shaolin.

Kemudian, pada saat yang sama Zhang Wuji bertemu dengan Zhao Min, putri Mongol yang merupakan seorang musuh. Zhao Min meracuni anggota sekte dengan menggunakan obat khusus.

Namun saat Zhang menuntutnya untuk memberikan penawar, Zhao Min meminta tiga hal untuk perjanjian terhadap obat penawar itu kepada Zhang.

Sementara itu, Yin Tian Zheng serta anggota sekte lainnya mengira jika sekte Shaolin yang berada dalam aksi peracunan tersebut. Mereka lalu pergi ke biara dalam rangka membalas dendam.

Akan tetapi, sinopsis Kung Fu Cult Master, hal mengejutkan mereka lihat pada tempat itu, yakni terdapat mayat-mayat yang tergeletak dimana-mana.

Keterlibatan Pemimpin Mongol

Ternyata, Song Qing Shu justru mengkhianati Sekte Wudang serta membelot pada pemerintahan Yuan Yang pada kepemimpinan Mongolia. Ia pun memiliki rencana bersama dengan Zhao Min serta anak buahnya membunuh Zhang Sanfeng.

Akan tetapi, Zhang Wuji kembali dalam waktu yang tepat serta menyelamatkan sang kakek. Zhang pun berjanji jika akan menggunakan kemampuannya untuk mengalahkan tetua Xuanming dengan jurus taijiquan.

Lalu, sinopsis Kung Fu Cult Master pun selesai pada saat Zhao Min pergi setelah ia memberitahu Zhang Wuji agar pergi ke Dadu untuk menemukannya. Hal tersebut sebagai syarat jika ingin menyelamatkan anggota enam sekte yang telah hilang.

Pemeran Film

Film dengan durasi 95 menit ini telah rilis pada 18 Desember 1993 dengan bahasa Mandarin dan juga Kanton. Berbagai pemeran karakter film dengan kualitas akting yang mumpuni pun hadir. Mereka adalah Jet Li sebagai Zhang Wuji, Sharla Cheung sebagai Zhao Min/Yin Susu, dan juga Gigi Lai sebagai Zhou Zhiruo.

Selanjutnya, terdapat Chingmy Yau sebagai Xiaozhao, Sammo Hung sebagai Zhang Sanfeng, Francis Ng sebagai Zhang Cuisan, Sun Meng Quan sebagai Miejue, serta masih banyak lagi pemeran film berkualitas untuk pemeran sinopsis Kung Fu Cult Master. (R10/HR-Online)