Wagub Jabar: Sekolah Demokrasi Penting Bagi Generasi Muda

Wagub Jabar: Sekolah Demokrasi Penting bagi Generasi Muda
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, menghadiri kegiatan Sekolah Demokrasi Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabar, Minggu (29/11/2020). Foto:Istimewa

Berita Jabar (harapanrakyat.com).- Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, membuka Sekolah Demokrasi Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabar, Minggu (29/11/2020).

Kegiatan bertema “Proses Formulasi Kebijakan dan Politik Anggaran Publik” ini berlangsung dari tanggal 29 November sampai 2 Desember 2020 di Villa Malaganti, Kabupaten Tasikmalaya.

Uu mengapresiasi kegiatan HMI tersebut. Menurutnya, sekolah demokrasi ini sangat penting dalam upaya kaderisasi organisasi.

“Sebuah organisasi harus ada pendidikan-pendidikan idela, agar jati diri, identitas dan idealismenya tidak akan hilang,” ujar Uu.

Lanjut Uu, Sekolah Demokrasi juga sangat penting dalam upaya mengajarkan penerapan demokrasi dalam serta pengambilan keputusan-keputusan politik.

“Maka dari itu, sebagai generasi muda, kita tidak boleh tabu dalam masalah perpolitikan,” katanya.

Sementara itu, Khoirul Anam Gumilar Winata, Ketua Umum Badko HMI Jabar, menyebut, kegiatan sekolah demokrasi ini diikuti 25 peserta se Jawa Barat.

“Kegiatan ini kita gelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” ungkap Uu.

Ia menjelaskan, Sekolah Demokrasi ini merupakan gagasan yang dikembangkan sejak tahun 2019 dan fokus untuk pelatihan memantau pemilihan umum.

Kegiatan kali ini, pihaknya fokus untuk meningkatkan  kualitas anggota di wilayah demokras.

Pasalnya, nilai intelektual sangat penting dalam memahami bagaimana kondisi pemerintahan saat ini.

“Bagaimana caranya mengajukan masalah akademik pada DPRD sampai DPR RI. Bagaimana kita menganalisa dan memahami anggaran publik serta mampu untuk mengadvokasinya,” pungkas Khoirul Anam. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang