Tanaman Hias Gantung Jadi Primadona, Tak Kalah dari Janda Bolong

Tanaman hias gantung jadi primadona, tak kalah dari Janda Bolong. Foto: Net/Ist.
Tanaman hias gantung jadi primadona, tak kalah dari Janda Bolong. Foto: Net/Ist.

Tanaman hias gantung yang kini menjadi primadona masyarakat, tak kalah dari tanaman janda bolong. Selama pandemi banyak orang menyakini dengan menanam tanaman hias bisa menghilangkan stres, serta meningkatkan mood baik.

Banyak jenis tanaman hias yang dapat kamu pilih, mulai dari monstera, janda bolong hingga tanaman jenis kaktus. Tak hanya itu, akhir-akhir ini  tanaman tersebut telah menjadi primadona karena kecantikan daunnya dan batang yang terlihat menggantung ke bawah.

Bagi kamu yang tertarik ingin menanam jenis tanaman hias gantung yang minimalis, kali ini HR Online memberikan beberapa rekomendasinya. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis-jenisnya.

Baca Juga : Fakta Ilmiah Janda Bolong, Tanaman Hias Harga Mahal Tapi Beracun

Rekomendasi Tanaman Hias Gantung Populer

Sirih Gading

Tanaman hias gantung yang minimalis dan menjadi primadona banyak orang salah satunya adalah tanaman bernama sirih gading. Cara menanam maupun merawat jenis tanaman hias ini sangat mudah.

Hal itu menjadi salah satu alasan banyak orang menyukainya. Selain itu, sirih gading juga dapat  dikembangbiakkan dengan cepat. Caranya melalui stek pada bagian batangnya, kemudian pada setiap ruas tanaman hias sirih gading terdapat akar. Sehingga akan sangat mudah tumbuh.

Tanaman ini menyerupai sirih, tapi bagian daunnya punya perpaduan warna kuning agak putih dan hijau. Daun dan bagian batangnya cepat tumbuh, sehingga akan menjuntai ke bawah. Sangat ocok dijadikan tanaman gantung.

Krokot Hijau

Krokot hijau masuk dalam jajaran tanaman hias gantung minimalis dan menjadi salah satu primadona para pecinta tanaman hias. Tanaman ini biasanya ditanam di tanah. Namun, bisa juga kamu menanamnya menggunakan pot gantung.

Jika menanamnya dengan cara digantung, maka batang tanaman krokot hijau ini bakal menjulur ke bawah. Jika kamu sedang mencari tanaman hias gantung yang dapat berbunga indah serta mudah dalam perawatannya, maka bunga krokot pilihan yang cocok.

Tanaman hias ini sangat mudah ditanam dengan metode stek batang. Selain itu, krokot hijau akan tampak semakin indah ketika berbunga. Apalagi kalau kamu menanamnya lebih dari satu warna dalam satu pot.

Bagaimana dengan perawatannya? Nah, untuk perawatannya kamu harus menyiram tanaman hias krokot hijau ini dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore harinya.

Kemudian, simpan tanaman hias gantung ini di tempat teduh atau bisa juga pada tempat yang panas. Kamu juga harus rajin memangkas daunnya agar rimbun.

Pemangkasan perlu kamu lakukan untuk merangsang pertumbuhan daunnya. Ketika sudah rimbun, warna daunnya yang hijau putih itu akan terlihat cantik.

Baca Juga : Tanaman Hias Indoor Populer, Harganya Masih Masuk Akal

Kaktus Anggur

Rekomendasi tanaman hias gantung berikutnya adalah kaktus anggur. Tanaman jenis kaktus ini memiliki bentuk yang sangat unik, berbeda dengan kaktus lainnya.

Pada bagian batangnya terdapat gerombolan dengan bentuk bulat kecil semi oval memanjang hingga menjuntai ke bawah.

Tanaman hias gantung yang satu ini memiliki warna hijau pucat, namun terlihat diselimuti warna yang agak putih. Bentuknya menyerupai buah anggur hijau.

Kamu bisa menanamnya dalan pot kecil. Simpan di teras rumah sebagai pemanis. Tanaman hias kaktus anggur juga tak butuh perawatan ekstra, jadi cocok buat kamu yang punya aktivitas sibuk.

Green Fall

Tanaman hias gantung selanjutnya adalah green fall yang memiliki warna daunnya cantik, perpaduan antara hijau dan kuning.

Green fall tetap bisa tumbuh dengan baik meski terkena sinar matahari secara langsung sejak jam 08.00 hingga 14.00 WIB. Jika disimpan di tempat yang teduh, maka warna daunnya bakal berubah menjadi hijau segar.

Varigata Kribo

Varigata kribo menjadi salah satu tanaman hias gantung yang tak kalah populer dari janda bolong. Mendapat julukan kribo karena jenis tanaman ini memiliki daun kecil yang sangat lebat. Sehingga terlihat seperti rambut kribo.

Daya tarik dari Varigata Kribo adalah perpaduan warna daunnya antara pink soft dan hijau. Kemudian, perawatan tanaman hias ini juga sangat simpel dan minimalis.

Blue Eyes

Baca Juga : Tanaman yang Dibenci Jin dan Setan, Bisa Menangkal Santet dan Pelet

Blue eyes bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menanam tanaman hias gantung. Letakan bunga ini pada tempat yang terbuka untuk mendapatkan sinar matahari, yaitu dari jam 08.00 sampai 14.00 WIB.

Jika sinar mataharinya terlalu terik, bunga blue eyes ini akan layu. Tapi, kalau sudah disiram lagi bunga ini akan kembali segar. Kemudian, untuk merangsang pertumbuhan bunga, potong bagian batangnya jika sudah terlihat panjang.

Moss Rose Porticala

Moss rose porticala jarang berbunga ketika musim penghujan. Namun, jenis tanaman hias gantung yang satu ini akan tumbuh subur ketika musim panas. Apalagi jika kamu tambahkan pupuk NPK dua kali dalam sebulan, atau bisa juga satu bulan sekali.

Tanaman moss rose porticala termasuk tanaman hias yang mudah dalam perawatannya. Dengan memperbanyak stek dalam satu potnya bisa membantu daun tanaman ini makin rimbun.

Purple Velvet

Purple velvet adalah salah satu jenis tanaman hias gantung yang banyak disukai. Jika ingin memperbanyak bunga gantung ini, cukup dengan water propagation, lalu stek batangnya rendam dalam air.

Tanaman hias ini juga bisa kamu simpan pada tempat yang teduh maupun terkena sinar matahari secara langsung. Tapi perlu perhatikan pula, kalau suhunya terlalu panas maka bunga akan terlihat kusam.

Tanaman Zig-zag

Rekomendasi tanaman hias gantung yang terakhir adalah tanaman bernama zig-zag. Jenis tanaman ini termasuk paling bandel. Sebab, meski lupa menyiraminya selama dua hari, tanaman ini tidak akan layu.

Kecuali kalau tanaman zig-zag ini terkena sinar matahari langsung tanpa kamu siram, maka selama dua hari tanaman tersebut akan layu. Jadi, tanaman hias ini dapat diletakan pada tempat terbuka. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah