Solusi Kesalahan Parse, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Solusi Kesalahan Parse
Ilustrasi Solusi Kesalahan Parse. Foto: Istimewa

Solusi kesalahan parse tentu saja kita butuhkan sebagai pengguna HP Android. Pasalnya, mengingat begitu banyak aktivitas yang kita lakukan, kesalahan parse ini mungkin saja terjadi.

Kesalahan parse ini sering ditandai dengan munculnya peringatan “error there is a problem parsing the package” pada Android. Pada dasarnya, kesalahan yang satu ini merupakan kesalahan klasik.

Dengan kata lain, merupakan kesalahan yang paling umum kita hadapi sebagai pengguna Android. Bagi anda yang belum mengalami sebelumnya, tak perlu merasa bingung.

Baca Juga : Komponen HP yang Sering Rusak, Apa Sajakah Itu?

Biasanya, kesalahan ini terjadi ketika kita mencoba memasang sebuah aplikasi APK pada HP Android tersebut. Meskipun kesalahan yang sering kali terjadi, bagi sebagian pengguna ini sedikit mengganggu.

Untuk itulah, mencari dan memberikan solusi paling tepat adalah pilihan yang seharusnya pengguna lakukan. Tentu saja dengan tujuan agar penggunaan HP menjadi baik kembali.

Solusi Kesalahan Parse, Apa Saja Pilihan yang Bisa Digunakan?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memberikan solusinya. Anda bisa menggunakan cara yang mudah dan juga cepat.

Tentunya juga memberikan hasil yang efektif. Ketika kesalahan parse ini muncul, jangan panik dan bingung untuk melakukan tindakan apa.

Sebab, anda dapat menggunakan beberapa solusi berikut ini. Silahkan anda memilih cara yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan agar mendapatkan hasil perbaikan secara maksimal.

Periksa Nama File APK yang Akan Anda Install

Solusi kesalahan parse pertama kali yang dapat anda lakukan adalah dengan pemeriksaan nama file APK yang akan terinstall. Saat anda akan melakukan penginstalan file APK ke dalam ponsel Android, pastikan untuk tidak merubah nama file tersebut.

Hal ini kita lakukan agar kesalahan parse tidak terjadi. Misalnya saja, anda tengah mendownload sebuah aplikasi APK dengan nama “Aplikasi_Baru”.

Yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa nama file APK tersebut “Aplikasi_Baru”. File APK dengan nama itulah yang harus anda install dan jangan sampai melakukan kekeliruan.

Mengizinkan Instalasi Apps dari Sumber Tidak Dikenal

Salah satu penyebab kesalahan parse ini adalah kebiasaan kita sebagai pengguna mendownload bukan dari Playstore. Bukan berarti kita tidak boleh mendownload file Apps dari Google maupun website lainnya.

Baca Juga : Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi, Simak Cara Mudahnya!

Setelah itu, menginstalnya ke dalam HP Android kita. Solusi kesalahan parse karena hal ini adalah dengan mengizinkan instalasi Apps dari sumber tidak dikenal.

Demi keamanan, sebenarnya HP Android tidak memberikan izin kepada kita untuk memasang aplikasi dari sumber pihak ketiga. Atau dengan kata lain, tidak boleh memasang aplikasi selain dari Google Playstore.

Pada dasarnya, memasang aplikasi dari pihak ketiga ini dapat membahayakan HP Android anda. Ketika memaksakan keinginan untuk mendownload file APK dari pihak ketiga, kemungkinan anda akan mendapatkan peringatan kesalahan parse.

Ketika kesalahan parse sudah terlanjur terjadi, anda dapat memperbaikinya. Yang perlu anda lakukan adalah dengan merubah izin pemasangan aplikasi yang berasal dari sumber tidak dikenal.

Ini akan menjadi solusi kesalahan parse yang paling tepat. Untuk memulai solusi ini, anda bisa menemukan pengaturan serupa yang terletak bawah “Pengaturan Keamanan Telepon”.

Untuk mendapatkan penjelasan lebihnya, berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

  1. Pertama, silahkan anda pergi ke menu “Pengaturan”
  2. Setelah itu pilihlah opsi “Security”
  3. Langkah terakhir, centang pada bagian “Unknown Source”

Download File APK dengan Source yang Berbeda

Solusi kesalahan parse ini kita lakukan apabila aplikasi yang kita download corrupt. Ketika kita melakukan pengunduhan sebuah aplikasi, entah itu melalui Playstore maupun website lain, terdapat kemungkinan file rusak atau corrupt.

Apalagi jika file tersebut berukuran besar. Selain itu, koneksi internet yang anda gunakan juga buruk. Mungkin saja, anda berhasil mengunduh aplikasi tersebut. Akan tetapi, hasil unduhan tidak akan sempurna.

Pada bagian tengah atau beberapa bagian lain dari aplikasi tersebut mengalami kerusakan. Jika ukuran file APK yang sudah anda download tidak sesuai dengan file aslinya, berarti itu tandanya terjadi kesalahan ketika proses download.

Solusi kesalahan parse yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba download kembali file APK tersebut. Atau anda mendownloadnya dengan menggunakan source yang berbeda. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Layar Burn In Xiaomi, Berikut Ini Cara Mengatasinya!
Aegis Boost Pro