Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor

Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor
Ilustrasi umur pakai aki mobil. Foto : istimewa

Umur pakai aki mobil sebaiknya anda tahu. Hal ini bertujuan agar kinerja komponen tersebut bisa bermanfaat secara benar. Sehingga anda tahu kapan harus mengganti nya.

Jika tidak anda ketahui justru komponen tersebut tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Setiap kendaraan memiliki komponen lengkap dan penting. Cara kerja dan fungsinya pun berbeda-beda.

Semua saling berkesinambungan antara satu dengan yang lain. Begitu juga dengan aki mobil. Perananan cukup vital agar bisa membuat kendaraan berfungsi secara maksimal.

Sama seperti komponen lainnya, aki mobil juga memiliki masa pemakaian. Usia komponen tersebut perlu anda ganti sesuai dengan sering tidaknya anda gunakan kendaraan.

Namun, sayangnya masih banyak pemilik kendaraan yang tidak memperhatikan komponen yang satu ini. Bahkan karena tidak dirawat dengan baik sering muncul masalah aki tekor atau rusak.

Padahal pemakaian aki baru berumur sebentar. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi umur pakai aki mobil. Sehingga jika anda kira-kira usia pemakaiannya masih kurang tepat.

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Umur Pakai Aki Mobil

Sebagian besar orang masih sering bertanya berapa usia aki pada kendaraan dan kapan perlu diganti? Hal ini sering anda lakukan juga karena kurang merawat dan memperhatikan komponen tersebut.

Jika anda tidak melakukan perawatan rutin tentu masih kurang tahu bagaimana kondisi sebenarnya. Ada dua macam jenis aki pada kendaraan yaitu basah dan kering.

Aki berfungsi sebagai penyimpan sistem kelistrikan pada mobil. Maka dari itu, jika kondisinya sudah buruk tentunya kinerja yang dihasilkan pun berkurang.

Aki mampu menyimpan cadangan listrik yang berasal dari dinamo ampere. Dinamo tersebut terpasang pada bagian mobil. Fungsinya untuk menghasilkan listrik selama masih bekerja.

Sehingga ketika dinamo bekerja aki mobil akan selalu terisi secara otomatis. Jika berbicara umur pakai aki mobil tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Baca Juga : Noken As Mobil Memiliki Fungsi yang Penting Bagi Kendaraan 

Hanya saja jika pemakaian dalam keadaan standar umur aki basah maupun kering bisa mencapai 1-2 tahun. Jika beban kelistrikan berlebih maka umurnya bisa lebih pendek.

Pada aki basah jika air aki tidak anda perhatikan dan kondisinya selalu kurang, justru bisa merusak sel-sel dalam komponen tersebut. Sebaiknya cek tanggal produksi anda ketahui sebelum menggantinya.

Setelah terpasang yang baru jangan lupa untuk memberi tanda tanggal penggantian. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi masa pakai aki mobil tersebut antara lain:

Pemakaian

Faktor pertama yang bisa mempengaruhi umur pakai aki mobil yaitu pemakaian kendaraan. Jika kendaraan sering anda gunakan tentu aki mudah rusak. Sebab, pengisian aki terjadi saat mesin dihidupkan.

Jika kendaraan jarang terpakai tentunya pengisian aki jarang terjadi. Bahkan meski anda terus memanasinya. Mesin yang anda panasi belum cukup untuk menggantikan hilangnya listrik saat mesin nyala.

Pada kendaraan yang sering untuk aktivitas jarak jauh justru akan memiliki usia yang lebih panjang. Hal ini terjadi karena pengisian aki bisa berlangsung lebih lama. Sehingga kondisi aki dalam keadaan full charged.

Beban

Umur pakai aki mobil juga bisa terpengaruh dengan beban kelistrikan yang cukup besar. Saat ini sudah banyak pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi dengan berbagai aksesoris tambahan.

Baca Juga : Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh pada Transmisi Kendaraan 

Karena inilah aki mobil menjadi bertambah bebannya. Padahal aki mobil itu sendiri sudah sesuai dengan sistem kelistrikan standar.

Jika beban berlebih aki akan mudah kosong sehingga cepat tekor. Jika anda ingin memberikan aksesoris sebaiknya ganti aki dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Menyalakan Kelistrikan tanpa Menghidupkan Mesin

Mungkin kebiasaan menyalakan audio tanpa menghidupkan mesin sudah sering terjadi. Padahal kebiasaan ini justru mempercepat usia aki mobil.

Saat komponen ini mengalami kerusakan maka langkah yang tepat yaitu untuk segera menggantinya. Hanya saja untuk kedua jenis aki berbeda caranya.

Jika mobil anda menggunakan aki kering justru umurnya akan lebih pendek dari yang basah. Saat ini penggunaan aki kering sudah banyak pada mobil keluaran terbaru.

Setiap komponen kendaraan memiliki peranan masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya anda berikan perawatan yang tepat dan menggantinya jika sudah rusak.

Begitu juga dengan komponen yang satu ini. Dimana umur pakai aki mobil bisa terpengaruh karena adanya berbagai faktor. Lakukan pengecekan dan perawatan agar komponen bisa bekerja maksimal. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Tie Rod Mobil, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya pada Kendaraan