Tata Cara Sholat Taubat dan Keutamaan yang Diperoleh

Tata Cara Sholat Taubat dan Keutamaan yang Diperoleh
Ilustrasi. Tata Cara Sholat Taubat. Foto Istimewa.

Tata cara sholat taubat memang hampir sama dengan sholat fardhu. Yang membedakan adalah bacaan dan niat sholatnya. Pada dasarnya, sholat taubat ini penting kita ketahui.

Sebab hampir setiap manusia melakukan dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil. Tentu dosa ini bisa mereka lakukan secara sadar maupun tidak sadar. Alasan inilah yang membuat seseorang wajib mengetahui cara sholat taubat agar mendapat ridho Allah SWT.

Sholat taubat merupakan satu-satunya cara menebus dosa yang terbaik. Bahkan cara ini sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Entah taubat akan Allah terima atau tidak, asalkan dengan niat yang sungguh-sungguh pasti akan mendapat ridho.

Dengan melakukan sholat taubat, harapannya kita bisa mengubah sikap dan perbuatan. Tak hanya itu, nantinya kita akan kembali ke jalan yang benar. Selalu berusaha memperbaiki kesalahan yang telah berlalu.

Pengertian dan Tata Cara Sholat Taubat

Sikap bertaubat merupakan perintah dari Allah SWT yang tercantum pada Q.S An-Nur ayat 31. Mungkin sebagian dari kalian masih belum paham mengenai sholat taubat. Pengertian sholat taubat adalah sholat dalam rangka memohon pengampunan kepada Allah SWT.

Permohonan ini atas segala dosa maupun kesalahan yang kalian buat. Baik kesalahan dan dosa kecil maupun besar. Banyak ulama yang menyebutkan bahwa sholat taubat juga merupakan sholat istighfar.

Ketika sudah menjalankan sholat taubat, maka seorang muslim tidak boleh mengulangi kesalahannya lagi. Dasar hukum mengenai sholat taubat terdapat pada surat At-Tahrim ayat 8.

Allah sangat menyukai orang yang mau kembali ke jalannya sehingga harus tahu tentang tata cara sholat taubat. Hal ini termasuk kepada mereka yang mulai menjauh dari segala dosa dan maksiat. Agar mendapatkan ridha dari Allah, seorang muslim harus benar-benar menjauhi perbuatan tersebut.

Bertaubat adalah suatu hal yang wajib bagi seseorang yang berbuat dosa. Jika seseorang melaksanakan sholat taubat dengan hati yang suci, pasti semua dosa telah luruh. Sama saja taubat berdasarkan dengan hati nurani yang benar-benar niat.

Taubat yang paling utama seorang muslim jalankan adalah taubat nasuha. Hal ini sebagai bentuk penyesalan yang sungguh-sungguh karena telah berbuat dosa. Tujuan dari taubat nasuha adalah untuk memohon ampunan kepada Allah atas kesalahan fatal yang pernah diperbuat.

Berikut adalah tata cara sholat taubat sebagai permohonan ampun pada Allah SWT:

Niat Sholat Taubat

Membaca niat merupakan salah satu rukun dalam menjalankan segala aktivitas ibadah. Terutama saat seseorang akan melakukan sholat taubat. Pembacaan niat biasanya sebelum seseorang melakukan takbiratul ihram.

Membaca niat ini boleh dalam hati, boleh juga dengan pengucapan lirih. Berikut adalah bacaan niat sholat taubat.

Sebelum melakukan sholat taubat, sebaiknya melakukan syarat seperti sholat fardhu. Misalnya, membersihkan hadats besar dan hadats kecil, menutup aurat, dan melakukan pada tempat yang suci.

Dalam mengerjakan sholat taubat ini boleh dua rakaat, empat rakaat, dan enam rakaat. Ini tergantung dari seseorang yang akan menjalankannya. Adapun tata cara sholat taubat sebagai berikut:

Rakaat Pertama

  1. Membaca niat sholat taubat boleh dalam hati atau lisan.
  2. Takbiratul ihram.
  3. Sunnah untuk membaca doa iftitah.
  4. Membaca Surat al-Fatihah.
  5. Membaca surat-surat pendek.
  6. Rukuk.
  7. I’tidal.
  8. Sujud.
  9. Duduk antara dua sujud.
  10. Sujud kedua.
  11. Berdiri dan melanjutkan rakaat berikutnya.

Rakaat Kedua

  1. Membaca al-Fatihah
  2. Membaca surat pendek
  3. Rukuk
  4. I’tidal
  5. Sujud
  6. Duduk antara dua sujud
  7. Sujud kedua
  8. Tasyahud akhir
  9. Mengucapkan salam

Perlu kita ketahui bersama bahwa bacaan sholat taubat ini sama dengan sholat fardhu. Gerakan dan tata cara sholat taubat dan fardhu juga sama, tidak ada yang berbeda.

