Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita CiamisTips Hindari Penipuan Via Telepon dari Kapolsek Pamarican Ciamis

Tips Hindari Penipuan Via Telepon dari Kapolsek Pamarican Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Untuk menghindari terjadinya penipuan via telepon, Kepolisian Sektor Pamarican Polres Ciamis, Jawa Barat, mengingatkan warganya agar selalu waspada terhadap penelepon asing.

Selain itu, Kapolsek Pamarican, Iptu Jajang Sahidin, juga mengingatkan jangan mengangkat telpon dari orang tak dikenal.

“Intinya, warga harus mempunyai feeling kuat, saat menerima panggilan telepon dari nomor asing,” ucapnya saat memberikan sambutan dalam kegiatan musyawarah rencana pembangunan desa, di aula kantor Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Rabu (04/11/2020).

Sebab, lanjutnya, kejadian itulah yang sering menimbulkan warga tertipu, akibat fokus dan terperangkap dengan ucapan sang penelepon.

Menurutnya, aksi penipuan via telepon itu yang diserangnya adalah psikologi si penerima. Dimana, saat penelepon masuk, mereka akan menyerang dengan sejuta bahasa, yang dapat menggiring pikiran si penerima bak hipnotis.

“Sehingga, si penerima jadi patuh dan menuruti apa kemauan si penelepon,” katanya.

Selama Ia bertugas menjadi Kapolsek Pamarican, sudah berapa kali kasus penipuan via telepon yang terjadi. Bahkan, belum lama ini ada ASN di Pamarican yang mengalami hal itu.

“Parahnya lagi, si penipu mengaku kapolsek yang meminta tolong pinjaman dan segera mentransfer sejumlah uang. Bahkan nilainya lumayan besar,” ujarnya.

Oleh karena itu, Iptu Jajang Sahidin mengimbau kepada semua masyarakat, agar tetap hati-hati saat menerima telepon dari nomor yang tidak dikenal.

“Hindari berbicara lama dengan penelepon, apalagi ketika sudah ada kata menjurus ke hal yang mencurigakan,” pungkas. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -