Solusi Kamera Depan Tidak Berfungsi, Ikuti Cara Mudahnya Berikut Ini!

Solusi Kamera Depan Tidak Berfungsi, Ikuti Cara Mudahnya Berikut Ini!
Ilustrasi Solusi Kamera Depan Tidak Berfungsi. Foto : Istimewa

Solusi kamera depan tidak berfungsi bisa anda terapkan agar tidak menghambat kegiatan selfie atau video call anda. Melihat banyaknya masyarakat Indonesia yang suka berselfie, pasti informasi ini akan sangat penting.

Anda mungkin menjadi salah satu orang yang suka foto selfie, entah itu saat perjalanan akhir pekan atau pergi bersama teman-teman. Tapi apa yang terjadi jika kamera depan tidak berfungsi, tidak merespon, atau menunjukkan kesalahan kamera berhenti.

Jika mendapatkan pesan kesalahan seperti itu, ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan perangkat lunak atau bagian perangkat keras. Pada sebagian besar kasus, masalah ada pada perangkat lunak serta itu dapat anda selesaikan.

Baca Juga : Pengaturan Cuaca di HP Samsung, Berikut Cara Mudah Mengaturnya!

Kesalahan ini akan muncul saat anda mencoba membuka kamera, baik itu aplikasi kamera secara langsung ataupun dari aplikasi pihak ketiga. Seperti pada aplikasi WhatsApp, WeChat, Facebook Messenger, Skype, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

Inilah Solusi Kamera Depan Tidak Berfungsi

Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa kamera depan anda tidak dapat berfungsi. Seperti penyimpanan perangkat dan RAM rendah, ketidakcocokan kamera, penginstalan aplikasi berat, obstruksi aplikasi pihak ketiga, serta beberapa hal lainnya.

Sebaiknya anda mengosongkan sebagian ruang pada ponsel dan penyimpanan RAM terlebih dahulu. Jika kamera masih berperilaku tidak semestinya atau menampilkan pesan kesalahan, anda bisa mengikuti solusi berikut ini.

Reboot Perangkat

Ini adalah cara paling dasar untuk menjadi solusi kamera depan tidak berfungsi. Booting ulang sederhana dapat memperbaiki beberapa masalah kesalahan pada perangkat

Reboot sistem yang keras dapat membantu membersihkan penggunaan RAM berlebihan dengan mematikan aplikasi latar belakang. Sehingga memberi kamera ruang lebih leluasa untuk anda jalankan.

Tarik Baterai Keluar

Cara kedua yaitu mencabut baterai secara langsung saat perangkat masih menyala. Ini adalah jenis soft reset yang dapat membantu membuat kamera depan berfungsi sekali lagi.

Solusi ini mungkin tidak berlaku untuk semua perangkat karena yang menggunakan baterai tanam. Namun, untuk sebagian besar ponsel sekarang, trik ini tidak akan berfungsi, tetapi cobalah jika memiliki Android lama.

Hentikan Paksa Aplikasi Kamera

Untuk menerapkan solusi kamera depan tidak berfungsi ini, silakan pilih menu Pengaturan. Lalu temukan serta ketuk opsi Aplikasi atau Kelola aplikasi. Sekarang gulir dan cari aplikasi Kamera, lalu pilih Paksa Berhenti aplikasi.

Setelah itu, dengan cepat silakan reboot perangkat anda. Ini akan memperbaiki masalah perangkat lunak kecil saat ini yang aplikasi kamera hadapi.

Hapus Data dan Cache Aplikasi

Ini tidak hanya berlaku untuk mengatasi masalah kamera, tetapi juga untuk solusi aplikasi lain. Pertama, buka menu Pengaturan dan gulir ke bawah, lalu pilih Aplikasi atau Manajer Aplikasi.

Baca Juga : Solusi Baterai Kembung agar Kembali Seperti Semula dengan Mudah

Cari aplikasi Kamera, lalu klik pada Hapus Data atau Cache. Menghapus data dan mengosongkan cache akan menghapus data aplikasi seperti preferensi dan akun. Sehingga jika tidak ingin kehilangannya, pastikan untuk membuat cadangan sebelumnya.

Atur Ulang Semua Preferensi Aplikasi

Langkah lainnya solusi kamera depan tidak berfungsi ini yaitu membuka opsi Pengaturan dan pilih Aplikasi atau Manager Aplikasi. Kemudian ketuk ikon menu pada sudut kanan atas dan klik pada Reset App Preferences.

Masuk ke Safe Mode

Mode aman memungkinkan anda untuk menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga yang anda instal. Tekan lama pada tombol daya seperti yang anda lakukan untuk mematikan perangkat.

Ketuk dan tekan opsi matikan, kemudian popup akan muncul sebagai opsi Reboot ke mode aman. Ketuk OK dan masuk ke Safe Mode.

Lakukan Reset Pabrik

Jika tidak ada yang berfungsi, reset pabrik adalah opsi terakhir anda. Solusi kamera depan tidak berfungsi ini menghapus semuanya dari perangkat dan anda akan mendapatkan perangkat baru. Jadi, anda memerlukan pencadangan atau menyimpan data penting ke flashdisk.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan.
  2. Pada Tentang Ponsel, pilih Cadangkan dan setel ulang.
  3. Lalu ketuk Reset Data Pabrik dan konfirmasikan tindakan anda.

Cara lain untuk mereset pabrik yaitu dengan mematikan perangkat ponsel anda. Kemudian tekan volume bawah bersama dengan tombol daya untuk memulai perangkat.

Lalu arahkan ke pilihan yang mengatakan Factory Reset dan gunakan tombol daya dalam mengonfirmasi. Jika semua metode ini tak berfungsi, maka masalah mungkin ada pada perangkat keras perangkat.

Anda dapat memilih pusat perbaikan perangkat keras terpercaya untuk menjadi solusi kamera depan tidak berfungsi. Jika anda masih tidak yakin, maka anda dapat menunggu versi pembaruan sistem. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Autofocus Kamera HP Tidak Berfungsi, Pulihkan dengan Cara Berikut Ini!