Tahi Lalat Gisel Disorot Roy Suryo, Samakah dengan Video Syur?

Tahi Lalat Gisel
Kiri: Roy Suryo. Kanan: tangkapan layar video syur mirip Gisel. Foto: Istimewa

Tahi lalat Gisel menjadi fakta yang menarik setelah video syur mirip artis jebolan Indonesia Idol tersebut beredar luas di masyarakat. 

Setelah beredarnya video syur itu, bukan hanya nama Gisel yang jadi trending topic. Ada hastag yang membawa nama anaknya, juga mantan suaminya.

Bahkan seorang pakar telematika dan mantan Menpora, Roy Suryo, juga ikut jadi trending topic Twitter. Karena Roy Suryo ikut trending akhirnya mantan Menpora ini pun memberikan pernyataan mengenai video panas ini.

Roy Suryo Bicara Tahi Lalat Gisel

Nama Roy Suryo ikut trending dalam kasus video yang melibatkan artis Gisella Anastasia. Hal itulah yang membuat Roy Suryo harus turun gunung memberikan pernyataan dari kasus ini.

Pakar telematika ini kaget karena dua hal, pertama adalah kenapa kasus seperti ini bisa terjadi lagi. Kedua adalah video yang beredar adalah hasil retake, atau video yang direkam kembali oleh pelaku.

Baca Juga: Roy Suryo Sebut Video Syur Mirip Gisel Bukan Rekayasa, Ini Buktinya!

Roy mempertanyakan kenapa tidak file aslinya saja yang pelaku unggah ke media sosial. Ia pun melakukan penelitian tentang video syur tersebut, terutama terkait keanehan kenapa yang tersebar versi retake-nya. 

Kesimpulan pertama Roys Suryo, meskipun video retake tapi ada pemeran laki-laki dan perempuannya adalah real atau nyata. 

Metode Penelitian Roy Suryo

Sebelum meneliti dari tahi lalat Gisel, Roy Suryo memberi tahu dahulu mengenai metode penelitiannya. Yang pertama adalah mencari pembanding baik itu dari endorse artis tersebut atau video lainnya yang memang merupakan orang yang dimaksud.

 Hal ini sangat penting karena jika mencocokan seseorang kita tidak bisa hanya menggunakan persepsi atau kira-kira. Harus ada pembanding untuk memastikan hal tersebut agar hasilnya pasti dan definitif.

 Roy Suryo pun mengungkapkan bahwa video syur yang beredar ini memang bukanlah hasil rekayasa. Bukan animasi atau menempelkan wajah seseorang di video, melainkan memang kedua orang tersebut ada.

Metode yang digunakan adalah File Comparison untuk membuktikan apakah itu tahi lalat Gisel atau tidak.  

“Hasilnya ternyata cukup mengagetkan meski tidak mencapai 85 persen dan hanya 70 persen hingga 74 persen saja,” ungkap Roy dikutip dari channel YouTube ESGE Entertainment, Jumat (13/11/2020) lalu.

Roy mengatakan, ia melakukan perbandingan matriks mulai dari hidung hingga tahi lalat Gisel. “Bentuk bibir, jarak mata ke hidung pokoknya hingga sangat detail untuk memastikan,” katanya.

Baca Juga: Penyebar Video Mirip Gisel Ditangkap, Sebar Video Syur Demi Follower

Roy Suryo mengatakan melihat dari rekam jejak Gisel yang mulai dari Idol hingga kini banyak perubahan terjadi pada wajahnya. Pipi, hidung dan alis pernah berubah dari waktu ke waktu semenjak ajang Indonesian Idol hingga kini.

Jadi hasil 72% hingga 74% itu memang asli, tidak menambah atau mengurangi dari hasil penelitian.

Ada Bagian Tubuh yang Tidak Berubah

Pakar telematika ini pun menyebutkan ada beberapa bagian wajah yang tidak akan berubah drastis.

“Semisal warna kornea mata meski ada operasi yang bisa mengubahnya hingga tanda pengenal bawaan lahir,” ujar Roy.

Tahi lalat Gisel yang berada di dekat hidung menjadi salah satu parameter penting dalam penelitian ini.

“Tanda ini juga ditemukan di video yang beredar dan juga pada artis yang bersangkutan,” kata Roy.

Cocokologi Gorden dan TV

Banyak yang memperdebatkan tentang lokasi dan objek-objek lainnya selain dari tahi lalat Gisel yang ada dekat hidungnya.

“Ada yang cocokologi tentang gorden, Televisi hingga lemari yang ada di video dengan post story dari artis tersebut,” katanya.

Roy mengingatkan bahwa jangan sampai netizen melakukan hal tersebut karena akan memperkeruh suasana.

“Kita tunggu saja konfirmasi dari yang bersangkutan dan dari Polda Metro Jaya untuk mengungkapnya. Jangan sampai ada argumen dan anggapa-anggapan yang sebenarnya malah justru menyesatkan,” katanya.

“Jangan sampai ada pihak lain yang merumitkan  masalah ini semisal nanti hasilnya berbeda setelah penyelidikan Polda Metro Jaya,” lanjut Roy.

Hasil penelitian Roy Suryo ini memang menampilkan tahi lalat Gisel yang ada dekat dengan hidungnya. Namun tingkat akurasinya memang hingga 74% saja.

Sementara itu, perkembangan kasus video syur yang menyeret nama Gisel, kini dua orang penyebar video tersebut sudah ditangkap polisi. Keduanya menyebarkan video tersebut untuk menambah follower.

Selain itu, Gisel juga sudah memenuhi panggilan Polisi. Polda Metro Jaya memang memanggil artis jebolan Indonesian Idol ini sebatas saksi. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

Aegis Boost Pro