Warga Balemoyan Ciamis Sumringah Permintaan SAB Terpenuhi

Warga Balemoyan Ciamis Sumringah Permintaan SAB Terpenuhi
Sarana Air Bersih (SAB) untuk warga RW 01, Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto : Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga RW 01, Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terlihat sumringah. Pasalnya, pemerintah merealisasikan pembangunan Sarana Air Bersih (SAB).

Dedi kusmayadi, salah seorang warga, mengatakan, dengan adanya Sarana Air Bersih, maka kebutuhan akan air bersih yang warga dambakan kini bisa terpenuhi. Terlebih, lokasi tersebut merupakan daerah minim air bersih terutama pada saat kemarau datang.

“Adanya sarana dan prasarana air bersih yang Pemkab Ciamis berikan, maka warga tidak akan lagi kesulitan ketika membutuhkannya,” katanya kepada HR Online, Minggu (1/11/2020).

Dedi menerangkan, untuk wilayah RW 01 Balemoyan, memang sudah memiliki SAB, dan airnya disalurkan kurang lebih untuk 80 kepala keluarga (KK). Sementara untuk sistem penyalurannya seperti PDAM, namun sering mengalami kendala.

Kendala  tersebut, jelas Dedi, karena setiap warga tidak mendapatkan jatah air setiap hari, sehingga harus dilakukan pembagian.

Hal tersebut, karena kapasitas air yang tidak mencukupi apabila serentak disalurkan kepada warga pengguna SAB.

“Dengan adanya kendala, maka kami meminta serta mengajukan kembali ke pemerintah Ciamis, supaya ada penambahan Sarana Air Bersih. Dan alhamdulilah sekarang sudah terpenuhi,” pungkasnya.

Kepala Dusun Balemoyan, Nur Ali, menambahkan, dengan adanya SAB baru, maka kebutuhan air bersih untuk wilayahnya bisa terpenuhi dengan baik. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan penggunaan air bersih setiap hari.

“Sarana air bersih yang sudah selesai ini, nantinya untuk warga Balemoyan Blok Sudimampir bawah,” ucapnya.

Sehingga, lanjutnya, kebutuhan air bersih tidak terganggu. Karena sudah memiliki jalur sendiri, dan tidak lagi disatukan dengan jalur blok manggu atas.

“SAB yang ini sudah kita tetapkan untuk memenuhi kebutuhan sekitar 40 KK di wilayah Blok Sudimampir. Sehingga, kebutuhan air bersih tidak terganggu dan tidak lagi ada pembagian air,” tuturnya.

Dengan adanya saluran air bersih tersebut, pihaknya bersama warga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Ciamis. “Yang mana telah membantu merealisasikan pembangunan SAB,” pungkasnya. (ES/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto