Tips Optimalkan Kamera HP Oppo Buat Tugas Video Sekolah Anak

Tips Optimalkan Kamera HP Oppo
Ilustrasi Tips Optimalkan Kamera HP Oppo. Foto : net/ist

Ada beberapa tips untuk optimalkan kamera pada HP Oppo buat tugas sekolah anak. Seperti kita ketahui bahwa saat ini di beberapa daerah masih ada yang menerapkan proses pembelajaran dari rumah atau daring.

Hal tersebut karena masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Dan untuk mencegah atau memutus mata rantai dari penularan virus Corona, maka pemerintah menerapkan kebijakan belajar secara daring.

Sehingga, dengan adanya belajar dari rumah, tentu untuk tugas sekolah juga dilakukan secara online.

Untuk itu, sebagai pendukung utama dari proses belajar secara online, yang paling penting adalah smartphone.

Meski memang tidak perlu memiliki ponsel cerdas yang spesifikasinya tinggi, yang penting ada kuota data internet. Namun, bagaimana jika smartphone tersebut pada bagian kameranya tidak mendukung. Karena, ada sekolah yang memberikan tugas dengan mengirimkan video hasil rekaman siswa.

Baca Juga : Alasan HP Oppo Reno Series Sangat Populer di Indonesia

Oleh karena itu, untuk memenuhi tugas sekolah dalam mengirim video, maka siswa memerlukan smartphone yang memiliki kamera mendukung. Salah satunya Anda bisa memakai HP Oppo, seperti Reno4.

Namun, meski Reno4 memiliki kamera yang mendukung, namun jika tips untuk optimalkan kamera pada HP Oppo tersebut tidak dijalankan, maka hasilnya tidaklah bagus.

Adapun HP Oppo Reno4 sendiri sudah bisa merekam video sampai 4K dengan berbagai fitur andalan pada bagian kameranya.

Sehingga, dengan kelebihan ditambah adanya tips untuk optimalkan kamera HP Oppo Reno4 ini, maka Anda sebagai orangtua tidak perlu membeli video camcorder yang harganya mahal.

Dan, tentunya dengan tidak perlu beli video camcorder yang mahal tersebut, sudah barang tentu akan memangkas anggaran untuk membeli peralatan buat anak sekolah.

Berikut Tips Optimalkan Kamera HP Oppo

Tidak sedikit orangtua siswa yang kesulitan untuk mengoperasi kamera pada smartphone supaya kualitas bagus. Padahal, rekaman video sangat penting untuk tugas sekolah anak.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut tips yang bisa orang tua manfaatkan buat menghasilkan rekaman video dengan kualitas bagus pakai smartphone Oppo.

Pakai Tripod

Kadang-kadang untuk membuat video yang objeknya adalah anak-anak tidaklah mudah. Pasalnya, anak-anak selalu tampil atraktif serta banyak bergerak.

Hal tersebut tentu akan sangat menyulitkan orangtua, apabila Anda saat merekam hanya mengandalkan ponsel pintar, untuk mengikuti gerakannya.

Sementara untuk tips untuk optimalkan kamera HP Oppo yang pertama yaitu bisa menggunakan tripod. Alat ini bisa membantu Anda menghasilkan video yang lebih stabil dan kualitas terbaik.

Manfaatkan Fitur Penstabil Gambar

Saat ini memang smartphone dilengkapi dengan banyak fitur terutama pada bagian kamera. Namun tidak semuanya membawa atau memiliki fitur penstabil gambar.

Jika ponsel pintar Anda sudah memiliki fitur tersebut, maka sangat membantu untuk merekam atau mengambil gambar anak-anak tampil sangat atraktif.

Baca Juga : ColorOS 11 HP Oppo Resmi meluncur, Ini Daftar Ponsel yang Bisa Update

Sedangkan untuk fitur penstabil gambar ini juga sudah membawa kombinasi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Bahkan, mengkombinasikan sensor yang ada pada HP Oppo seperti gyroscope. Beberapa ponsel cerdas bahkan telah memiliki fitur penstabil gambar bak kamera profesional, seperti Ultra Steady Pro.

Nah, tips untuk optimalkan kamera HP Oppo yangkedua inilah bisa menghasilkan rekaman video berkualitas terbaik.

Pakai Fitur Supaya Video Lebih Menarik

Ponsel masa kini yang makin modern, tentu banyak mempunyai fitur-fitur yang bisa membuat hasil rekaman menjadi lebih menarik. Contohnya adalah fitur background yang bisa membuat gambar menjadi terlihat blur atau bokeh.

Sehingga, dengan fitur tersebut, kita bisa melakukan isolasi objek sementara dengan latar belakang gambar luar objek yang menjadi blur.

Baca Juga : Baterai HP Oppo Reno4, Bisa Dipakai Berbagai Aplikasi Meski Tinggal 5%

Sementara fitur filter untuk video juga bisa digunakan untuk menghasilkan video yang tampil beda. Begitu juga fitur hasil pengembangan AI yaitu isolasi warna.

Atur Resolusi Tertinggi

Tips untuk optimalkan kamera HP Oppo yang terakhir adalah dengan mengatur resolusi pada kamera menjadi lebih tinggi atau paling tinggi.

Namun, dengan catatan file tugas video sekolah yang akan dikirimkan lewat layanan Cloud. Sebab, video dengan resolusi tinggi tentu filenya akan berukuran besar, tapi hasilnya sangat memuaskan.

Beberapa smartphone buatan saat ini bahkan sanggup merekam video sampai resolusi 4K. Sehingga, dengan kemampuan resolusi video yang tinggi tersebut, maka akan menghasilkan gambar terlihat lebih jernih, tajam dan jelas.

Baca Juga : HP Oppo yang Support MHL, Mudahkan Proses Koneksi HP ke Layar TV

Sedangkan untuk tips di atas memang sangat perlu untuk menghasilkan rekaman video berkualitas terbaik. Namun jika tidak ada dukungan peralatan lainnya yaitu smartphone dengan kamera mumpuni, hal tersebut menjadi percuma.

Sementara untuk membeli video camcorder harganya tidaklah murah. Sebagai solusinya, bisa menggunakan HP Oppo Reno4 yang harganya relatif terjangkau.

Dengan harga Rp 4.999 juta, Reno4 sudah menyediakan kemampuan untuk perekaman video 4K. Selain itu, pada perangkat ini juga sudah mempunyai fitur penstabil gambar, seperti Ultra Steady video serta Ultra Steady Video Pro.

Sedangkan kedua fitur tersebut merupakan bagian dari tips untuk optimalkan kamera HP Oppo yang sudah diulas di atas.

Bukan hanya itu, HP Oppo Reno4 juga sudah menyisipkan fitur unggulan video nan menarik. Fitur tersebut yaitu AI Color Portrait Video, yang bisa merekam video dengan tetap menjaga objek yang warnanya seperti aslinya. Sedangkan pada latar belakang objek bisa Anda buat menjadi hitam-putih.

Sementara itu, untuk fitur Monochrome Video yang ada pada HP Oppo Reno4 tersebut, menambah tampilan video menjadi lebih menarik lagi.

Sehingga, pada rekaman videonya, pengguna bisa memperlihatkan elemen warna tertentu yang menonjol. Seperti warna hijau, merah, atau bahkan biru. Sementara warna lain bisa Anda buat juga menjadi hitam-putih.

Jadi, dengan adanya tips untuk optimalkan kamera HP Oppo tersebut, maka tugas sekolah anak buat merekam video akan menjadi lebih mudah. Dan hasilnya pun sangat memuaskan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Subagja Hamara