Yang membedakan tata cara sholat taubat dengan sholat fardhu adalah pada bacaan doa. Inilah bacaan doa sholat taubat yang bisa kalian hafalkan dalam tata caranya.

Tata Cara Sholat Taubat

Membaca doa tersebut alangkah baiknya sebanyak 100 kali. Jangan lupa untuk meresapi dan memaknai setiap arti yang terkandung. Lakukan dalam tata cara sholat taubat dengan hati yang tulus dan niat yang sungguh-sungguh.

Bacaan Doa Sholat Taubat yang Diajarkan Rasulullah SAW

Waktu Sholat Taubat

Setelah mengetahui tata cara sholat taubat, seorang muslim juga harus mengetahui waktu sholat taubat. Sebenarnya perihal waktu ini fleksibel bisa kapan saja. Berbeda dengan sholat fardhu yang sudah memiliki ketentuan waktu.

Menurut para ulama, waktu yang lebih tepat untuk menjalankan sholat taubat adalah sepertiga malam. Waktu ini sama seperti waktu ketika melakukan sholat tahajud. Namun, tidak harus terpaku pada pendapat berbagai ulama.

Sholat taubat mutlak bisa dikerjakan kapan saja. Baik siang hari maupun malam hari, itu tergantung dengan kenyamanan seseorang. Ada beberapa waktu yang haram untuk melakukan sholat taubat.

  1. Antara waktu sholat Ashar hingga terbenam matahari
  2. Ketika matahari tepat berada di tengah-tengah hingga condong.
  3. Mulai terbit fajar hingga matahari terbit.
  4. Menjelang matahari tenggelam dengan sempurna.
  5. Saat matahari terbit dan naik sepenggalan.

Keutamaan Sholat Taubat

Allah memberikan banyak kemudahan pada umatnya yang ingin bertaubat. Bahkan banyak dari umatnya yang bisa memanfaatkan kemudahan ini. Namun, ada juga yang hanya mengetahui tata cara sholat taubat saja tanpa pernah mempraktekkannya.

Padahal Allah akan memberikan ganjaran yang luar biasa bagi umatnya yang mau bertaubat. Segala dosanya akan dihapus jika tulus niat dari dalam hati. Tentu Allah Maha Mengetahui apa yang kita lakukan berdasarkan hati atau pikiran semata.

Surga adalah jaminan dari sholat taubat yang sungguh-sungguh. Mereka akan kekal dalam surga dan mendapatkan pahala yang berlebih. Bahkan akan mendapatkan penambah timbangan amal kebaikan bagi mereka yang bertaubat.

Mendapatkan Pahala Sholat Sunnah

Ketika seorang muslim menjalankan sholat taubat, mereka akan mendapatkan pahala sholat sunnah. Sebab sholat taubat merupakan salah satu jenis solat sunnah yang dianjurkan. Pahala yang akan mereka dapatkan tidak ada hentinya.

Dengan catatan, ketika melakukan tata cara sholat taubat harus benar dan tepat. Niat dalam hati yang suci dan tidak ada unsur paksaan. Sebab taubat lahir dari dalam jiwa seseorang itu dan tidak bisa atas perintah dari orang lain.

Diampuni Dosanya

Hikmah melakukan sholat taubat berikutnya adalah mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT. Hal ini sesuai dengan tujuan yang kalian inginkan, yaitu memohon ampunan dari sang pencipta. Tak heran jika Allah SWT menepati janjinya dengan mengampuni segala dosa.

Perlu kita ingat bersama, ketika sudah melakukan sholat taubat tidak boleh mengulangi dosanya lagi. Seorang muslim harus istiqomah mengubah hidup agar lebih baik. Selalu ke jalan yang mendapatkan ridha Allah SWT.

Mendapatkan Derajat yang Lebih Tinggi

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang mau bertaubat pada-Nya. Salah satu hal yang bisa umat muslim lakukan adalah dengan menjalankan tata cara sholat taubat sesuai ketentuan. Tak hanya itu, sholat sunnah lainnya juga bisa mengangkat derajat seorang muslim.

Mendapatkan Kemudahan Dalam Berbagai Hal

Manfaat dari sholat taubat berikutnya adalah akan mendapatkan kemudahan yang tak henti-hentinya. Dalam hal ini, termasuk rizqi yang barokah. Tak hanya itu, masih banyak lagi kemudahan yang akan kalian peroleh.

Sebagai umat muslim sebaiknya melakukan sholat taubat setiap hari. Tentunya harus sesuai dengan waktu sholat yang tepat dan menjauhi larangan waktunya. Hal ini akan menambah pahala dan jaminan surga ada di depan mata.

Inilah pengertian dan tata cara sholat taubat yang bisa kita pelajari bersama. Setelah membacanya, semoga kita semua senantiasa mengingat Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid