Base dan Top Coat Kutek, Jenis dan Fungsinya untuk Kuku Cantik

manfaat top coat kutek
Manfaat top coat kutek. Foto: Ist/Net

Top coat kutek merupakan salah satu produk riasan kuku yang semakin populer bagi kaum wanita. Dalam seni cat kuku atau nail art, top coat tak kalah pentingnya dengan base coat. Ini agar kutek terlihat cantik dan tahan lama.

Perkembangan nail art yang semakin pesat membuat banyak kreasi kutek yang semakin atraktif. Apalagi dengan semakin banyaknya jenis, warna, hingga merek produk cat kuku yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Baca juga: Cara Memakai Nail Polish yang Baik Tak Perlu ke Salon -siap

Jika Anda termasuk yang menyukai seni cat kuku, Anda tentunya mengetahui semakin banyaknya style nail art yang sangat memikat. Bahkan seni menghias kuku tak kalah progresifnya ketimbang tato.

Ragam Jenis Top Coat Kutek

Seperti namanya, top coat kutek merupakan lapisan paling atas dari cat kuku yang Anda aplikasikan. Selain tersedia dalam berbagai warna, juga ada yang bening. Nah, berikut ini beragam jenis top coat untuk cat kuku Anda.

Top Coat Glossy

Base dan Top Coat Kutek, Jenis dan Fungsinya untuk Kuku Cantik

Salah satu jenis yang paling populer dan banyak wanita yang menyukainya adalah top coat glossy. Selain untuk melindungi cat dasarnya, top coat ini juga berfungsi memberikan sentuhan mengkilap pada tampilan kuku Anda.

Top Coat Matte

Lapisan atas untuk produk riasan kuku adalah top coat matte. Produk lapisan atas akan akan memberikan efek yang berlawanan dari jenis glossy alias tidak mengkilap. Namun finishing ini justru bisa memberikan kesan yang natural.

Top Coat Shine

Seperti namanya, top coat kutek jenis ini akan memberikan tampilan yang gemerlap dan mewah. Jenis pelapis kutek ini sangat cocok mengiringi Anda yang mengaplikasikan make up modern untuk acara pesta.

Top Coat Pelangi

Base dan Top Coat Kutek, Jenis dan Fungsinya untuk Kuku Cantik

Satu lagi jenis top coat yang akan membuat Anda terlihat penuh warna. Pelapis atas warna-warni ini sedang populer dan banyak wanita yang mencarinya. Dengan sedikit kreativitas Anda bahkan bisa membuat kuku yang indah.

Mengaplikasikan cat kuku ini akan membuat jari lentik Anda terlihat berwarna-warni. Warnanya tampil berbeda jika melihatnya dari sisi yang berlainan. Inilah keunikan dan kelebihan jenis top coat kutek yang satu ini.

Manfaat dan Fungsi Base Coat dan Top Coat Kutek

Dalam mengaplikasikan kutek bukan hanya jenis ini saja yang utama, namun juga penggunaan base coat juga tak kalah pentingnya. Kombinasi kedua bahan ini bahkan akan membuat tampilan semakin menawan.

Selain fungsinya untuk merias kuku, menggunakan kutek ini juga memberikan manfaat lainnya. Termasuk untuk melembapkan kuku. Nah, berikut ini beragam manfaat dan fungsi base coat dan top coat yang wajib Anda tahu.

Menyehatkan Kuku

Tahukah Anda jika umumnya produk base coat mempunyai kandungan pelembap, vitamin, dan protein yang penting agar kuku lebih sehat dan kuat. Kutek juga berguna untuk mengatasi kuku kering atau mudah patah.

Manfaat yang tak jauh berbeda juga terdapat pada top coat. Bahkan kedua lapisan kutek ini akan melindungi kuku dari zat kimia atau kotoran. Anda bisa memilih jenis base atau top coat sesuai kebutuhan Anda.

Hasil Manicure Lebih Sempurna

Mengaplikasikan base coat maupun top coat kutek juga akan memberikan hasil tampilan manikur yang lebih sempurna. Hal ini karena permukaan kuku akan menjadi lebih rata dengan menggunakan base coat.

Baca juga: Makeup Elegan dari Dior, Cocok Buat Anda Wanita Sosialita

Dengan permukaan kuku yang lebih rata sehingga Anda bisa mengaplikasikan kutek sesuai dengan yang Anda inginkan. Bahkan cat kuku akan menempel lebih sempurna sehingga terlihat lebih menarik.

Selain itu Anda juga bisa berkreasi untuk tampilan yang Anda inginkan dengan mengaplikasikan top coat. Bak dengan tampilan yang shiny, glossy, atau matte. Anda bisa menciptakan beberapa lapis atau layer untuk merias kuku Anda.

Sentuhan akhir dengan top coat ini akan membuat layer cat kuku menjadi lebih sempurna hasilnya. Dengan pelapis atas ini Anda bahkan bisa menciptakan karya baru dalam nail art atau seni kuku yang lebih memesona.

Itulah tentang base maupun top coat kutek yang penting Anda pahami. Dengan berbagai jenis yang ada maupun beragam manfaatnya tentunya akan mendukung kreasi Anda untuk menciptakan riasan kuku yang cantik dan tahan lama. (R11/HR-Online)

Editor: Eva Latifah