TNI-Polri dan BPBD di Tasikmalaya Bersihkan Longsoran Tebing

TNI-Polri dan BPBD di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, bahu-membahu membantu warga membersihkan material longsoran tebing yang menutup akses jalan. Foto: Apip Wilianto/HR.
TNI-Polri dan BPBD di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, bahu-membahu membantu warga membersihkan material longsoran tebing yang menutup akses jalan. Foto: Apip Wilianto/HR.

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- TNI-Polri dan BPBD di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, bahu-membahu membantu warga membersihkan material longsoran tebing yang menutup akses jalan.

Tebing longsor terjadi akibat hujan lebat pada Rabu (25/11/2020) sore yang melanda dua desa wilayah Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, membuat tiga rumah warga terancam.

Pantuan HR Online di lapangan, satu rumah warga yang terancam banjir karena letaknya persis berada pinggir sungai. Sedangkan, dua rumah lainnya terancam akibat longsor karena posisi rumah berada di Desa Margasari.

Warga setempat pun dengan sukarela bergotong-royong untuk membersihkan material longsor dan banjir. Sedangkan, longsor tebing setinggi 10 meter yang berada di Desa Bugel, Kecamatan Ciawi, menutup akses jalan.

Baca Juga : Material Longsor Tutupi Jalan Penghubung Pangandaran-Tasikmalaya

Karena tertutup material longsor, petugas gabungan dari TNI-Polri dan BPBD membantu masyarakat membersihkan longsoran tanah yang melumpuhkan akses jalan tersebut.

Kepala Desa Bugel, Ruhimat, mengatakan, jalan yang tertutup material longsor itu sempat terputus, padahal biasa dilalui warga. Akibatnya, ada beberapa rumah warga Desa Bugel yang terisolir.

Ruhimat juga menyebutkan, longsor yang terjadi melanda 8 titik. Penyebabnya pun dari siang hingga sore diguyur hujan deras. Sehingga, banyak solokan yang ada di wilayah Desa Bugel airnya meluap.

Sementara itu, Erna, salah seorang pemilik rumah yang terendam banjir, warga Desa Margasari, menuturkan bahwa, waktu banjir datang, air dan lumpur masuk ke dalam rumahnya.

“Hujan deras turun pada Rabu siang, kalau air meluapnya itu jam empat sore. Sekarang airnya sudah surut,” ungkap Erna. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Aegis Boost Pro