Ide Usaha Makanan Kekinian dari Bahan Ketela yang Menjanjikan

usaha makanan kekinian
Peluang usaha makanan kekinian. Foto: Ist/Net

Ide usaha makanan kekinian dari bahan ketela bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Keistimewaan resep dan kemasan yang unik akan menjadi keunggulan kompetitif usaha makanan dalam memenangkan persaingan bisnis camilan.

Ada banyak pilihan untuk memulai bisnis kuliner, khususnya dalam bentuk makanan ringan. Seperti dengan membuat makanan ringan kekinian yang unik dan berbeda.

Bisnis makanan ringan memang telah menjadi lahan bisnis yang menggiurkan sehingga banyak yang telah memajang produknya di berbagai outlet. Tingkat persaingan dalam bisnis ini memang sudah sangat tinggi.

Namun memulai usaha makanan kekinian. Apalagi jika produk camilan yang bisa Anda tawarkan memiliki keunikan tentunya akan sangat menguntungkan. Termasuk dengan membuat tampilan kemasan dan rasa yang berbeda dari yang lainnya.

Apalagi modal yang kita butuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidak besar. Yang penting adalah kreativitas dalam membuat resep makanan ringan yang unik dan tentunya enak.

Semakin unik tampilan bentuk dan rasa yang Anda hasilkan, maka peluang bisnis ini bakal berkembang sangat pesat. Karena itu perencanaan yang matang dan melakukan riset akan memberikan panduan membangun bisnis ini.

Baca Juga: Ide Usaha Kecil Rumahan yang Menjanjikan, Unik dan Minim Pesaing

Persiapan Memulai Usaha Makanan Kekinian

Bisnis makanan ringan kekinian termasuk sangat populer yang disukai berbagai kalangan. Karena itu potensi keuntungan dari bisnis ini sangat menguntungkan. Apalagi semakin populer suatu produk bisnis maka akan semakin ketat persaingannya.

Apalagi produk makanan sangat mudah untuk ditiru orang lain. Hal ini yang membuat Anda harus memetakan tingkat persaingan yang ada. Berikut ini beberapa langkah memulai usaha makanan kekinian yang harus Anda pertimbangkan.

Konsep Makanan Ringan yang Jelas

Salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memulai bisnis makanan ringan seperti ini adalah menentukan konsep yang jelas. Ada banyak pilihan konsep makanan camilan yang bisa Anda coba tawarkan.

Dari berbagai pilihan makanan ringan yang ada Anda juga perlu membuat jenis atau rasa yang berlainan. Anda bisa memulai usaha makanan kekinian dengan memilih bahan baku, pilihan rasa, hingga bentuk makanan ringan itu sendiri.

Meskipun Anda menggunakan bahan asar ketela, Anda bisa mencoba untuk membuat berbagai pilihan bentuk olahan makanannya. Yang penting konsep makanan ringan ini harus menggunakan proses pengolahan yang berbeda yang sudah ada.

Baca Juga: Ide Bisnis Makanan, Usaha Modal 1 Jutaan yang Mudah dan Menjanjikan

Resep Terbaik dan Berbeda

Anda juga bisa menggunakan beberapa resep sehingga menghasilkan makanan dengan rasa yang enak dan unik. Saat Anda memilih olahan ketela sebagai bahan dasar produk makanan ringan Anda, tambahkan pula beberapa pilihan rasa.

Strategi usaha makanan kekinian ini penting Anda lakukan untuk memberikan pengalaman konsumsi yang berbeda bagi konsumen. Anda juga bisa mencoba menambahkan rasa atau warna tertentu yang membuat tampilan makanan ringan ini terlihat lebih menarik.

Selain itu Anda juga bisa menghasilkan produk olahan ketela dengan menambahkan bahan atau perasa populer seperti rumput laut, barbekyu, aneka sambal dan lainnya. Cara ini akan menarik perhatian para penikmat makanan ringan.

Kemasan yang Unik

Untuk meningkatkan daya saing produk usaha makanan kekinian Anda harus membuat desain maupun bentuk kemasan yang unik dan berbeda. Tampilan dan desain kemasan ini menjadi bagian penting untuk membuat penasaran konsumen.

Semakin unik tampilan desain maupun bentuk kemasan yang Anda gunakan, maka akan semakin membuat orang tertarik untuk mencobanya.

Kemasan produk harus memberikan penilaian dan karakter yang berbeda dari produk lainnya. Tentu saja kualitas dari kemasan juga harus Anda perhatikan sehingga membuat kualitas isi dari makanan ringan ini tetap terjaga.

Baca Juga: Ide dan Peluang Usaha Musiman yang Bisa Dimanfaatkan

Branding dan Promosi yang Agresif

Menjalankan usaha makanan kekinian seperti ini juga membutuhkan promosi yang agresif dan efektif. Promosi penting untuk membangun brand yang baik. Anda perlu merencanakannya dari mulai pembuatan nama produk, logo, hingga warnanya.

Seluruh elemen dari proses branding ini harus terencana degan baik karena Anda gunakan juga pada kemasan produk makanan ringan itu. Cara ini penting untuk membangun citra dan nilai jual produk makanan ringan Anda.

Itulah beberapa langkah penting dalam menjalankan dan memulai usaha makanan kekinian dengan bahan ketela. Indonesia kaya dengan bahan makanan lokal yang potensial untuk kita kembangkan menjadi bisnis makanan ringan yang menguntungkan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro