Sinopsis No Escape, Kisah Sebuah Keluarga yang Terjebak dalam Kudeta

Sinopsis No Escape
Sinopsis No Escape. Foto Istimewa

Sinopsis No Escape adalah sebuah kisah film action disaster garapan John Erick Dowdle. Kisah dalam film ini pun telah melibatkan penulis skenario ternama Drew Dowdle bersama sang sutradara.

Kemudian, film ini rilis pada 26 Agustus 2015 dengan menghadirkan durasi tayang sekitar 101 menit. Film ini berada dibawah naungan The Weinstein Company dengan menyajikan kisah seorang insinyur yang terjebak bersama dengan keluarganya, istri dan dua orang anak. Mereka terjebak dalam sebuah negara Asia Tenggara yang tengah terjadi pemberontakan.

Selanjutnya, Erick Dowdle berhasil membawa No Escape menjadi film yang masuk ke dalam jajaran box office Mojo dengan menghasilkan lebih dari USD 54 juta dolar.

Baca Juga: Sinopsis Film Beirut, Kembalinya Seorang Mantan Diplomat dalam Misi CIA

Kemudian dengan jumlah 27 juta dolar AS sendiri berasal dari tayangan internasional. Lalu, perolehan skor dari IMDb yaitu 6,8 dari 10 skor. Sementara itu, 47 persen dari Rotten Tomatoes dan 62 persen dari audiens.

Sinopsis No Escape

Kisah film berawal dari Jack Dwyer (Owen Wilson) warga kebangsaan Amerika dan merupakan pekerja yang baru saja masuk ke sebuah perusahaan yang baru. Lalu, ia memperoleh penempatan kerja di sebuah negara Asia Tenggara.

Dwyer kemudian membawa semua keluarganya, yaitu istri dan kedua anaknya untuk pindah ke negara yang masih cukup asing baginya tersebut.

Hal aneh pun Dwyer rasakan. Orang yang bertugas untuk menjemputnya tak kunjung datang. Lalu, ia pun akhirnya bertemu dengan seseorang yang menawarkan tumpangan menuju Imperial Letus Hotel bersama dengan kawannya, yakni Kenny Rogers (Sahajak Boonthankit).

Dalam sinopsis No Escape, hotel tersebut banyak sekali warga asing yang singgah. Namun, sesampai hotel, Dwyer menyadari jika jaringan internet dan juga telepon sedang tidak berfungsi. Lalu, ia berbincang dengan Hammond, dan mereka pun menjalin hubungan yang cukup akrab.

Akan tetapi, hal yang mereka sesali adalah tidak tepatnya waktu kepindahan dengan situasi dan kondisi negara tersebut. Dalam negara barunya tersebut telah terjadi pemberontakan yang mengakibatkan kekacauan serta berbagai kudeta.

Berbagai tempat pun banyak terjadi kerusuhan, baik menyasar pemerintahan atau juga menyasar orang-orang asing. Warga asing yang berada atau tinggal dalam wilayah tersebut banyak yang tertangkap oleh para pemberontak.

Baca Juga: Sinopsis The Accidental Spy, Kisah Jackie Chan Sebagai Detektif Dadakan

Dengan demikian, dalam sinopsis No Escape, Dwyer beserta keluarganya sedang dalam bahaya. Ia akhirnya mencari cara untuk tetap selamat dan tidak tertangkap oleh para pemberontak yang kejam dan bengis.

Rencana Ke Kedutaan Amerika

Dwyer akhirnya membawa sang istri, Annie (Lake Bell) dan juga anak-anaknya Lucy (Sterling Jerins) serta Briegel (Claire Geare) menuju tempat yang menurutnya paling aman, yaitu kedutaan Amerika.

Akan tetapi, dalam sinopsis No Escape rupanya kedutaan Amerika juga sudah mengalami penyerangan. Hammond yang lebih memahami lokasi serta keadaan wilayah negara itu memutuskan membantu Dwyer dan keluarganya untuk menyelamatkan nyawa serta berusaha kabur dari para pemberontak.

Namun, seiring berjalannya waktu, Dwyer mengetahui identitas sang kawan akrabnya tersebut dan membuatnya terkejut. Akhirnya Dwyer harus berjuang dan terus berlari jika ia dan keluarganya ingin selamat.

Trailer Film yang Sempat Menimbulkan Keresahan

Sesaat setelah trailer rilis, keresahan sosial Kamboja pun terjadi. Keresahan terjadi karena dalam trailer tersebut telah menggunakan bahasa Khmer pada tameng-tameng polisi, sehingga menjadikan film tersebut tidak boleh tayang untuk bioskop Kamboja.

Pemerintah Kamboja telah melayangkan protes dan permintaan untuk mengganti tulisan dalam sinopsis No Escape. Akan tetapi, permintaan mereka tidak mendapat tanggapan dari pihak No Escape.

Penghargaan Film

Film yang telah rilis tahun 2015 silam tersebut sukses meraih beberapa penghargaan dengan kategori Best Film dalam BloodGush UK Horror Awards.

Kemudian, pada tahun 2016, No Escape memperoleh Best Action Movie Actor dalam penghargaan Jackie Chan International Action Film Week. Lalu, prestasi lain adalah masuk ke dalam nominasi untuk kategori Best Thriller Poster dalam Golden Trailer Awards.

Sekilas Pemeran

Bintang papan atas Hollywood bertebaran memerankan karakter dalam film aksi ini. Mereka adalah Owen Wilson sebagai Jack Dwyer, Lake Bell sebagai Annie Dwyer, Sterling Jerins sebagai Lucy Dwyer, dan juga Claire Geare sebagai Briegel Dwyer.

Kemudian, kualitas akting Pierce Brosnan juga melengkapi sinopsis No Escape sebagai Hammond, dan juga Sahajak Boonthanakit sebagai Kenny Rogers. (R10/HR-Online)