Solusi Baterai Kembung agar Kembali Seperti Semula dengan Mudah

Solusi Baterai Kembung agar Kembali Seperti Semula dengan Mudah
Ilustrasi Solusi Baterai Kembung. Foto : Istimewa

Solusi baterai kembung bisa pengguna HP terapkan dengan mudah, asalkan menggunakan cara yang benar. Informasi ini sangat penting, karena banyak pengguna Android yang mengalami masalah semacam ini.

Mengingat baterai adalah salah satu perangkat penting agar HP bisa berfungsi dengan baik. Untuk itulah, jika baterai mengalami masalah seperti kembung atau bengkak, perlu segera pengguna atasi.

Baterai HP yang kembung bisa membuat pengguna kesulitan ketika akan memasang casing HP. Apalagi jika baterai yang anda miliki berupa baterai tanam, pasti akan semakin menjengkelkan.

Baterai yang kembung biasanya adalah sebuah pertanda bahwa telah mengalami indikasi kebocoran. Hal ini biasanya akan membuat baterai menjadi cepat habis, sehingga perlu pengguna isi ulang berkali-kali.

Solusi Baterai Kembung yang Mudah

Anda tak perlu khawatir jika baterai HP mengalami pembengkakan atau kembung. Berikut ini terdapat berbagai cara yang bisa anda terapkan pada HP Android dengan mudah dan benar.

Tekan Baterai

Langkah awal yang bisa anda terapkan yaitu dengan menekan baterai secara perlahan. Tujuannya yaitu agar angin dalam baterai bisa keluar, sehingga baterai bisa mengempis dan kembali seperti semula.

Namun, jangan ceroboh dalam melakukan cara pertama ini. Anda harus melakukannya dengan hati-hati karena ini rawan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Solusi baterai kembung bisa dengan menusukkan jarum ke salah satu bagian baterai HP tersebut. Pastikan bahwa jarum telah benar-benar tertusuk ke bagian dalam baterai.

Apabila sudah benar-benar masuk ke dalam, tekan baterai dengan perlahan-lahan. Jika menurut anda angin dalam baterai sudah hilang, pasang kembali dan hidupkan HP Android anda.

Masukkan ke Dalam Kulkas

Cara selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah dengan memasukkan baterai ke dalam kulkas. Agar baterai lebih aman, anda bisa memasukkan baterai ke dalam plastik terlebih dahulu, baru memasukkannya ke kulkas.

Baca Juga : HP Mengunci Sendiri, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara ini juga bisa anda terapkan pada baterai tanam, yakni dengan memasukkan HP ke dalam kulkas. Setelah itu, keluarkan HP dan letakkan pada tempat kering yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Apabila sudah benar-benar kering, masukkan kembali baterai ke dalam HP Android anda. Solusi baterai kembung ini sudah terbukti ampuh karena bisa mengurangi gas elektroda dan elektrolit.

Merawat Baterai

Cara-cara sebelumnya akan sia-sia jika anda tidak melakukan perawatan terhadap Android anda. Hal ini juga bisa meningkatkan HP untuk dapat kembali normal seperti semula.

Pertama yaitu anda bisa menghentikan proses isi daya baterai yang kembung tersebut. Karena proses pengisian daya yang tidak sempurna merupakan penyebab utama baterai menjadi kembung.

Baca Juga : Lupa PIN Mode Anak, Berikut Cara Mengatasinya pada Perangkat Android

Sehingga sebaiknya jangan isi baterai sampai baterai tersebut bisa kempes atau tidak kembung lagi. Namun, ketika anda ingin mengisi kembali baterai tersebut, gunakan charger asli.

Charger yang bukan bawaan atau tidak asli dapat membuat kondisi baterai memburuk. Selain itu, solusi baterai kembung yaitu jangan isi daya terlalu lama atau berlebihan.

Karena mengisi baterai berlebihan bisa membuat baterai panas dan cepat kembung. Salah satunya anda bisa mengisi baterai sampai terisi sekitar 99%.

Tak hanya itu, anda juga tidak boleh menggunakan aplikasi yang terlalu berat. Aplikasi yang terlalu erat juga menjadi salah satu penyebab baterai cepat kembung.

Terlebih bagi anda yang memiliki HP dengan spek rendah, jangan gunakan aplikasi berspek tinggi. Sehingga apabila anda tidak benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut, sebaiknya jangan anda install.

Satu hal yang sering pengguna lakukan adalah menggunakan HP saat sedang isi daya. Jadi, jangan lakukan kebiasaan tersebut untuk menerapkan solusi baterai kembung.

Mengganti Baterai

Ini adalah cara terakhir yang bisa anda terapkan. Hal ini karena biasanya kondisi baterai sudah terlalu parah untuk bisa anda gunakan kembali.

Karena kemungkinan besar jika anda memaksakan untuk tetap menggunakannya, hal itu bisa membahayakan. Sehingga mengharuskan anda untuk mengganti baterai tersebut dengan yang baru.

Jangan lupa untuk membeli baterai dengan kualitas terbaik dan merawat baterai agar tidak cepat rusak. Sehingga nantinya baterai bisa tahan lama dan tidak mengalami bengkak atau kembung.

Itulah beberapa solusi baterai kembung yang bisa anda terapkan dengan mudah. Perlu anda ingat, jangan lakukan hal-hal ceroboh yang bisa membuat HP Android menjadi cepat kembung. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Ganti IMEI HP pada Android dengan Cara Root dan Tanpa Root
Aegis Boost Pro