Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruSwitch Antena HP Rusak, Atasi Masalah dengan Cara Berikut Ini

Switch Antena HP Rusak, Atasi Masalah dengan Cara Berikut Ini

Switch antena HP rusak dapat menyebabkan ponsel tidak ada layanan atau sinyal. Hilangnya layanan ini membatasi fungsi yang paling dasar dan pastinya akan mengganggu anda.

Switch antena yang rusak ini bisa karena sering berganti casing serta ceroboh dalam memasangnya. Kecerobohan inilah yang menyebabkan posisi casing kurang tepat sehingga merusak komponen switch antena.

Hal ini akan menyebabkan HP mencari sinyal terus-menerus dan bahkan tidak adanya sinyal yang tersedia. Selain itu, ini juga akan menyebabkan ponsel tidak dapat menerima dan mentransmisikan sinyal ke Base Transceiver Station (BTS).

Baca Juga : Autofocus Kamera HP Tidak Berfungsi, Pulihkan dengan Cara Berikut Ini!

Sehingga anda sebagai pemilik ponsel tidak bisa masuk ke dalam jaringan operator perangkat. Masalah ini biasanya berhubungan dengan RF Filter (RF IF), IC PA, RF processor, dan switch antena.

Cara Mengembalikan Sinyal Karena Switch Antena HP Rusak

Sebelum anda melakukan perbaikan atau penggantian pada komponen switch antena, anda bisa menerapkan cara awal terlebih dahulu. Untuk cara yang lebih jelasnya, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Mulai Ulang Perangkat

Hal termudah untuk anda coba dalam menyelesaikan masalah ini adalah dengan memulai ulang perangkat anda. Cara ini merupakan metode yang sangat efektif untuk menyelesaikan beberapa masalah perangkat dan bug.

Memulai ulang perangkat bisa menghapus memori akses acak serta mengatur ulang proses yang kemungkinan telah mengganggu kinerja perangkat. Cukup tahan tombol daya selama beberapa detik dan pilih Restart atau Mulai Ulang.

Periksa untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah setelah anda lakukan boot. Jika ini tidak menyelesaikan masalah switch antena HP rusak, anda bisa coba cara lainnya.

Alihkan Mode Pesawat

Solusi lain yang sangat efektif untuk masalah ini adalah mencoba menghubungkan secara manual ke penyedia layanan. Silakan aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat supaya perangkat mencoba untuk menyambungkan.

Baca Juga : Solusi Kamera Depan Tidak Berfungsi, Ikuti Cara Mudahnya Berikut Ini!

Seringkali hanya ini yang anda perlukan untuk membangun lagi koneksi dengan pembuat layanan. Metode ini akan mengatur ulang APM-Cycle ponsel apabila kehilangan koneksi ke menara sinyal.

Cara kerjanya yaitu dengan memutuskan secara manual dari menara dan mencoba menghubungkan kembali. Jika ini tidak berhasil, sekarang saatnya menggali lebih dalam cara untuk mengatasi masalah switch antena HP rusak.

Pilih Operator Jaringan Secara Manual

Mungkin perangkat mengalami masalah dalam menemukan jaringan sehingga anda mungkin harus memilihnya sendiri. Anda dapat melakukan ini dengan membuka Pengaturan> Jaringan Seluler> Operator Jaringan.

List penyedia jaringan akan muncul dan pilih yang benar. Anda mungkin perlu mengatur ulang perangkat anda sekali lagi untuk lihat apa perubahan ini berlaku.

Periksa Kembali Kartu SIM

Terkadang, masalahnya terletak pada perangkat keras perangkat. Data yang tersimpan dalam kartu SIM memberi ponsel anda sesuatu seperti alamat untuk jaringan agar menemukannya dan sebaliknya.

Anda mungkin menabrakkan ponsel ke suatu benda keras yang membuat kartu SIM copot dan switch antena HP rusak. Untuk memeriksa apakah kartu SIM anda terhubung dengan benar ke perangkat, anda harus mematikan telepon.

Baca Juga : Ganti DNS Android dengan Mudah, Simak Cara-caranya Berikut Ini!

Setelah mati dengan aman, lepaskan kartu SIM dan bersihkan semua partikel debu yang dapat mengganggu konektor kartu. Setelah siap, pastikan untuk memasangnya dengan pas dan tersambung sepenuhnya.

Nyalakan perangkat anda kembali dan lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum. Jika tidak, anda baiknya mempertimbangkan opsi berikutnya secara hati-hati.

Kembali Pengaturan Pabrik

Langkah ini libatkan pemulihan setelan pabrik HP anda. Lalu sebuah proses yang membersihkan ponsel dari semua data, kecuali perangkat lunak bawaan.

Namun, perlu anda ingat bahwa anda akan kehilangan data. Jadi, sebaiknya anda menjalankan pencadangan terlebih dahulu sebelum menerapkan cara mengatasi switch antena HP rusak.

Memperbaiki Komponen

  1. Cobalah untuk mengecek komponen IC PA, RF IF, IF IC, dan switch antena.
  2. Setelah itu, panaskan solderan timah yang ada pada komponen-komponen tersebut dengan memakai bot air. Dengan begitu, kaki-kaki komponen akan rapi kembali secara otomatis.
  3. Kemudian atur tekanan angin dan suhu supaya seimbang dengan bantuan cairan songka agar tidak pecah. Terapkan langkah satu ini selama 1-2 menit.
  4. Lalu bersihkanlah komponen tersebut dengan memakai cairan IPA.

Cobalah uji ponsel anda dengan menghidupkannya, lalu lihat apakah sinyal sudah muncul atau belum. Apabila belum, anda harus mengganti komponen-komponen tersebut dengan yang baru.

Jika anda ingin mengganti komponen tersebut, sebaiknya serahkan kepada tukang service profesional saja. Tetapi jika anda paham mengenai masalah switch antena HP rusak, mencoba menggantinya sendiri bukan sebuah kesalahan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : HP Kena Minyak Goreng, Inilah Hal-hal yang Harus Anda Lakukan! 
- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img